Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Pulau Komodo, Salah Satu Pariwisata Indonesia yang Layak Dihargai


Indonesia adalah negara yang penuh dengan banyak hal mulai dari aneka ragam budaya, suku, sumber daya alam hingga potensi wisatanya. Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan negara lain, sebagai contohnya adalah dari sektor pariwisata sendiri di negeri ini banyak yang unik dan menarik sehingga bisa membuat banyak orang baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri yang tertarik datang berkunjung ke berbagai tempat wisata Indonesia yang menawarkan keindahan alam, rekreasi hingga tempat wisata yang unik seperti Pulau Komodo.

Credit : detik.net.id

Pulau Komodo adalah salah satu dari banyaknya pulau di Indonesia. Berbeda dengan yang lain, Pulau Komodo sesuai namanya sendiri banyak dihuni oleh binatang Komodo. Letak pulau tersebut ada di provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Di Pulau tersebut hewan Komodo berkembang biak dengan baik , hal ini ditandai dengan jumlah Komodo yang banyak tinggal di pulau tersebut. Pulau Komodo adalah salah satu pulau kebanggaan Indonesia, hal ini karena diterima sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Baru-baru ini kita mendengar kabar bahwa ada isu yang berkembang bahwa Pulau Komodo akan ditutup. Benarkah Pulau Komodo akan ditutup? Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bahwa hal itu tidaklah benar, menurutnya Pulau Komodo justru akan dibuat wisata eksklusif dimana harga tiketnya seharga Rp 14 Juta setiap orangnya dalam bentuk kartu membership tahunan yang sifatnya premium dengan fasilitas akses ke Pulau Komodo yang dihuni oleh Komodo-komodo besar di dalamnya. Sedangkan bagi yang tidak memiliki kartu premium akan dialihkan ke lokasi lain yang juga dihuni oleh hewan Komodo.

Tiket seharga Rp 14 Juta untuk bisa ke Pulau Komodo, layakkah? Tentu saja hal itu layak karena Pulau Komodo sendiri adalah pulau indah yang dihuni oleh hewan unik Komodo, belum lagi dengan ditetapkan sebagai bagian situs warisan dunia oleh UNESCO sendiri membuat Pulau Komodo layak untuk diberi penghargaan lebih sehingga tak bisa sembarang orang bisa datang ke sana. Kasus kebakaran hutan yang terjadi di Pulau Komodo pada tahun 2018 yang diduga diakibatkan oleh ulah oknum pengunjung yang membuang puntung rokok sembarangan menjadi pelajaran berharga agar Pulau Komodo tidak boleh dikunjungi oleh sembarang orang. Dengan menerapkan harga tiket masuk yang mahal dan menjadi wisata eksklusif tentunya bisa membatasi jumlah pengunjung yang membuat masalah ataupun mempunyai niat tak baik mengunjungi Pulau Komodo serta melindungi habitat hewan Komodo itu sendiri dari segala hal yang berpotensi merusaknya.

Credit : tirto.id

Pulau Komodo adalah salah satu pariwisata Indonesia yang layak dihargai lebih karena keunikannya. Hal wajar bila tiket masuknya dibuat mahal, akan tetapi dalam penetapan tiketnya sendiri tentu harus disesuaikan dengan keadaan agar bisa menarik banyak wisatawan sehingga tidak terlalu mahal bagi wisatawan dan harganya bisa kompetitif dengan tempat wisata eksklusif lainnya. Dengan harga tiket masuk yang mahal tentunya harus ditunjang dengan fasilitas yang membuat para wisatawan puas karena harga yang dikeluarkan sesuai dengan fasilitas yang di dapatkan oleh pengunjung. Demikian paparan tulisan ane kali ini, Agan dan Sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber 4
Sumber gambar via google images
yuni.wahyuni114
ceuhetty
sebelahblog
sebelahblog dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.6K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan