Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Agar Tak Punah Para Ahli Harus Melakukan Ini Terhadap Si Badak Langka

#viral #hewanlangka #ragunan #binatang #badak #badakcula

Perlindungan dan penangkaran hewan langka memang harus dilakukan sesegera mungkin supaya kehidupan mereka minimal bisa diselamatkan dan anak cucu kita masih bisa mengenalinya dengan baik. Tapi cara para ahli ini benar-benar tega, sebelum badak putih dari Selatan ini menjadi kelinci percobaan para peneliti.

Upaya yang dilakukan oleh peneliti dari Australia ini bukan hal yang menyakitkan bagi si badak, tapi mendokumentasikan melalui visual 3D dengan tingkat akurasi yang tinggi, bisa dikatakan pembuatan model 3D paling halus dengan biaya produksi termahal abad ini?



Bakari, Si Badak Putih 3Dimensi



Untuk mendapatkan hasil mendekati sempurna para peneliti dari  University of Massachusetts Amherst bekerjasama dengan  Perth Zoo di Australia harus mendatangkan modelnya langsung di tempat, badak putih Bakari rupanya yang menjadi modelnya.

Seperti kita ketahui kalau badak putih yang hidup di alam liar begitu rentan terhadap iklim yang keras belum lagi perburuan ilegal yang mengancam kelangsungan hidupnya.



Badak Bakari (Low Resolution)

Menurut mereka, selagi masih ada kesempatan untuk mengabadikan dalam bentuk 3D dengan kualitas tinggi kami harus segera mendokumentasikannya. Mau tidak mau team Digital Life di UMass turut membantu proses penangkapan si Bakari, badak putih untuk di jadikan modelnya.



Hasil dari pembuatan model 3D ini merupakan upaya penyelamatan sebelum hari itu datang dan memberikan informasi berharga yang bermanfaat, bukan saja buat pengunjung kebun binatang Perth, Australia tapi bagi seluruh umat manusia tentang hewan ini kata ahli biologi evolusi Digital Life di UMass, Duncan Irschick dalam sebuah pernyataannya.

Dibalik proses yang rumit dan biaya yang tidak sedikit ini tujuan positif lainnya menurut sebagian ahli konservasi, model 3D ini akan berguna untuk merekonstruksi komposisi tubuh, menilai kondisi fisik hewan, mempelajari dan mengenali perilaku hidupnya lebih jauh supaya kelak kita bisa mencegah atau meminimalisir faktor yang mengganggu kelangsungan hidupnya.


Dan satu hal yang menarik juga adalah jika hanya ingin melihat badak putih 3D ini bisa di dekati oleh siapapun tanpa ada rasa khawatir dan tidak harus pergi ke habitat badak sesungguhnya.

Salah satu team dari Digital Life di UMass, Irschick, cara mewujudkan dalam visual 3D tingkat tinggi ini bisa menjadi salah satu  pembelajaran dan wawasan baru bagi siapapun yang tertarik dan berminat dengan dunia hewan-hewan lain yang nantinya bisa dilakukan dengan teknologi yang sama.

Pada satu kesempatan mereka merilis beberapa gambar 3D pada hari Minggu, 22 September, tepatnya di Hari Badak Dunia 2019.








Copyright © 2016 - 2019 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: eurekalert | Sotoshop : iskrim 




Diubah oleh iskrim 28-09-2019 12:03
ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 11 lainnya memberi reputasi
10
2K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan