RetnoQr3nAvatar border
TS
RetnoQr3n
Anak Ini Didiagnosis Gangguan Jiwa! Apa, Ya, Penyebabnya?
Menangani Stres Pada Anak


Sumber gambar

Anak stres, siapa yang salah?
Anak stres, apa tandanya?


Kali ini ane ingin mengangkat sebuah kesalahan dari pengasuhan yang secara sadar dan tidak sadar dilakukan oleh kebanyakan orang di zaman sekarang. Mungkin, termasuk ane.

Sebuah kesalahan yang bisa menyebabkan anak-anak menjadi terbebani dan hidup di dalam tekanan. Bukan tidak mungkin menjadikan anak stres atau pun sakit jiwa, seperti pada video berikut.

Spoiler for Anak didiagnosis gangguan jiwa:


Pada video itu, terlihat cuplikan foto-foto seorang anak kecil berusia sekitar enam tahunan. Berikut cerita dari teman sang ibu yang menjenguknya.

Diceritakan, diusianya yang masih kecil itu, anak sudah mampu menghitung perklian, hafalan-hafalan, dan pelajaran lainnya. Alangkah menyedihkannya, ternyata dibalik itu, sang anak sedang dirawat di rumah sakit jiwa.

Kira-kira apa penyebabnya?

Ya, penyebab utamanya adalah anak itu mengalami stres. Pada stres tingkat berat, anak akan mengalami gangguan kejiwaan paling minimal depresi.

Zaman memang bergerak sangat cepat. Dulu, di umur enam tahun, ane masih bisa lari-larian ngejar layangan sore hari. Anak zaman sekarang masih harus belajar hingga malam hari.

Tapi, sebagai orang tua, tentu kita juga harus memahi kapasitas otak anak-anak. Ada kalanya mereka menjadi streskarena beban yang dipikulnya.

Untuk menangani stres pada anak, kita perlu mengenal terlebih dahulu tanda-tanda stres pada anak.

Quote:


Jika Agan Sista menemukan beberapa tanda tersebut pada anak, cobalah untuk berbicara baik-baik pada mereka.

Buat mereka nyaman untuk bercerita. Selalu diskusikan apa pun pilihan untuk kebaikan sang anak. Dengarkan pendapat mereka dan posisikan diri kita sebagai teman atau sahabat yang akan terus menguatkan mereka.

Satu hal yang penting, jangan paksakan keinginan kita pada mereka. Ajaklah mereka berdiskusi agar mereka paham keinginan kita baik untuk mereka. Sehingga, jika pun mereka menjalankannya, dengan bahagia dan tanpa beban.

Spoiler for Tanda stres pada anak:


Mungkin itu yang bisa ane share di thread ini. Semoga bermanfaat.

Salam hangat,
Retno Qren (RetnoQr3n)



Referensi : 1, 2
Diubah oleh RetnoQr3n 24-09-2019 08:44
tata604
makola
djulianoor
djulianoor dan 44 lainnya memberi reputasi
45
11K
193
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan