Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kkucingkeselekkAvatar border
TS
kkucingkeselekk
TAKUT NIKAH ?! AKU ? (1)

Assalamualaikum ..
Yang ga jawab *susahdapetjodoh* becanda becanda …

Takut Nikah ? Aku ?
Kenapa ini yang dibahas ? ..

26 tahun sudah usia aku , dan secara ga langsung lingkungan pun mengalami hal yang serupa , menyeimbangkan keadaan baik dari sisi kedewasaan ataupun sisi tuntutan .
Maksudnya ?
Dulu ketika sekolah dasar kelas 1 ,
Lingkungan memaksa kita untuk bisa belajar membaca dan berhitung , seketika pula lingkungan mengalami hal yang sama dengan pribadi kita , yaitu temen temen menyibukan diri dengan hal yang sama .
Dulu ketika sekolah menengah pertama kelas III
Lingkungan memaksa kita untuk bisa masuk dalam kompetisi memperebutkan kuota sekolah menengah atas favorit di daerah masing masing , seketika itu pula lingkungan memaksa hal yang sama yaitu teman teman sebaya kita ikut menyibukan diri dengan hal yang serupa pula .
Atau …
Mungkin Setelah semua kegiatan studi kita tunaikan , semua menyibukan diri untuk bekerja .
Analogi di atas sudah cukup untuk menggambarkan situasi yang bakal aku bahas .


Ya .. saat ini aku sudah masuk kedalam fase dimana manusia akan berkembang dan menjalani kehidupan yang baru , ya .. nikah maksudnya . dan lingkungan sekitarpun mengalami hal yang serupa , mulai dari temen sd yang dulu berak celana , temen smp yang dulu hobi bolos bareng main Playstation ataupun temen mabok skripshiwit pada saat kuliah .
Semua mulai memasuki fase ini ..
Kode Kodean di Instagram , Posting Postingan yang menjurus ke Pernikahan di Facebook , ataupun status Whatsapp yang menunjukan “ Ini loh aku uda pengen nikah “ .
Bentar Bentar ..
Apa sih sebenernya definisi “ NIKAH “ menurut men temen sekalian ?
5 detik spontan jawab didalam hati coba …….


Dulu ngebayangin soal nikah nikahan , enak ..
mungkin ngebayangin maaf *seks* , punya anak kembar , rumah gede , mobil mewah , dan koleksi motor motor gede …
Enak ngebayanginnya …

Dan bayangan itupun hilang seketika , ketika usia memaksakan diri untuk bersikap dewasa , menilai , melihat dan memahami apa saja norma didalam pernikahan , ataupun konsep damai dalam keluarga , ataupun memikirkan “ gimana sih kalo kena masalah , dan apa solusinya “ . semua berubah ketika aku melihat permasalahan permasalahan orang orang terdahulu didalam berumah tangga .
Mulai dari berantem , kasus kimpoi lari , kasus penganiayaan atau kdrt , kasus perselingkuhan , kasus perceraian ataupun kasus ditinggal nikah , eeee bentar bentar yang terakhir engga .

Jadi Nikah menurut aku pribadi adalah pengikatan 2 manusia dari 2 latar belakang keluarga yang berbeda . ini menurut aku pribadi lo ya …
Beda lagi definisinya secara Syariat agama *karna aku muslim* , Nikah adalah bentuk penyempurnaan Ibadah , untuk itu sebenernya kalau nikah ditarik kedalam agama itu sebenernya keren banget dan terstruktur dengan rapi . Kalau penerapannya sesuai ya … balik lagi no body perfect , eh bener ga sih , ga ada manusia yang SEMPURNA ~
Pemikiran nikah ala ala aku yang dulu berbeda dengan aku yang uda 26 tahun saat ini , observasi yang secara tidak langsung aku lakuin , ngebuat pemikiran aku berbeda dan berubah ,
TERNYATA NIKAH ITU GA GAMPANG MEN !
GA GAMPANG GIMANA ?
Lu bakal harus punya duit buat ngelamar perempuan / UKHTEAUKHTEAEMES baca; ukhti ukhti gemes , yang lu cintai .
Lu bakal kudu harus nyiapin MENTAL ketika ngelamar anak orang men .
Lu bakal kudu harus NAFKAHIN nya woi , masa iya lu telantarin !
Belum lagi lu harus di SINIS-IN sama bude bude nya yang ga suka sama lu woi .
Belum lagi dari keluarganya ada yang ga setuju dengan pernikahan elu , karna lu di anggep ga pantes , lu jelek , bau , kudel , kusem , kismiiien , masem , campur campur dah .
Yaaaa .. itu sedikit pemikiran ribet yang aku bagiin ke kalian wahaeee lelaki kardus .

Yaaa .. ga gampang sih nikah , sesimple itu pemikiran aku pribadi , karna yaaa jelas keadaan bakal berubah , mulai dari mental ecek ecek yang dulunya pulang kerja bisa ngopi ngopi sama temen , pendewasaan pemikiran ,
yang dulunya nyelesain masalah sama pacar tegang tegangan mmmaksudnya berantem , ya ga bisa diterapin ketika lu udah berumah tangga ,



Cow : “ Zheyeeenk “ ngembek yaa …..
Cew : ap sich
Cow : kamu ngambek sama aku
Cew : g
Cow : kamu ngambek laa .. bales chat singkat gitu
Cew : ap si , ga
Cow : lagi apa zhenyenk …
Cew : gpp
Cow : KUY BAKU HANTAM .

Yaaa ga bisa gitu ketika lu berumah tangga , ada masalah harus sabar , istri ngambek , ya sabar , istri ngambek , ya sabar , istri ngambek , ya sabar …
sabar aja teros udah .

Ga sih sebenernya , hemat pribadi menurut aku nikah itu yang paling susah ya nyatuin 2 keluarga yang berbeda apa maunya , alias masing masing keluarga memiliki keinginan yang berbeda satu sama lainnya , mulai dari orang tua nya doi , sampe ke akar akar keluarganya , yang jelas berbeda konsep dengan keluarganya kita . itu sudah jelas kok ga heran ,
sering ga sih denger cerita cerita beberapa temen yang udah nikah ?
“ Lu kenapa sih pagi pagi uda manyun ?
Gpp lagi males aku
Males kenapa ?
Kemaren kerumah bini gw , ketemu abangnya sewot banget ma gw .
Dsb .. contoh contoh sepele yang bikin ribet urusan ketika lu ga bisa nyari solusi dengan baik , untuk itu sebenernya kedewasaan perlu di asah sebelum masuk kedalam yang namanya Pernikahan .


SEBERAPA PERLU SIH KONSEP YANG HARUS KITA SIAPIN PASCA PERNIKAHAN ?

Curhat sedikit , tahun 2010 kalo ga salah waktu itu aku masih berstatus pelajar di salah satu sekolah SMA dijambi , kebetulan waktu itu aku deket dengan perempuan dengan status pacaran -+ 2tahunan , iseng aku nanya ke beliau ketika motoran pulang sekolah jam 14.30 wib-an
“ aku mau nanya “
“ nanya apa “
“ bentar lagi tamat nih .. kamu kuliah atau kerja “
“ aku kuliah kayanya , disuruh abang juga “
“ oooh , aku rencana kerja dulu , males kuliah , cape mikir “
“ ya uda kerja gpp  “ * sambil meluk terus nempelin dagu ke bahu aku
* BIAR YANG BACA BAPER *
“ kira kira nih , tar kalo kita nikah kamu mau suami kamu punya gaji berapa “
“ berapa aja , tergantung kebutuhan pada masanya “
“ bener juga sih , kan waktu ke waktu berubah ya kuantitas kebutuhan nya”
“ iyaaaa ..”
“ 1.5 juta cukup ?”
“ kurang , *sambil nyebutin harga barang barang kebutuhan rumah tangga* “
“ 2 juta ?”
“ kredit rumah ga ?”
“ ya ga tau “
“ ya ga bisa mastiin aku , yang jelas harus ada sisa uang setelah kebutuhan terlaksana “

Percakapan di atas bener True Story ya gan ..
Dan percakapan di atas adalah percakapan anak SMA kelas III yang masih pacar pacaran dan masih jauh dari yang namanya menuju pernikahan menurut aku , yaaaa masih ada di dunia khayal sih , tapi yang perlu di garis bawahi adalah pertanyaan spontan aku yang entah dari mana datangnya , dijawab dengan jawaban ter-konsep .
Dan menurut aku sih , aku butuh jawaban yang seperti itu …..

Jadi ? seberapa perlu konsep untuk pernikahan ?
Sangat perlu menurut aku sih , konsep dibuat untuk membendung kemungkinan kemungkinan masalah yang bakal kita temui dikedepan hari , masalah ? pasti dateng kok …
Namun mengkhawatirkan masalah yang belum terjadi secara berlebihan menurut syariat agama *islam* itu ga baik , karna itu adalah ciri ciri ketidakpercayaan kita terhadap Allah selaku pemberi segalanya dan Allah pun tau mana yang baik dan buruk , dan mana ujian yang bakal dikasih kepada umatNya itu tergantung dengan kemampuan manusianya .

Jadi ga usah khawatir secara berlebihan sih , konsep tetep perlu sih menurut aku .
* yang uda terkonsep pun masih fight ngadepin masalah , apa lagi yang ga terkonsep sama sekali ? *

KONSEP APA YANG DIPERLUKAN UNTUK MENUJU PERNIKAHAN ?
Sebelum menuju ke pointnya , menurut aku sih tergantung masing masing orangnya , masing masing memiliki tujuan yang berbeda beda dalam menyikapi pernikahan .
Eh sepakat ga sih ? ….

Yaaaaa ada yang tujuannya emang bener bener untuk beribadah , sehingga menyiapkan konsep pernikahan dengan ilmu syari menurut agama yang baik dan benar .
ada yang tujuannya hanya untuk ikut ikutan temen , atau yang sekedar mengubah status lajang menjadi tidak lajang sehingga konsep yang diterapkan pun yaaaa hanya sekedar ngikut ngikut temen kebanyakan alias tidak terkonsep dengan baik .
dan macem macem lagi sepengetahuan aku pribadi ,
karna aku sendiri senang ngobrol dengan temen temen yang uda nikah untuk ngebahas “ eh gimana sih nikah itu , eh gimana masalah yang kemaren dsb “ suka kepo dengan pengalaman pengalaman temen temen yang udah nikah .

Jadi konsep yang aku siapin sendiri untuk saat ini yaaa paling belajar.
iya .. belajar , baik dalam ruang lingkup agama , kesiapan mental , dan belajar memahami masalah masalah umum yang sering terjadi ketika manusia mencapai tahap pernikahan .
Jujur , aku pribadi orang yang penakut .
*penakut* pembahasan di jurnal The Journey With Sunnah To Jannah .


KENAPA HARUS NYIAPIN KONSEP DALAM PERNIKAHAN ?

Seberapa perlu konsep ? Sangat Perlu .
Konsep apa yang harus dipelajari ? Konsep penerapan agama dalam berumah tangga .
ITUUU MENURUT AKU BARUSAN .
AND….
Kenapa harus repot repot nyiapin konsep dalam pernikahan ?
IMHO ;
kenapa sih harus repot repot menyiapkan konsep ketika harus berumah tangga , lu tau jodoh lu kek gimana bentuknya ntar ? lu tau sifat jodoh lu ntar kek gimana sifatnya ? lu tau ?
engga kan ….
Nah …
aku sendiri memilih ngerepotin diri aku kebelakang sebelum waktunya tiba , mulai dari belajar dari pengalaman orang lain , ataupun yaaa belajar dari materi materi dalam syariat agama , mulai dari memperlakukan istri , menyikapi masalah menurut agama , solusi solusi ketika terjadi masalah . memang itu semua sifatnya MATERI pembelajaran ,
tentu bisa tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan , atau bisa saja terjadi sesuai dengan apa yang kita mau ,
Kenapa sih aku repot repot …
Menurut aku sih kaya ngasih doping / obat ke badan aku sendiri , terserah obat apa aja , seperti halnya dengan konsep mencegah lebih baik dari pada mengobati ,
aku ga tau dikasih jodoh istri yang seperti apa , perilakunya , sifatnya , kerasnya , lembutnya , ataupun cara dia memahami masalah masalah maupun cara dia nyaman dengan solusi yang kita berikan nantinya , sehingga aku harus berkorban saat ini untuk menyiapkan waktu lebih untuk belajar , belajar dan belajar .

KESIMPULANNYA … TAKUT ? NIKAH ? AKU ?

Didalam kepercayaan aku sebagai seorang muslim dilarang takut dengan apa yang belum terjadi kedepannya , baik dalam hal pernikahan ataupun hal apapun itu ...
HARTA ? JABATAN ? TAHTA ? ATAUPUN RUMAH TANGGA …

Namun … takut ? adalah fitrah menurut aku sebagai seorang manusia biasa .
takut nikah ? ,,,,,
jujur aku takut ..
Apa yang aku takutkan ?
jujur aku takut yang namanya kehilangan , apapuuun itu .
Berarti belum lulus yang namanya IKHLAS ?
Mungkin ia .
Aku takut nanti dikedepan hari aku menjadi laki laki dewasa yang tidak bertanggung jawab terhadap keluarga , baik dihadapan manusia maupun dihadapanNya . Aku takut terus terang ..

Aku takut tidak mampu memperlakukan istri dengan baik , karna sifat manusia yang sering Khilaf baik dalam hal apapun itu .

Aku takut konsep yang aku siapkan dari belajar selama ini tidak berjalan dengan baik dikedepan hari .

Aku takut tidak mampu menyatukan 2 keluarga yang basicnya berbeda , Aku takut mengecewakan orang tua aku karna tidak mampu mendidik istri dengan baik …….

Bagaimana dengan men temen ?


BERLANJUT ……………………………………………………………………………………………………………………………..









Deltapradelta
orbin039
anasabila
anasabila dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.2K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan