Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

indrakusumajayaAvatar border
TS
indrakusumajaya
5 cara interview yang baik agar diterima
Tahukah kalian? Kalau ternyata kesan pada 30 detik awal interview bisa jadi salah satu penentuan sukses ataupun tidaknya kalian buat diterima bekerja. Itulah mengapa penting bagimu untuk memberikan kesan serta jawaban yang baik sepanjang interview berlangsung.
nah kali ini kita akan membahas bagaimana teknik cara menjawab pertanyaan interview yang baik dan benar serta hal- hal yang perlu kalian perhatikan supaya sukses diterima di perusahaan impian.





1. Gunakanlah pakaian yang sopan dan sesuai dengan budaya kantor

Supaya tingkatkan rasa PD kita dapat kita mulai dari penampilan. mengapa penampilan?Sebab wawancara itu tidak cuma hanya ngobrol ya guys, tetapi juga penilaian penampilan. Nah, sebaiknya siapkanlah baju yang sopan serta sesuai dengan budaya kantor. Bila kantornya memiliki budaya anak muda yang casual, usahakan jangan berpakaian sangat formal serta kaku.

Tetapi, bila industri yang mengundangmu interview merupakan industri dengan budaya formal, pastikan kalian berpenampilan formal, rapi, serta professional. Ingat, penampilan merupakan salah satu hal pertama yang bisa dilihat serta dinilai oleh seseorang pewawancara terhadapmu.

2. Berusahalah untuk bersikap santai dan tenang 

Jika kamu gugup karena ini interview pertamamu, atau karena kamu sangat mengharapkan pekerjaan ini, cobalah untuk bersikap lebih santai dan tenang. Kamu dapat menarik napas panjang untuk meredakan degup jantung yang berpacu keras dan membuatmu gugup.

Selain itu, perhatikan juga apakah tanganmu berkeringat atau tidak. Jika tanganmu berkeringat karena gugup, usahakan untuk selalu mengelapnya hingga kering sebelum berjabat tangan.

Perhatikan juga saat kamu berjabat tangan dengan pewawancara, lakukan dengan percaya diri dan yakin sehingga mereka dapat menilai kesan yang positif.

3. Cari tahu mengenai industri perusahaan yang dilamar

Dalam wawancara tentunya bahasanya tidak akan jauh dengan posisi apa yang kalian lamar, jadi sangat baik jika kalian mencari tahu entah dari internet atau langsung dari saudara atau teman yang sudah berkerja di bidang yang sama lebih baik, terkait job desk dan segala macam pengalaman di posisi tersebut guys. 

Cobalah untuk meneliti perusahaan tersebut secara mendalam dan menyeluruh sehingga ketika perusahaan menanyakan apa hal yang kamu ketahui tentang mereka, kamu dapat menjawabnya dengan sempurna.

4. Latihan menjawab pertanyaan interview sendiri

Berlatih mungkin tidak selalu akan membuat jawabanmu saat interview sempurna, namun hal ini akan sangat membantumu menciptakan kesan yang baik. Kamu dapat mencari tahu apa saja pertanyaan interview yang umum dilontarkan, setelah itu berlatihlah menjawabnya dengan menggunakan cermin.

 

Dengan begitu kamu dapat melihat dan mengatur bagaimana ekspresi wajah yang baik untuk ditunjukkan ketika berbicara dengan pewawancara nantinya.  Sehingga kamu dapat menciptakan kesan yang lebih baik dan pewawancara tidak akan salah persepsi akibat ekspresimu. 

5. Bersikap aktif dalam sesi interview

Terkadang, kamu mungkin sungkan untuk turut aktif berbicara dalam sesi interview karena khawatir melewati batas sopan.  

Padahal, ada perbedaan besar antara bersikap sopan dan pasif. Sopan berarti tidak menyela pembicara ketika berbicara, pasif berarti kamu hanya akan berbicara ketika ditanya.

Seharusnya tidak demikian, kamu harus bisa lebih aktif berkontribusi dalam sebuah interview. Cara interview kerja yang baik adalah dengan terjadinya komunikasi yang baik antara kamu dan pewawancara. 

Sebab, perlu kamu ingat bahwa interview sama saja dengan percakapan-percakapan lainnya. Hanya saja, sesi ini berfokus pada dirimu dan kelebihanmu yang dapat meyakinkan pewawancara.

Bersikap aktif dan berkontribusi dalam interview berarti kamu perlu juga mengajukan pertanyaan. Dalam sebuah interview tidak melulu harus pewawancara yang mengajukan pertanyaan padamu. 

Ada baiknya kamu juga bersikap lebih semangat dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait perusahaan atau pekerjaan yang akan dikerjakan. Dengan begitu perusahaan akan menganggap kamu memang benar-benar tertarik dan ingin bekerja dengan mereka.

Jadi, itulah beberapa cara interview kerja yang baik dan dapat membantumu dalam mendapatkan kesan positif dari pewawancara. Jika kamu menerapkan cara-cara di atas, pasti kamu akan dengan mudah mendapatkan tawaran kerja yang selama ini kamu tunggu-tunggu. Tidak percaya? Coba buktikan sendiri, ya!


sumber : tips lolos interview


baca juga :
cara agar lolos tes kesehatan
Diubah oleh indrakusumajaya 09-09-2019 14:50
0
577
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan