djamirun_ajeAvatar border
TS
djamirun_aje
ACY - Analisa Market
Harga Emas Naik setelah Gejolak Qatar Menempatkan Market di Ujung


Harga emas di pasar berjalan bullish selama hampir sebulan sementara ada sedikit perubahan kemarin pada Senin setelah terjadi lonjakan pada hari sebelumnya. Emas terus naik pada perdagangan hari ini setinggi $1281,10 pada pukul 11:00 pagi di Sydney di tengah hubungan antara Qatar dan beberapa negara Arab lainnya, yang membuat risk aversion investor meningkat.

Pada hari Senin, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan Bahrain memutuskan hubungan diplomatik dan ekonomi dengan Qatar dalam sebuah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya, termasuk menutup jaringan transportasi dengan gas alam cair (LNG) dan pengangkut kondensat Qatar, yang dirancang untuk menghukum salah satu dari Negara adidaya keuangan untuk hubungan dengan Iran dan kelompok Islam yang merongrong stabilitas regional.

Berita tentang gejolak Qatar yang menyebabkan kekhawatiran geopolitik di pasar, ditambah dengan serangan teror akhir pekan ini di London cenderung mendorong harga emas naik karena investor mencari beberapa komoditas perlindungan risiko.

Indeks dolar AS terus menurun dan masih dalam kondisi bearish yang dimulai dari awal tahun ini. Ini sudah turun ke level terendah tahunan menjadi 96,570, meningkatkan kemungkinan penurunan yang terus-menerus. Karena Non-Farm Payrolls dan ISM Services dan Non-Manufacturing Composite (Mei) berada di bawah ekspektasi, kelemahan ekonomi di A.S. akan mendorong dolar turun lebih jauh meskipun angka pengangguran mendekati perkiraan.

Melihat grafik teknis harian dari Index USD, indeks ini telah mencapai rekor terendah sejak 10 November tahun lalu setelah breakout selama beberapa bulan terakhir, dimana titik terendah dipandang sebagai resistance. Prospek untuk dolar A.S. mungkin terus berlanjut saat ini yang ditunjukkan oleh MACD ke bawah dan Indeks Kekuatan Relatif (RSI) yang ditunjukkan di bawah ini.



Kembali ke pergerakan harga emas, ia melakukan konsolidasi dalam arus harga naik yang berkembang dengan RSI yang kuat. Jika momentumnya terus berlanjut, resistance yang ditemukan pada16 April titik high akan menjadi hambatan pertama bagi kenaikannya. Sebagai alternatif jika harga berbalik turun, tingkat support akan ditemukan pada moving average 60 hari (MA60).



Masuk ke grafik 30 menit, itu baru saja jatuh lebih tinggi dari area perdagangan intensif. Jika harga tidak akan berbalik turun dan kembali ke daerah horizontal, trader mungkin akan melihat posisi emas yang panjang dalam waktu dekat.



Total sentiment untuk harga emas saat ini positif, dengan 69,6 persen pedagang berada di net-buy dengan rasio pedagang yang buy ke sell di 2,29 ke 1. Jumlah pedagang net-buy adalah 9,6 persen dalam momentum turun sementara jumlah trader net-sell berjalan dalam trend naik. Bila sentiment dibaca sebagai indikator kontrarian, nilai positif menunjukkan bias bearish untuk harga emas.



Untuk analisa maka informasi selengkapnya silahkan kunjungi halaman ini
tata604
tata604 memberi reputasi
1
8.7K
284
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan