jkwselalub3n4rAvatar border
TS
jkwselalub3n4r
Pabrik Batam ke Myanmar: RI Tersalip dari Bola Sampai Ekonomi


Jakarta, CNBC Indonesia - Pada masanya, tim nasional sepakbola Indonesia adalah macan Asia. Level Asia Tenggara saja sih aman, bahkan Thailand pun bukan lawan yang seimbang.

Itu dulu, mungkin terakhir pada dekade 1980-an. Namun memasuki dekade 1990-an sampai sekarang, prestasi tim nasional Indonesia ya begitu-begitu saja. Justru para pesaingnya di Asia Tenggara yang semakin maju.

Baca:
Pabrik Batam Hengkang dan PHK: Pesaing Berat RI Kini Myanmar



Saat ini, Thailand adalah raja sepakbola Asia Tenggara. Menariknya, kekuatan-kekuatan baru muncul seperti Vietnam dan Myanmar.

Di peringkat Federasi Sepakbola Dunia (FIFA), Myanmar pun berada di atas Indonesia. Per Juli, Myanmar berada di posisi 135 sedangkan Indonesia tercecer di peringkat 160.

Ini Dia Keunggulan Myanmar
Selaon bidang sepakbola, di bidang ekonomi pun Myanmar mulai membayangi Indonesia. Myanmar menjadi negara tujuan investasi favorit baru selain Vietnam.

Batam, daerah yang dulu menjadi primadona investasi manufaktur, mulai ditinggalkan. Beberapa investor memilih Myanmar sebagai tujuan mereka. Perusahaan speaker di Batam misalnya dikabarkan relokasi ke Myanmar pada tahun ini.


Baca: Pabrik Batam Hengkang dan PHK: Pesaing Berat RI Kini Myanmar

Apa yang membuat Myanmar begitu seksi? Pertama tentu saja upah.



Mengutip ASEAN Briefing, saat ini rata-rata upah buruh di Myanmar adalah US$ 98,88/bulan atau sekira Rp 1,4 1 juta/bulan. Sementara di Indonesia, Upah Minimum Provinsi (UMP) terendah adalah Rp 1,57 juta/bulan di Daerah Istimewa Yogyakarta dan tertinggi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta yaitu Rp 3,94 juta/bulan.

Kedua adalah Myanmar punya potensi ciamik selepas transaksi demokrasi mulai 2011 dan dicabutnya berbagai sanksi ekonomi negara barat. Pertumbuhan ekonomi pun melaju dengan kencang.


Sepanjang 2011-2018, rata-rata pertumbuhan ekonomi Myanmar adalah 6,9%. Indonesia? 5,36%.

Bank Dunia memperkirakan ekonomi Myanmar tahun ini tumbuh 6,5% dan naik menjadi 6,7% pada 2020-2021. Ekonomi Indonesia diperkirakan tumbuh 5,1% tahun ini dan naik ke 5,2% pada 2020.

"Pertumbuhan ekonomi Myanmar didukung oleh momentum reformasi yang terus berjalan, pembangunan infrastruktur dalam skala besar, dan arus investasi seiring liberalisasi ekonomi. Beberapa langkah reformasi yang sudah ditempuh antara lain penggunaan mata uang yen Jepang dan yuan China untuk setelmen perdagangan, mengundang perusahaan asuransi asing untuk membuka usaha, mengizinkan bank komersial untuk memberi kredit berbunga 16%/tahun tanpa jaminan, memperkenankan bank asing beroperasi, dan penggunaan anggaran berbasis elektronik," papar laporan Bank Dunia.

Artinya, pasar Myanmar sangat menjanjikan. Permintaan domestik masih punya ruang untuk tumbuh lebih cepat, menawarkan cuan bagi dunia usaha.

Ketiga, seperti yang sudah disebut oleh Bank Dunia, Myanmar sedang getol membangun infrastruktur. Myanmar ingin cepat mengejar ketertinggalan setelah puluhan tahun menjadi negara tertutup.

Untuk itu, Myanmar bergabung ke program yang digagas China yaitu Belt and Road Initiative alias Jalur Sutra Modern. April lalu, nota kesepahaman (MoU) China-Myanmar Economic Corridor Cooperation 2019-2030 ditandatangani. Dalam MoU tersebut, kedua negara sepakat untuk mengembangkan infrastruktur, konstruksi, industri manufaktur, pertanian, transportasi, keuangan, pengembangan sumber daya manusia, sampai riset dan teknologi.

Koridor Ekonomi Myanmar-China akan meliputi jalur sepanjang 1.700 km yang menghubungkan Kunming di sisi China hingga ke Kyaukphu di Myanmar. Jalur ini tentu akan sangat menarik bagi dunia usaha, karena akan menciptakan kantung-kantung pertumbuhan ekonomi baru.

Tiga hal tersebut rasanya sudah menjadi alasan kuat mengapa investor kini berpaling ke Myanmar. Seperti halnya di sepakbola, seluruh pemangku kepentingan ekonomi di Indonesia harus waspada. Kalau tidak ada perbaikan, Myanmar bisa menjadi Vietnam baru yang sudah selangkah di depan Indonesia.


TIM RISET CNBC INDONESIA

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...mpai-ekonomi/2

RI Tersalip
tukangbeling7
wiry
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
-1
2.9K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan