pelindungsapiAvatar border
TS
pelindungsapi
Ahok: Jika Setiap Warga Mematikan Ego SARA-nya, Indonesia Akan Jaya
Jakarta - Mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atau BTP mendapatkan penghargaan Roosseno Award IX karena dinilai memiliki etos kerja dan integritas yang tinggi.

Roosseno Award adalah penghargaan yang diberikan sejak 2011 lalu bagi tokoh dan peneliti Indonesia yang dianggap menginspirasi, baik melalui karya, kegiatan, maupun semangatnya. Penghargaan itu tak hanya diberikan kepada tokoh politik saja, tetapi bisa juga kepada tokoh di bidng Iptek, budaya, dan sosial.

Terkait penghargaan itu, Ahok berbagi pesan di akun instgramnya. kumparan sudah mengonfirmasi ke Tim Ahok dan diperkenankan mengutip.

Ahok menyebut, apapun beban dan cobaan yang diberikan kepadanya, ia akan tetap teguh menjalankan tugasnya asal untuk kepentingan nasional.

"Ketika saya dihina, difitnah, dipermalukan, dan diperlakukan tidak adil sekali pun, asal untuk kepentingan nasional, saya akan tetap tegak berdiri menjalaninya," tutur Ahok, Senin (22/7).

Ahok pun mengenang jalan hidupnya yang naik-turun dengan cepat saat masih menjabat. Bagaimana tidak, setelah mencicipi kursi gubernur sebentar untuk menggantikan Jokowi yang terpilih menjadi presiden, Ahok justru kalah di Pileg DKI 2017 dan dijebloskan ke penjara.

"Saya anggap ini sebagai bagian dari penguasaan diri. Seperti yang saya alami kemarin, di mana saya adalah seorang gubernur dan dalam waktu sekejap hidup saya berubah. Kalah di pilkada, divonis bersalah, langsung masuk tahanan," ucapnya.

Ahok mengakui, saat itu ia memang merasa kecewa, marah, diperlakukan tidak adil, dan merasa dikorbankan Namun, di balik jeruji, Ahok mengaku tetap berusaha menyikapinya dengan terus bersyukur.

"Saya mulai bisa menguasai diri saya, membangkitkan kembali semangat saya. Saya pikir, ditahan untuk bisa melatih diri dan semakin mengenal Tuhan, agar nanti setelah keluar menjadi model, bagaimana menjadi manusia yang penuh kasih, damai, sabar," imbuhnya.

Ia juga menyebut, mewujudkan keadilan sosial adalah prinsip terpenting dalam bernegara. Ahok mencontohkan, saat menjadi gubernur, ia menjalankan program pemberian KJP, KJS dan KJMU agar setiap anak memiliki kesempatan mengenyam pendidikan dan memperbaiki kondisi ekonomi agar lebih sejahtera.

"Yang lain adalah bekerja tanpa korupsi. Saat ini kita tidak diminta untuk berkorban nyawa seperti masa penjajahan dulu, cukup dengan tidak korupsi," tegas Ahok.

Selain itu, salah satu poin terpenting lainnya yang ia pelajari adalah soal memaafkan masa lalu. Menurut Ahok, harus ada rekonsiliasi nasional untuk memaafkan semua kekhilafan dan ketidaksengajaan yang terjadi selama ini.

"Tidak kalah penting adalah memaafkan kesalahan masa lalu, harus ada rekonsiliasi nasional bagi seluruh kekhilafan atau kesengajaan terjadinya kejahatan kemanusiaan demi kekuasaan. Ini harus dilakukan supaya kita tidak terjebak dalam polemik saling menyalahkan soal masa lalu," tutur Ahok.

"Jika setiap warga negara rela 'mematikan' egonya, kepentingan SARA-nya, maka saat itulah Indonesia akan menuju kejayaan," pungkasnya.

https://m.kumparan.com/@kumparannews...ya-1rWDPZhpIA4

Seandainya Ahok bisa jadi presiden, Indonesia pasti maju
hendayx04
primalaprima
hantumasam
hantumasam dan 32 lainnya memberi reputasi
31
7.7K
159
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan