c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Kendaraan Baru Pake RON 88, Ga Salah Tuh ??




Buat kalian yang suka bepergian dengan roda empat atau roda dua tentu saja tahu apa itu RON 88, lengkapnya Research Octane Number 88 dari semua jenis bensin inilah yang oktannya paling rendah.

RON sendiri merupakan angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. RON itu sebenarnya juga menunjukan kualitas dari bahan bakar.

Dengan mudahnya membeli kendaraan di Indonesia dengan adanya sistem kredit, tentu saja hal itu membuat produksi dari pabrikan pun berlomba untuk mengeluarkan kendaraan jenis terbaru, bahkan tak segan juga memproduksi mesin yang baru dari pendahulunya.



Namun lucunya masih saja banyak masyarakat yang membeli kendaraan baru namun masih mengisi bahan bakar dengan RON 88, bila itu sering dilakukan maka sudah pasti akan mempercepat umur kendaraan agan.

Kenapa ? Menurut beberapa teknisi RON yang rendah akan merusak komponen filter bensin. Bila sudah mampet karena kotoran yang dihasilkan RON rendah maka filter bensin pun harus diganti. Kemudian tak hanya itu bagian busi pun akan lebih cepat untuk diganti. Yang jelas akan mengeluarkan cost belakangan, padahal niatnya ingin lebih murah.

Untuk kendaraan roda empat akan mengalami kendala lebih besar apalagi kalau sudah sampai ngelitik, kemungkinan besar bisa bongkar cylinder head untuk membersihkan kerak karbon. Berapa biaya yang harus dikeluarkan, cukuplah bikin kantong agan meriang sekitar Rp 3 juta sampai Rp 4 juta.



Bila tetap memaksakan menggunakan RON rendah, otomatis kendaraan agan akan mengalami pengurasan tangki bahan bakar yang lebih sering. Sebenarnya aktivitas ini dilakukan sekaligus mengetahui kondisi filter bensin.

Maka jangan heran perusahaan asing yang menjual bahan bakar di Indonesia seperti Shell tidak menjual RON yang rendah, Shell sendiri merupakan perusahaan minyak dan gas yang berkantor pusat di Belanda dan berbadan hukum di Inggris hanya mengeluarkan jenis BBM seperti Shell Super, Shell V-Power, Shell Diesel, Shell Reguler dan tidak satupun perusahaan asing tersebut menjual RON 88 karena tahu akan akibat buruk yang di peroleh untuk kendaraan jenis baru.



Masih beli kendaraan baru isi bensin dengan RON 88 ? Ga salah tuh..

Nah bagaimana nih pendapat agan dan sista semua, silahkan komentar, beri TS cendol, follow, rate bintang 5, dan tentu juga jangan lupa share and like karena semua itu gratis !! 

emoticon-coffee

c4punk@2019

Gambar google
referensi






cru153r
androo
zeeblur
zeeblur dan 2 lainnya memberi reputasi
3
4.1K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan