Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sindonews.comAvatar border
TS
MOD
sindonews.com
Gerindra Masuk Pemerintah, Kualitas Demokrasi Menurun


JAKARTA - Partai Gerindra disarankan untuk menolak tawaran masuk Koalisi Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin. Sebab, kualitas demokrasi bisa menurun jika partai besutan Prabowo Subianto itu masuk pemerintah.

"Soal tawaran agar Gerindra masuk ke koalisi Pemerintah Jokowi bagaimana? Menurut pendapat saya, sebaiknya jangan, sebab kenapa? Pertama, tentu saja tidak sehat bagi sistem politik Indonesia ke depannya, kedua bisa menurunkan kualitas demokrasi kita," ujar Analis Politik Sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago kepada SINDOnews, Senin (1/7/2019).

Dia mengatakan, salah satu kelemahan sistem presidential setengah hati adalah karena dipadukan dengan multi partai. "Ini yang sering kita sebut cacat bawaan sistem presidential multi partai, tidak berlebihan saya sebut sistem presidential banci," jelasnya.

Baca Juga:

Pangi menjelaskan sistem presidential murni itu adalah partai pengusung utama calon presiden yang menang langsung menjadi partai berkuasa "the rulling party", sementara yang kalah langsung otomaticly memposisikan diri menjadi "partai oposisi".

Dia pun memberikan contoh di Amerika Serikat, partai di sana mempunyai fatsun politik, tidak ada cerita setelah presiden terpilih yang tadinya berseberangan lalu di tengah jalan bergabung ke koalisi presiden terpilih.

"Apakah partai tersebut berkeringat memenangkan presiden terpilih? Apakah berdarah-darah memenangkan calon presidennya?"

"Kita ini ya lucu, karena alasan mengamankan kepentingan di parlemen, supaya tidak diganggu dan mendapat dukungan penuh di DPR, dengan harapan semua program dan kebijakan pemerintah dapat berjalan mulus di parlemen kemudian menjadi alasan merangkul partai oposisi dalam pilpres," sambungnya.


Sumber : https://nasional.sindonews.com/read/...run-1561954637

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Gerindra Masuk Pemerintah, Kualitas Demokrasi Menurun

- Alasan KPK Tak Menahan 2 Jaksa Yang Ikut Terciduk saat OTT

- 3 Pekerjaan Rumah Mendesak Diselesaikan Jokowi-Ma'ruf Amin

davecchio
Arleneoctav
Arleneoctav dan davecchio memberi reputasi
2
1.3K
12
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan