Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kljyAvatar border
TS
kljy
Dicari! Menteri yang Bisa Buat Kebijakan 'Gila' A La Jokowi
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan mengambil keputusan 'gila' dalam lima tahun kedua periode kepemimpinan, apalagi jika itu berkaitan dengan kepentingan nasional.

Salah satu kebijakan gila yang akan dikeluarkan Jokowi, yakni berkaitan dengan kebijakan ekonomi yang selama ini masih dianggap sebagian pengusaha nasional belum cukup untuk memacu roda perekonomian.

Bahkan, Jokowi dalam berbagai kesempatan tak memungkiri bahwa sejumlah kebijakan yang sudah dikeluarkan rezim pemerintahannya pada periode pertama kepemimpinannya kurang nendang.

"Kebijakan investasi, urusan perizinan, tidak ada tendangan apa-apa. Menurut saya, selama ini," kata Jokowi di depan para menteri Kabinet Kerja saat rapat terbatas di Kantor Presiden.

Munculnya kritik keras Jokowi terhadap para menteri bukan tanpa alasan. Loyonya kinerja ekspor dan investasi membuat transaksi berjalan Indonesia terus-terusan mengalami defisit karena arus devisa yang keluar lebih besar.

Persoalan ini pun mematik pertanyaan, apakah keputusan gila yang dimaksud kepala negara adalah mengganti para menteri yang dianggap tak becus mengelola masalah perekonomian nasional?

Deputi Bidang Kajian dan Pengeloaan Isu-Isu Ekonomi Strategis Kantor Staf Kepresidenan Denni Prubasari pun buka suara mengenai hal ini. Ada sejumlah kriteria yang dianggap pas untuk mengakomodir kebijakan Jokowi ke depan.

"Pak Jokowi man of execution. Beliau pebisnis, beliau ingin eksekusi cepat dan ingin punya eksekutor cepat," kata Denni saat berbincang dengan tim CNBC Indonesia.

Denni mengaku tak mengetahui secara pasti langkah 'gila' apa yang dimaksud Jokowi. Namun, keinginan Jokowi untuk periode kedua cukup jelas, yakni meninggalkan sebuah warisan yang bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

"Saya gak bisa buka dulu, tapi karena ini periode kedua, komitmen beliau adalah meninggalkan legacy. Eksekusi kuncinya," tegas Denni/

"Karena kita tau, bahwa pak Jokowi mengatakan kalau itu gila, tapi bermanfaat buat masyarakat, i will do it. Katanya. Ini dikaitkan dengan gak ada peirode ketiga, dan mau meninggalkan legacy, yang tidak populis pun diambil," kata dia.

Sebagai informasi, pernyataan Jokowi akan mengeluarkan kebijakan gila terungkap saat kepala negara bertemu dengan aktivis 98 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, pada pertengahan bulan ini.

"Saya dalam lima tahun ke depan Insya Allah sudah tidak memiliki beban apa-apa. Jadi, keputusan yang gila, keputusan yang miring-miring, yang itu penting untuk negara ini akan kita kerjakan. Jadi, saya tidak memiliki beban apa-apa," katanya.
(hps/hps)

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/2...la-a-la-jokowi

pradanto17
doaku.untukmu
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3.3K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan