Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

raiahAvatar border
TS
raiah
Begini Cara Atur Kursi dan Meja Kerja Agan Biar Nggak Pegal Setiap Kali Ngantor
Duduk berjam-jam setiap hari di meja kerja memang kadang bikin badan pulang-pulang berasa pegal luar biasa. Leher kaku, pundak berat, pinggang ngilu. Ah..Apakah ini karena faktor umur?




Belum tentu.


Kerjaan yang bertubi-tubi di kantor mungkin bisa bikin kamu nggak punya waktu lebih buat istirahat dari meja kerjamu dan akhirnya bikin kamu sering merasa pegal-pegal kayak gini Gan. Tapi tahu nggak sih Gan, ada faktor lain yang mungkin jadi penyebab dibalik rasa pegal yang sering kamu rasakan saat seharian duduk di meja kerja.


Faktor itu adalah kursi dan meja kamu sendiri.


Memang sih semua meja dan kursi kayaknya sama aja, nggak jauh beda. Ya wajar, namanya juga meja dan kursi kerja memang dibuat buat siapa aja. Itu sebabnya sekarang pilhannya tinggal bagaimana kamu mengatur posisi, angle dan susunan meja dan kursi kerja yang paling nyaman buat kamu sendiri Gan.


Salah seorang pakar ergonomis dari Hospital for Special Surgery, Jon Cinkay dalamThe Wall Street Journal pernah membagikan beberapa tips untuk mengatur kursi dan meja kerjamu secara ergonomis sehingga membuat kamu nyaman dan menghindari kamu dari rasa pegal di tiap harinya.


Atur tinggi kursi kerjamu



Buat sebagian orang, tinggi kursi dan meja kerja mereka mungkin terasa terlalu tinggi atau terlalu rendah. Itu sebabnya sesuaikan tinggi kursi yang benar-benar nyaman buat kamu Gan. Ketika mengatur tinggi kursi kerjamu pastikan siku Agan bisa ditekuk hingga 90 derajat di meja kerja. Buat yang kakinya menggantung setelah tinggi kursi disesuaikan jangan lupa cari ganjalan di bawah kaki biar duduk tetap nyaman.


Sesuaikan tinggi dan posisi monitormu



Jarak antara kamu dan monitor idealnya adalah sepanjang lengan supaya kamu tetap bisa membaca tulisan-tulisannya dengan jelas tanpa mengganggu postur tubuh kamu.  Posisikan  bagian atas monitor agar mencapai posisi eye level. Kalau monitornya susah buat diatur tingginya, tinggal pakai ganjelan dari kotak juga bisa Gan.



Buat yang pakai laptop, kamu bisa gunakan penyangga di bagian bawah agar tinggi laptop sesuai dengan eye level. Kalau posisi laptop terlalu tinggi dan membuatmu nggak nyaman mengetik, gunakan tambahan keyboard wireless.

Posisikan mouse di dekat keyboard



Jangan posisikan mouse terlalu jauh dari keyboard kamu Gan. Ini karena pundakmu bakalan lebih pegal karena menggunakan mouse dengan posisi terlalu jauh dari keyboard.

Posisikan telepon di sebelah kiri



Atur letak telepon di meja kerjamu Gan. Taruhlah di bagian kiri kamu. Katanya sih biar kamu nggak kebiasa nelpon dengan menjepit telpon di pundak. Posisi andalan yang biasa karyawan kantoran lakukan saat harus menelepon sambil mengetik. Posisi menelepon ini nih yang nggak bagus buat postur dan ujung-ujungnya bikin leher kamu jadi lebih sering pegal gan.

Kata si Jon Cinkay ini, kalau semua susunan dan tata kursi dan mejamu sudah dibikin se-ergonomis mungkin jangan lupa buat sesekali juga istirahat dan mengambil jeda untuk melakukan peregangan ringan saat duduk di meja kerja. Ini karena mulai 10 hingga 15 menit setelah duduk, kita bakal terbiasa buat membungkuk sehingga akan mengganggu postur tubuh.

Selamat mengatur kursi dan meja kerjamu biar makin ergonomis dan anti pegal-pegal Gan.

emoticon-Toast


Diubah oleh raiah 20-06-2019 10:34
danQe
tropikansayur
denZ.kaconk
denZ.kaconk dan 11 lainnya memberi reputasi
12
5.6K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan