Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

red1302Avatar border
TS
red1302
4 Bahaya yang Akan Terjadi Jika Serangga Punah

Serangga merupakan jenis binatang yang di benci oleh kebanyakan orang karena dianggap sebagai penggangu dan hama. Banyak upaya yang dilakukan oleh orang-orang untuk membasmi binatang yang satu ini salah satunya adalah dengan menggunakan obat anti serangga dan lain-lain.

Tetapi pernahkah kalian berpikir apa jadinya jika seluruh serangga di dunia ini benar-benar punah? Apa yang akan terjadi? Jika kalian menganggap kepunahan serangga merupakan hal yang tidak berpengaruh besar maka kalian salah karena ada beberapa bahaya yang akan terjadi jika serangga punah. Seperti beberapa hal dibawah ini :

1. Beberapa Hewan Lainnya Akan Punah

Tidak seperti manusia yang tidak menggantungkan kehidupannya kepada serangga. Hewan-hewan seperti burung, reptil, dan banyak amfibi bertahan hidup dengan memakan serangga sehingga jika serangga tiba-tiba punah maka yang akan terjadi mereka juga akan punah karena tidak ada alternatif makanan lain.

2. Manusia Kekurangan Bahan Makanan

Memang tidak banyak manusia yang mengkonsumsi serangga sebagai makanan sehari-harinya. Tetapi jika serangga yang berada di bagian bawah rantai makanan tiba-tiba punah maka makhluk yang berada diatasnya dalam rantai makanan juga akan berpengaruh.

Makhluk hidup yang berada di atas rantai makanan akan kekurangan makanan jika makhluk yang berada dibawahnya punah. Hal ini termasuk manusia, walaupun manusia dapat memakan sumber makanan lain tapi tetap saja bahan makanan yang dimiliki oleh manusia akan berkurang.

3. Penyerbukan Tidak Maksimal

Seperti yang sudah kita ketahui, serangga sangat membantu dalam urusan penyerbukan tanaman seperti lebah yang membantu proses penyerbukan. Dan jika serangga di dunia ini punah maka proses penyerbukan akan menjadi tidak maksimal.

Memang kita dapat melakukan proses penyerbukan manual atau dengan menggunakan angin dan air tetapi tetap saja hasilnya tidak akan maksimal.

4. Kesuburan Tanah Berkurang

Serangga hampir memakan apa saja termasuk bangkai binatang yang telah mati. Hal ini membuat lingkungan kita bersih dari bangkai hewan mati berkat serangga. Selain itu serangga juga berjasa untuk menyuburkan tanah kita karena serangga menggali tanah dan membuatnya menjadi subur.

Jika kesuburan tanah kita berkurang maka tanaman juga akan sulit tumbuh dan jika tumbuh hasilnya tidak akan maksimal.

Itulah beberapa hal yang akan terjadi jika serangga punah dari dunia ini. Walaupun serangga sering dianggap sebagai binatang yang menggangu tetapi ternyata mereka sangat berjasa bagi kita. Jika kalian suka dengan thread ini jangan lupa rate 5emoticon-Rate 5 Star dan bagi ane cendolnyaemoticon-Toast.


Diubah oleh red1302 11-06-2019 07:37
archazel07
danQe
slametgentho
slametgentho dan 13 lainnya memberi reputasi
14
6.1K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan