wingko.babatAvatar border
TS
wingko.babat
Toyota Avanza dari Masa ke Masa




Selamat pagi, siang, sore dan malam Kaskuser yang budiman. Kali ini ane mau share thread sederhana. Semoga gak repost gan.

Oh iya lupa gan, Kaskuser yang baik selalu meninggalkan komentar, budayakan rate 5, kalo bisa siram ane pake cendol gan.

Oke gan kita langsung aja ke topik pembahasan kita kali ini gan

Check it out... emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2


TOYOTA AVANZA DARI MASA KE MASA






Toyota Avanza pertama kali dikenalkan di publik Indonesia pada tanggal 11 Desember 2003 pada event Gaikindo Auto Expo. Lahir dari pabrikan PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Indonesia, yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara. Selain di Indonesia, Avanza juga diproduksi di Malaysia oleh Ferodua Manufacturing Sdn. dan di Tiongkok oleh FAW Jilin. Mobil ini memiliki saudara kembar yaitu Daihatsu Xenia. Mobil berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle) atau kendaraan dengan segala kegunaan dengan kapasitas penumpang 7 orang mobil ini sangat cocok untuk keluarga Indonesia. Toyota Avanza, kendaraan dengan julukan "Mobil Sejuta Umat" terus diproduksi hingga sekarang ini. Toyota Avanza diterima baik di pasaran Indonesia yaitu dengan ditandai terus berjalannya proses produksi dari tahun 2003 hingga sekarang ini serta jumlah penjualan yang terus meningkat.

Oke gan, diatas sekedar prolog mengenai Toyota Avanza. Sekarang kita mulai ke topik bahasan kita gan, yaitu membahas perkembangan Toyota Avanza dari generasi pertama hingga sekarang ini.




Toyota Avanza Generasi Pertama (2003)


Awal kemunculannya, Toyota Avanza hadir dengan 2 tipe, yaitu 1.3 E dan 1.3 G bertransmisi manual 5 percepatan dengan mesin berkapasitas 1300 cc. Dengan design eksterior yang cukup elegan serta eksterior yang cukup menawan sehingga mampu membius pangsa pasar Indonesia

Avanza 1.3

Spoiler for Avanza 1.3 E:


Avanza 1.3 G

Spoiler for Avanza 1.3 G:


Setahun kemudian Avanza mengeluarkan varian baru yaitu Avanza 1.3 G A/T bertransmisi otomatis 4 percepatan. Ini merupakan wujud keberhasial Avanza yaitu terus berinovasi mengembangkan produknya.

Avanza 1.3 G A/T

Spoiler for Avanza 1.3 G A/T:


Pada Juli 2006 Avanza melakukan perubahan mulai dari mesin hingga interior. Untuk eksterior tetap mempertahankan bentuk aslinya. Hanya mengalami sedikit perubahan pada grill depan, bumper dan model lampu belakang. Untuk mesin menggunakan mesin telat dibenamkan katub berteknologi VVT-i (Variable Valve Timming Intelligent) yang ditengarai hemat bahan bakar. Hadir dengan 2 tipe yaitu Avanza 1.3 E, Avanza 1.3 G dan Avanza 1.3 S bertransmisi manual 5 percepatan dengan mesin berkapasitas 1300 cc.

Avanza 1.3 E

Spoiler for Avanza 1.3 E:


Avanza 1.3 G

Spoiler for Avanza 1.3 G:


Pada bulan Oktober 2006 Toyota Avanza kembali memperkenalkan tipe baru yaitu 1.5 S M/T bertransmisi manual 5 percepatan serta 1.5 S A/T bertransmisi otomatis 4 percepatan dengan engine 3SZ-VE 1.500 cc 4-silinder VVT-i bertenaga maksimum 109 HP.

Avanza 1.5 S M/T

Spoiler for Avanza 1.5 S M/T:


Avanza 1.5 S A/T

Spoiler for Avanza 1.5 S A/T:


Pada akhir tahun 2008, kembali dilakukan penyegaran pada Avanza, yaitu perubahan pada design atap dengan memberikan sentuhan gelombang untuk mengurangi bidang yang kena air saat hujan, hal ini tentunya akan mengurangi kebisingan atap karena hantaman air hujan.

Pada September 2009, Toyota menambahkan varian otomotis pada Avanza tipe 1.3 G A/T, dengan transmisi otomatis 4 speed. Sehingga konsumen mempunyai lebih banyak lagi pilihan. Untuk memenuhi ekspektasi konsumen di perkotaan yang cenderung menyukai mobil matic, karena sering berhadapan dengan masalah kemacetan jalan raya, Pada Mei 2010, transmisi otomatis 4 speed juga disematkan pada varian 1.3 E A/T




Generasi Kedua (All New Avanza)



Kesuksesan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia ini mau tidak mau menarik perhatian produsen mobil lainnya. Suzuki memperkenalkan konsep mobil low MPV-nya padaIndonesia International Motor Show 2010, yang saat itu diberi kode RIII, dengan fitur berlimpah dan kemewahan interior sebagai andalan hingga berpotensi cukup besar menggerus pasar low MPV yang selama ini dikuasai Avanza dan Xenia tanpa persaingan.

Perubahan peta pasar low MPV tersebut menuntut perubahan dan improvement yang tidak sedikit pada Avanza untuk mempertahankan penjualannya. Alhasil di akhir 2011, Toyota melakukan penyegaran pada design eksterior dan interior yang cukup signifikan pada Avanza. Mobil ini diberi nama All New Avanza dengan design yang lebih dinamis dan cukup elegan dibanding generasi pertama.

Walau secara dimensi, fitur dan karakter pengendalian tidak begitu berbeda dengan versi sebelumnya. Namun disinilah kejelian Toyota memamfaatkan karakter konsumen mobil di Indonesia, yang lebih tergoda untuk memilih mobil dengan tampilan eksterior dan interior yang menarik dari pada hal-hal yang tidak tampak dari luar. Selain hal tersebut tentunya jaringan dealer dan servis Toyota tetap berpengaruh besar pada volume penjualan.

Avanza generasi ke-dua ini dipasarkan dengan tipe 1.3 E dan 1.3 G masing-masing dengan transmisi manual dan otomatis. Sedangkan flagship disematkan pada tipe termewah, diberi nama Avanza Veloz, yang bermesin 1.5 L dengan transmisi otomatis dan manual.
All NewAvanza 1.3 E

Spoiler for Avanza 1.3 E:


All New Avanza 1.3 G

Spoiler for Avanza 1.3 G:


All New Avanza 1.5 L Veloz

Spoiler for Avanza 1.5 L Veloz:


Avanza terus berinovasi mengembangkan produknya, yaitudengan dikeluarkanya varian Luxury pada Avanza. Pada tipe Luxury ada sedikit perubahan body yaitu dengan ditanamnkannya body kit yang memberikan kesan mewah dan aerodinamis serta terdapat emblem Luxury. Di bagian interior juga juga beda dengan tipe dibawahnya. Pada bagian interior terkesan lebih mewah.

All New Avanza Luxury dan All New Avanza Veloz Luxury

Spoiler for All New Avanza Luxury:




Generasi Ketiga (Grand New Avanza)



Pada tahun 2014 pertarungan di kelas low MPV mendapat pendatang baru yang cukup tangguh, yaitu dari Honda yang sudah dikenal sebagai produsen mobil-mobil mewah. Honda memperkenalkan low MPV-nya dengan tampilan eksterior yang sangat eye-catching, yaitu Mobilio. Design eksterior mobil-mobil Honda memang harus diakui setingkat di atas mobil-mobil jepang yang lainnya, munculnya Mobilio langsung merampas takhta Ertiga di peringkat ke-dua di tahun pertama debutnya. Toyota lantas merombak Avanza dengan melakukan facelift hingga menjadikannya bertabur fitur dan peningkatan yang signifikan.

Penambahan fitur pada Toyota Grand New Avanza sangat kentara untuk menyaingi kompetitornya yang telah lebih dulu menyematkan fitur-fitur tersebut, antara lain:

• Tambahan fitur keamanan "Side Impact Beam" pada setiap pintu untuk menambah kekuatan Avanza dalam melindungi penumpang apabila terjadi benturan keras dari samping. Fitur ini sudah lebih dulu dimiliki Suzuki Ertiga.
• Penambahan teknologi Rem ABS (Antilock Breaking System), untuk mencegah terkuncinya ban depan pada saat pengereman secara memdadak, sehingga mobil tetap dapat dikendalikan.
• Teknologi kunci "Immobilizer" agar mobil tidak gampang dicuri karena hanya dapat dinyalakan dengan kunci khusus.
• Perubahan pada display instrument di balik lingkar kemudi, sehingga lebih eye-catching dan futuristik.
• Penambahan sistem eco-driving, untuk effisiensi bahan bakar, khususnya pada tipe otomatis.

Selain fitur-fitur tersebut, improvement pada kekedapan kabin membuat grand New Avanza lebih senyap 19% dibanding versi sebelumnya.

Grand New Avanza 1.3 E

Spoiler for Grand New Avanza 1.3 E:


Grand New Avanza 1.3 G

Spoiler for Grand New Avanza 1.3 G:


Pada facelift ke-tiga ini, Toyota juga menambahkan varian baru, yaitu Grand New Veloz tipe 1.3L bertransmisi manual dan otomatis. Pada versi sebelumnya hanya tersedia Veloz bermesin 1.5L.

Grand New Avanza 1.3 L dan 1.5 L Veloz

Spoiler for Grand New Avanza Veloz:



Demikian thread ane yang membahas sejarah singkat mengenai transformasi dan perkembangan Toyota Avanza dari waktu ke waktu. Semoga informasi ini berguna bagi sobat yang memerlukannya. Mungkin saja juga berguna bagi Agan yang ingin membeli mobil Avanza. Dari tahun produksinya, Agan bisa mengetahui perbedaannya dengan versi sebelum.


Sumber :
Artikel
Gambar

hell...o
tien212700
tien212700 dan hell...o memberi reputasi
2
67.7K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan