VRTS.FraternityAvatar border
TS
VRTS.Fraternity
Tentang Secret Society dan Insignia "Veritas Fraternity"


“SECRET SOCIETY”



     Secret Society merupakan sebutan untuk komunitas berisikan orang-orang yang menggabungkan diri mereka untuk sebuah misi dan tujuan khusus bersifat rahasia. Segala bentuk eksistensi dan agenda pergerakannya pun secara rahasia. 
     Secret society bisa berupa organisasi formal dengan sistem keorganisasian, hierarki, dan berbagai sistem birokrasi. Ataupun komunitas kekeluargaan, komunitas persaudaraan yang tidak memakai sistem keorganisasian dan hierarki formal.

     Semangat dan motivasi eksistensi orang-orang dalam suatu secret society didasari kesamaan tujuan atau misi. Tujuan secret society dibentuk bergantung pada pendiri, fungsionaris serta simpatisan-simpatisannya. Misi suatu secret society tak jauh-jauh dari kepentingan dua sisi, sisi positif dan sisi negatif. Meski tidak selalu, kebanyakan secret society yang kita ketahui, berorientasi pada kepentingan materi, kekayaan, kekuasaan, penyebarluasan suatu faham atau ajaran, hingga kejahatan.
    Orang-orang secret society sangat menjaga kerahasiaan identitas keanggotaan, sampai-sampai pada keluarga terdekat pun tidak membuka jati dirinya. Karena aktivitas dan pergerakannya begitu rahasia dan sangat rapi hingga banyak orang ragu dengan eksistensi dan keberadaan suatu secret society. 

   Eksistensi secret society antara ada dan tiada.
Secret society dibangun berlandaskan ideologi atau faham tertentu. Kerahasiaan ideologi serta tujuannya yang seringkali berbenturan dengan ideologi umum membuat kebanyakan secret society lebih leluasa bergerak secara diam-diam, mengasingkan diri, dan merahasiakan dari pandangan masyarakat umum. Sisi positif yang dapat kita ambil pelajaran dari beberapa secret society adalah persatuan, solidaritas, dan loyalitas orang-orangnya, dari itu nama besar dan keberadaan secret society eksis bertahan hingga berabad-abad.

    Dari berbagai sumber, kita mengenal Freemason sebagai secret society dengan sistem hierarki dan sistem organisasi formal yang dinilai paling terkenal, kuat dan paling berpengaruh di dunia. Lebih dari 2 juta anggota aktif dan simpatisan secret society tersebar di 120 negara, termasuk di Indonesia yang katanya sudah masuk di era sebelum proklamasi. Meskipun eksistensi dan agenda pergerakannya dilakukan secara rahasia, jumlah jutaan anggota itu menunjukkan secret society ini sudah sangat terkenal.
    Freemason didirikan oleh kaum elite Yahudi di abad ke-14, dikenal sebagai secret society yang visi misinya bermaksud mengembalikan kejayaan bangsa Yahudi yang terusir dari Yerusalem akibat kekalahan perang Salib. Tujuan utamanya adalah mengusung tatanan dunia baru dan menempatkan mereka sebagai penguasanya. Versi lain mengatakan bahwa tujuan utama Freemason adalah mengusung tatanan dunia baru berlandaskan humanisme sekuler.

   Di awal-awal pendirian, secret society ini banyak ditentang masyarakat, berusaha dibasmi oleh orang-orang Perancis di bawah komando Raja Philipe le Bel, dan sangat ditentang kaum gereja di bawah kepemimpinan Paus Clemens V. Akibat penentangan itu, sebagian besar anggota secret society bergabung dengan Mason, serikat pekerja batu di Skotlandia, dari sana nama Freemason berasal.
   Freemason dikatakan sebagai secret society yang berada di balik pendirian negara Israel. Secret society ini pun diklaim melakukan berbagai cara untuk mencapai tujuannya, bahkan secara radikal berani menghancurkan siapa saja yang menghalangi gerakannya. Freemason dikatakan juga menjadi dalang Revolusi Perancis di tahun 1789, Revolusi Inggris, juga disebut-sebut yang memerdekakan Amerika Serikat dan hingga kini menyetir negara adidaya itu.

    Secret society lainnya yang dinilai lebih radikal dan berbau kekerasan, adalah Hassashin. Secret society ini didirikan oleh Hasan bin Sabbah, seorang loyalis Ismailiyah, sebuah sekte yang berkembang pesat di kawasan Persia, Suriah, Kairo, dan sebagian besar wilayah di Timur Tengah. Walaupun eksistensi Hassashin tidak sepenuhnya dijalankan dengan rahasia, namun kebanyakan agenda pergerakannya dilakukan sembunyi-sembunyi. Hassashin berpusat di Alamut, sebuah wilayah di kawasan barat Iran. Hassashin dianggap sindikat teroris pertama paling populer di dunia karena terlibat dalam berbagai pembunuhan dan keterlibatan dengan narkotika (ganja).
    Selama lebih dari dua abad, 1090 hingga 1273, Hassasin eksis dengan misi utamanya adalah merealisasikan gagasan revolusioner dengan jalan membangun negara Shiah pertama, di sepanjang Mediterania dan Levant, sekaligus menguasai Kairo. Negara yang dicetuskan ini diproyeksikan sebagai negara berdaulat yang memfasilitasi gagasan-gagasan ilmiah dan sosial, memelihara kebebasan beragama, dan membangun kejayaan Federasi kaum Hassashin. Untuk mewujudkan impiannya, Hassashin membentuk kelompok kecil dan melatih anggota-anggota loyal dengan kecakapan membunuh dan kemampuan strategi berperang. Mereka pun dibekali kecakapan dalam bahasa, ilmu pengetahuan, dan perdagangan. Anggota kelompok andalan dari Hassashin ini disebut Fedayeen, yang mahir mengintimidasi dan piawai dalam membunuh musuh-musuhnya.

    Masih banyak lagi secret society yang eksis, dan mungkin hingga kini masih bertahan untuk menjalankan misinya. Tapi dari kedua contoh secret society di atas, dapat kita cermati, jika kedua secret society ini cenderung merancang suatu agenda yang dijalankan dengan rahasia. Visi misi yang diusung sebagai landasan pergerakannya adalah suatu upaya untuk mencapai tujuan besar. Apalagi kalau bukan kepentingan kekayaan dan kekuasaan.
   Di tanah air sendiri, banyak secret society yang bersifat gerakan bawah tanah namun tidak banyak yang tercatat dalam sejarah perjuangan bangsa ini, dan hanya diketahui dari penuturan orang-orang. Seperti Gerakan Djojobojo di bawah pimpinan Mohammad Joesoeph, seorang mantan tentara KNIL. Misi dan tujuan utama gerakan ini adalah menentang penjajahan Jepang, dengan gerakan kelompok V. Selain itu ada organisasi rahasia tak bernama bentukan dua mantan petinggi militer KNIL, Overakker dan Gosenson di masa pendudukan Jepang. Organisasi rahasia tersebut didirikan berlatar belakang perseteruan dengan Jepang, bergerak dalam misi rahasia memberikan informasi militer, menyediakan senjata, membangun kepolisian, memulihkan transportasi yang dihancurkan Jepang, dan mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut kedatangan sekutu. Kecenderungan tujuan perjuangan membebaskan bangsa dari penjajahan, dan konspirasi kolonialisme lah yang melandasi pendirian secret-secret society di Indonesia pada masa dahulu. Dan hinga kini, masih ada banyak secret society bentukan masyarakat asli nusantara, dengan beragam orientasi dan tujuannya, namun karena kerahasiaanya sehingga tidak diketahui masyarakat banyak.


Spoiler for Insignia:


Namun kami bukanlah secret society, ingin tau lebih lanjut, selamat menyimak sharing selanjutnya…….


Diubah oleh VRTS.Fraternity 16-05-2019 09:40
sendhaljepit
zivaelellioth
namiut
namiut dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.1K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan