Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Tari Api Yang Penuh Dengan Misteri




Nah kalian bosan dengan thread politik, maklum saja hampir di thread BP tiap hari ratingnya tinggi entah itu para buzzer sedang mencari rezeki atau memang disana tempatnya kita bisa ketawa ketiwi melihat tingkah laku badut politik yang penuh dengan aksi.

Saat ini kita ulas tentang kebudayaan negeri sendiri yang sudah mendunia dan menjadi daya tarik wisatawan asing, tari kecak yang berasal dari Bali semua orang tentu saja sudah mengenalnya terlebih lagi buat kalian para pelajar, apa masih ada yang tidak tahu dengan tari kecak? Ngacung..!!



Sebenarnya tarian ini mempunyai makna yang mendalam baik itu berhubungan dengan keindahan, nilai religius, dan pesan moral. Memang budaya nusantara tak lepas dari peradaban nenek moyang kita yang menjaga aturan kehidupan, terlebih lagi ajaran nusantara tertua berasal dari filosofi ajaran Hindu.

Walau Bali saat ini sudah modern peradaban masyarakatnya, tapi yang unik mereka masih menjunjung tinggi nilai-nilai leluhur, itulah yang membuat Bali menjadi tempat yang disuka bagi wisatawan asing dan lokal. Karena selain tempatnya yang indah, masyarakatnya pun tidak terpengaruh dengan hiruk pikuknya budaya modern ala barat.



Kembali lagi ke tarian yang kita bahas kali ini, Tari Kecak biasa disebut Tari Cak atau Tari api. Yang dilakukan oleh sejumlah pria sekitar ada 70 pria yang membuat lingkaran lalu berkata "Cak... Cak.. Cak.. " hingga terkadang sang penari bermain dengan api dan tidak terbakar.

Banyak tarian di Indonesia erat kaitannya dengan mistis, begitu juga dengan tari kecak seperti sebuah tarian magic yang membuat kagum jutaan mata. Biasanya tarian mereka selain seni tari namun ada pesan yang disampaikan ketika menceritakan episode cerita Ramayana yang berusaha menyelamatkan Shinta dari tangan jahat Rahwana. Tidak jarang bila tarian ini sangat di gemari di Bali, karena tarian ini memiliki seni yang tinggi walau kamu bukan beragama Hindu pun sangat menikmati tarian ini.



Tak hanya itu bila kita melihat dengan jeli maka tarian ini pun mengajarkan kita akan kekuatan Tuhan, dimana Rama meminta pertolongan pada dewata. Ini menunjukkan manusia butuh pertolongan Tuhan sekuat apapun mereka di bumi. Bahkan ada juga pesan moral yang disampaikan baik itu kesetiaan, pengorbanan, bahkan agar manusia selalu di ingatkan agar manusia tidak mempunyai sifat buruk seperti Rahwana.

Kisah Ramayana di Indonesia memang ada 3 variant, yaitu Kakimpoi Ramayana, Carit Ramayana, dan Serat Kanda. Cerita Ramayana sendiri asalnya memang dari sastra Hindu namun pendeta Budha pun memakai cerita tersebut untuk menyebarkan ajarannya. Tentu saja cerita yang di bawa pada kisah ramayana antara penganut Hindu dan Budha jelas berbeda, bahkan serat Kanda lebih dikenal oleh penganut Islam di daerah Melayu Sumatra, kisahnya mirip dengan Adam dan Siti Hawa.



Untuk itu sebagai bagian dari rakyat Indonesia kita harus bangga dengan masyarakat Bali yang masih menjunjung tinggi nilai leluhurnya, bayangkan bila kebudayaan Indonesia tergerus zaman dan berganti dengan peradaban dari kebudayaan modern lalu apa yang bisa kita banggakan?

Nah bagaimana nih pendapat agan dan sista semua, silahkan komentar, beri TS cendol, follow, rate bintang 5, dan tentu juga jangan lupa share and like karena semua itu gratis !! 



:nyantai

c4punk@2019

Gambar google
referensi

GIF





Diubah oleh c4punk1950... 19-05-2019 04:43
makola
hutomoabdi12
nona212
nona212 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
5.1K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan