marhamahAvatar border
TS
marhamah
Minta Masukan Dan Sarannya Gan, Peluang Bisnis Importir Barang Mahal.
Hallo gan, langsung aja ya...

Jadi ceritanya ane nih lagi belajar jadi importir produk china, Ini berkaitan dengan thread ane di sini

Ane di 'choacing' langsung sama temen ane, yang bulan lalu ke china belajar langsung sama super mastahnya export import. Super mastah yang ngajarin di chinanya itu bisa dibilang trilyuner lah gan. Pengusaha kakap yang low profile dan berbaur sama temen-temen facebook yang rata-rata internet marketer.

Singkat cerita ane langsung coba praktek kecil-kecilan, sekalipun choacing dari temen ane gak intensif. Dia nyaraninnya buka jalur distribusinya offline aja. Karena klo offline ane ga ada link. akhirnya ane coba test bikin website dan di iklanin pake adwords. Produknya: lampu jalan LED pju, lampu jalan led pju solar panel (tenaga surya)

Dari split test yang ane jalanin di adwords, akhirnya ane dapetin winning campaign. Dan terbukti dari winning campaign ane di adwords yg ane running ga berapa lama. Mulai banyak yang ngontak temen ane yang ane posisin sebagai negosiator (CS)

Sekitar 3 hari winning campaign itu jalan, selama 3 hari itu ada yang ngontak temen ane via telpon. Dan langsung mengajukan permintaan yang nilainya ratusan juta dan milyaran rupiah.

Dari mulai ada yang minat order lampu led pju tenaga surya 20 unit, minat order led pju 400 unit, nanya harga pju yang 1,2 juta untuk 100 unit. dan yang terakhir permintaan lampu led tenaga surya 40 watt 1000pcs dengan budget 6 juta.

Otomatis ane yang belum menguasai produk secara mateng dan yang cuma modal 300rban (website 110rb, iklan google adwords 200rb + kupon 450rb) langsung dapet respon permintaan kayak gitu, langsung bingung gan. wkwkwk

Di tengah2 kebingungan ane, ane sambil jalan ngontak2 pabrik di chinanya, juga sambil konsultasi ke temen ane. Yang akhirnya ane menyimpulkan bahwa: ya udah lah sekedar testing dan coba-coba aja. Jangan terlalu berharap bisa langsung di garap. Karena banyak kesulitan besar yang belom bisa ane dan temen ane cover, kesulitan tersebut adalah:

1. Modal
2. Blm ada PT. Klo orderan gede, dan pembayaran ke pabriknya bisa l/c. Harus mengurus perizinan izin import terlebih dahulu.
3. Baru praktek pertama kali gan, dan ane masih minim pengalaman tentang model bisnis yang orderannya gede seperti ini.

Sekalipun dengan 3 kesulitan itu. Mentor ane (maksudnya temen ane) bilang, kalau cuma masalah ngedatengin barang mah gampang, bahkan gampang banget. Permasalahannya siap apa enggak dengan permasalahan yang kompleks. Kalau berani coba, ya dicoba aja!

Dengan 3 kesulitan di atas ya udah deh ane simpulkan sendiri bahwa ane belom siap.

Jadi gimana ya kira2 menurut agan, sekedar ingin menambah insight dari agan-agan yang mungkin udah jauh lebih berpengalaman di bisnis yang nilai traksaksinya gede. Ane juga sekaligus pengen belajar disini, barangkali ada mastah-mastah yang juga ngaskus dan nongkrongin sub forum ini. Atau mungkin ada agan yang punya capital guede tertarik jalan bareng sama kita.

Ok deh, terakhir ane minta maaf ke mimin klo ane salah kamar. Klo salah kamar di delete atau di gembok aja gpp min emoticon-Big Grin
0
5.1K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan