Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

silviaaa444Avatar border
TS
silviaaa444
Dari Soeharto Hingga Netflix, Lupis Mbah Satinem di Yogyakarta Ini Emang Legend!

Mie lethek, mie pentil, tiwul, gatot, kipo, puteri mandi, mata kebo, apa lagi sih Gan nama-nama jajanan pasar yang enak disantap pagi hari di Yogyakarta?

Salah satu jajanan yang gampang banget ditemukan di pasar tradisional di Yogyakarta mungkin adalah lupis ya Gan. Tapi lupis yang ini berbeda dan sangat legendaris, udah pernah nyobain belum Gan?


Mbah Satinem setiap paginya selalu menjajakan lupis racikannya nggak jauh dari Tugu, tepatnya di pertigaan Bumijo. Setiap paginya, Mbah Satinem selalu memulai jualan dari jam setengah 6 pagi dan selalu ludes habis terjual sebelum jam 8. Meskipun udah ngerasa berangkat pagi dari rumah, Agan jangan langsung senang dulu ya bisa jadi yang pertama. Pengalaman ane sih waktu itu nggak sedikit orang yang udah mulai mengantre bahkan sebelum Mbah Satinem mulai berjualan. Se-legendaris itu sih!


Jika dibandingkan lupis-lupis di pasar pada umumnya, harganya mungkin terasa lebih pricey dikit ya Gan. Tapi dengan rasa nikmat yang ditawarkan tetep aja terasa ramah di kantong, yaitu Rp 5000 per porsinya. (Fyi, di Yogyakarta ini di pasar deket rumah ane harganya cuma Rp 2000an sih hahaha). Lupis racikan Mbah Satinem ini rasanya juga lain daripada yang lain Gan. Rasa legit yang ditawarkan berbeda dengan makanan serupa, begitu pula dengan rasa gula merahnya yang maknyus banget. Nggak hanya lupis aja sih yang dijual, Agan juga bisa memilih cenil, ketan, dan juga tiwul sebagai tambahan.


Ane sendiri sebelumnya tahu jajanan racikan Mbah Satinem ini dari akun-akun instagram foodies di Yogyakarta. Itu aja udah heboh banget. Apalagi beberapa waktu lalu, Netflix sempat mengangkat kisah Mbah Satinem yang fenomenal ini melalui dokumenter Street Food edisi Yogyakarta. Simbah jadi semakin terkenal! Katanya sih gara-gara hal tersebut jadi nggak sedikit pelanggannya si Mbah yang minta foto bareng.


Mbah Satinem merupakan salah satu dari sekian banyak penjual jajanan pasar yang masih tetap menjaga keaslian jajanan pasar di tengah gempuran makanan yang kekinian. Ia sudah mulai berjualan sejak tahun 1963 lho Gan! Bahkan Presiden kedua RI, Soeharto, pun merupakan pelanggan kudapan buatan Simbah. Mantep banget emang!

Semoga Mbah Satinem sehat selalu ya biar kita semua bisa merasakan lupis lezat racikannya. Kalau berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa nyobain lupis fenomenal Mbah Satinem ini ya Gan! Tapi jangan lupa bangun pagi biar nggak kehabisan!

emoticon-Jempol


jmontefiore
isu152
laksanardie
laksanardie dan 21 lainnya memberi reputasi
22
9K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan