moviegangstaAvatar border
TS
moviegangsta
Berani Bilang "Tidak!" Demi Kesehatan Mental yang HQQ



Hidup tuh berat banget. Kita dituntut untuk bekerja selama delapan sampai sembilan jam sehari (bahkan ada yang lebih) untuk bisa survive di kota besar seperti Jakarta. Buat mereka yang merantau ke Ibukota (yang sebentar lagi mau dipindah ini katanya) bertahan hidup nggak cuma sekedar dengan cara mencari uang. Tapi juga dari tekanan-tekanan yang mungkin ada di dunia nyata maupun di dunia maya. Tekanan soal kerjaan sih sudah pasti terjadi. Di luar itu, kadangkala para penduduk ibukota di usia millennial terutama harus dihadapkan dengan ketidakpastian hidup.

Wajar rasanya kalau banyak orang merasa cemas dengan kehidupannya. Jangan salahkan dirimu sendiri GanSis kalau kamu merasa takut. Kita semua pernah mengalami itu. Kita semua pernah mengalami stres dan frustrasi soal kehidupan. Wajar banget kok. Yang paling penting sebenarnya bagaimana hal ini nggak mengganggu keberlangsungan hidup kita. Jadi kita tetap bisa beraktivitas, tetap bisa mencari uang, bekerja, dan selalu berusaha untuk survive di kota besar ini.



Lelah badan pasti kita rasakan, tapi yang paling bahaya sebenarnya kalau sudah lelah mental. Karena kelelahan mental bisa berujung ke depresi. Sebenarnya ada cara mudah untuk bisa mengurangi kelelahan mental ini. Salah satunya adalah dengan berani berkata "Tidak!". Lho kok gitu?

The power of saying "NO!"

Kita akan merasakan ketenangan setelah menolak sesuatu yang kita rasa nggak pas dengan nilai-nilai yang kita percayai. Atau sesimpel menolak sesuatu karena kita memang sedang tidak dalam kondisi sanggup untuk mengerjakannya. Kadang memang ketika kita mengeluarkan kata "tidak" untuk menolak, kita harus siap memberikan penjelasan panjang lebar soal itu. Kok nggak mau? Kenapa? Kadang kita malas untuk melakukan itu. Karena seringkali orang-orang nggak terima kalau jawabannya "Ya nggak mau aja". Karena nggak semua hal harus kita jelasin ke semua orang kan?

Kompas.com  menulis bahwa keberanian untuk bilang "Tidak!" bisa mencegah kita mengalami perasaan lelah yang berlebihan; dalam konteks pekerjaan. Jadi mulai sekarang kalau kamu sudah merasa overload dalam pekerjaan kamu di kantor, kemudian ada request yang datang mendadak dan ternyata harus dikerjakan dengan cepat, kamu harus berani dan tegas untuk bilang "Tidak!". Nggak cuma soal kerjaan, ini juga berlaku dalam hubungan pertemanan dan asmara.

Beberapa hal sederhana lain yang bisa mengeluarkan kita dari kondisi kelelahan mental di antaranya:


Quote:




Spoiler for Sumber foto:


omenimbuzz
redzoneimperium
frans_qu
frans_qu dan 6 lainnya memberi reputasi
7
6K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan