Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zayyan123Avatar border
TS
zayyan123
Penjelasan Lengkap ABAP – Bahasa Pemrograman Sistem SAP
Jadi apakah kalian sudah mengetahui apa itu bahasa pemrograman Abap? Buat kalian yang belum tau saya akan jelaskan terlebih dahulu. ABAP adalah bahasa pemrograman generasi keempat (4GL) pertama kali dikembangkan pada tahun 1980an yang khusus digunakan untuk membuat report, form, modifikasi (customizing) ataupun membangun sistem SAP R/3.
Untuk SAP R/3 sendiri merupakan salah satu dari sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang dikeluarkan oleh SAP dan paling banyak dipakai di dunia, sebagai salah satu penyedia solusi aplikasi bisnis bagi perusahaan-perusahaan besar di dunia.



Foto : udemy


SAP juga mengeluarkan produk-produk lain seperti CRM (Customer Relationship Management) dan BW (Business Warehouse)yang juga menggunakan ABAP untuk membangun sistemnya.

Awal mulanya diambil nama ABAP yaitu diambil dari bahasa jerman Allgemeniner Berichts Aufbereitungs Prozessor yang dalam bahasa Inggisnya bearti general report preparation processor. Jadi sesuai dengan namanya ABAP dulu diperuntukkan untuk membuat report.

ABAP adalah bahasa pemrograman pertama yang memasukkan konsep Logical Database yang memberikan abstraksi tingkat tinggi dari database tingkat dasar. Pada awalnya ABAP diperuntukkan juga bagi pengguna biasa (end-user) sehingga dapat memanipulasi datanya sendiri, akan tetapi untuk bahasa pemrograman generasi keempat ini sangat kompleks untuk pengguna biasa, sehingga kemampuan pemrograman yang cukup masih diperlukan untuk membuat program ABAP.

ABAP saat ini digunakan sebagai dasar pembuatan aplikasi client server SAP R/3. SAP pertama kali meluncurkan produk R3 pada tahun 1992. Perkembangan teknologi computer client server pun mulai berkembang dengan pesat sepanjang tahun 1990an, banyak sekali aplikasi SAP dikembangkan menggunakan bahasa ABAP, hingga pada tahun 2001 saja hampir semua fungsi-fungsi dasar system SAP R/3 ditulis dalam bahasa ABAP.

Akhirnya bahasa ini pun juga mulai berkembang menjadi suatu application development tool dengan berbagai fitur. Dan untuk namanya pun berubah menjadi Advanced Business Application Programming.

Lalu apasih hubunganya antara SAP dan ABAP? Oke jadi ABAP ini adalah bahasa pemrograman milik SAP yang ditunjukan untuk pengelolaan perusahaan skala besar dan menengah.

Untuk saat ini SAP sendiri sudah mulai booming di Indonesia. Selain karena telah memiliki business process terstandar, kode-kode ABAP di SAP maintainable. Salah satu perusahaan susu terbesar di Indonesia ini salah satunya yang menggunakan SAP karena sebelumnya aplikasi internal mereka dikembangkan dari Java dengan alasan maintainability. Hal ini disebabkan ketika mereka perlu mengkustomisasi ulang aplikasi yang telah mereka gunakan, mereka juga kesulitan menemukan konsultan Java yang mampu mengembangkan aplikasi tersebut, sementara perusahaan konsultan yang mengembangkan aplikasi tersebut telah bubar.

Untuk konsultan SAP terbagi menjadi tiga bagian utama : Fungsional, ABAPer, dan Basis. Fungsional bertugas untuk mengidentifikasi requirement user dan menuliskan Functional Spesification yang selanjutnya akan diterjemahkan menjadi baris-baris kode pemrograman ABAP oleh ABAPer. Hasil kode ABAP kemudian diuji oleh fuctional, dan jika telah sesuai, maka program yang dikembangkan ABAPer tadi di-transport ke Production System oleh Basis. Untuk Basis juga melakukan  instalasi SAP dan Database Management System.

Oke jadi gimana sudah mengetahui apa itu ABAP dan apa hubungan SAP dan ABAP? Jika kalian sudah tau, kali ini saya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar SAP.

 
Apa itu Production System?


Jadi begini dalam suatu sistem SAP, biasanya terdapat beberapa client yang ditunjukkan oleh bilangan unik sepanjang tiga digit. Client ini menentukan ke subsistem mana seorang user yang akan masuk. Pada umumnya, terdapat tiga subsistem pada instalasi SAP diataranya yaitu Development System, QA & Test System, dan Production System. Seorang user akan login ke Production System untuk melakukan tugas hariannya. Dan apabila dengan adanya mekanisme client ini dapat mencegah perubahan data atau hilangnya data penting dari database ketika aplikasi ABAP dikembangkan. Perubahan data hanya dapat dilakukan melalui aplikasi yang benar-benar teruji da ter-transport ke production system.

 
Siapa yang Menggunakan SAP Software?

Untuk software SAP sendiri tergolong cukup mahal dan pada umumnya hanya dibeli oleh perusahaan besar. Hal ini dikarenakan fungsi utama dari software SAP adalah mengotomatisasi proses bisnis dari sebuah perusahaan tertentu.
 
Bagaimana Cara Mengoperasikan Program SAP?


Bisanya perusahaan akan menyewa konsultasn SAP untuk dapat mengimplementasikan program SAP dan mengurus pelatihan karyawan mereka tentang bagaimana cara kerja SAP.

 
Bagaimana Cara Belajar SAP?


Ada 2 cara untuk belajar SAP yaitu :


1.    Otodidak : Kamu bisa cari materi-materi seputar SAP di Internet dan diaplikasikan sendiri melalui server (yang anda cari sendiri). Walaupun ini opsi yang lebih murah, namun untuk pencarian materi SAP gratis ini agak susah dan terbatas, jadi kamu harus banyak research. Dan yang lain dari opsi ini adalah kamu tidak bisa mendapatkan certificate of completion/attendance yang merupakan salah satu dari persyaratan untuk ambil ujian sertifikasi konsultan SAP.
 

2.    Training dengan Partner Official SAP : Ada dua cara untuk belajar SAP melalui partner official SAP yaitu dengan metode in-class dan metode e-learning. Perbedaanya hanyalah beberapa banyak waktu dan uang yang mau kamu investasikan untuk keperluan belajar SAP. Memang training dengan Official SAP seperti Monsoon Academy kamu perlu mengeluarkan investasi awal. Namun kamu akan mendapatkan materi lengkap seputar SAP untuk module pilihan kamu serta module-module lainnya serta latihan untuk pengambilan test ujian setifikasi konsultan SAP. Setelah selesai training, kamu akan mendapatkan certificate of completion/attendance dan telah memenuhi persyaratan untuk ambil ujian sertifikasi SAP.

SUMBER : [url]http://www.laptopsiipat.com/2018/07/penjelasan-lengkap-abap-bahasa-pemrograman-sistem-asap.html[/URL]


Diubah oleh zayyan123 23-07-2018 09:33
nona212
nona212 memberi reputasi
2
7.9K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan