adnan.radit13Avatar border
TS
adnan.radit13
[SHARE & CARE] Bengkel Mobil Bagus & Berkualitas (Surabaya, Sidoarjo, Gresik)
Dear agan2 sekalian,
 
Bagi agan2 pemilik roda empat area surabaya, sidoarjo, gresik, dan sekitar, yuk kumpul di thread ini untuk share info mengenai bengkel mobil yang berkualitas & bisa dibilang "tidak nakal" di sekitar area surabaya raya.


TS sedikit cerita mengenai latar belakang dibuatnya thread ini..

 
TS adalah pemilik mobil keluaran tahun lawas (bisa dibilang umurnya udah lewat sweet seventeen, waktunya punya pacar.. eeeh). TS sendiri baru beli mobil ini sekitar 1 tahun an, krn sebelumnya TS gak pernah beli mobil second jadi kali ini mau berbagi pengalaman mengenai perawatan & perbaikan nya (khususnya bengkel mobil yang udah pernah TS datangi).


 emoticon-Malu*Ilustrasi mobil jadul milik TS*emoticon-Salam Kenal


Merawat mobil tua sendiri bisa dibilang gampang2 susah. Sisi gampang nya service mobil tua tsb gak perlu harus ke bengkel resmi, karena gak worth it sekali untuk biaya jasa & harga part nya. So kita bisa bawa ke bengkel umum non resmi mana aja.
Tapi di sisi lain kita harus pintar pilah2 bengkel mana yang bagus & cocok untuk mobil kita, krn untuk mobil keluaran lama.. gak semua bengkel umum non resmi bisa menangani mobil kita dengan benar. Kalau apes dapat bengkel yang ngawur, bisa2 mobil kita malah makin tua sebelum waktunya...
 
 
Ok lanjut dengan share pengalaman TS setahun belakangan ini melakukan perawatan & perbaikan mobil tua. Berikut adalah report bengkel yang pernah TS datangi beserta detail info nya:
 
1. FR Bengkel Mobil Cak N*R (Specialist Understell)

Awal mula TS sedang perjalanan jemput bokap ke stasiun turi, tapi ditengah jalan mobil TS kerasa bunyi gluduk2 di bagian roda depan. Akhirnya dengan perasaan cemas & was2 TS melanjutkan perjalanan sambil pelan2. TS kemudian antar bokap ke daerah menganti, nah kebetulan pas lewat daerah tsb TS lihat ada 1 bengkel yang buka. TS akhirnya masuk kebengkel untuk tanya sekalian konsiltasi mengenai bunyi gluduk2 di mobil TS. Setelah dicek ternyata si montir memberi penjelasan bahwa ada kerusakan di karet balljoint roda depan & ada yang harus di stell tie rod nya (Kalau gak salah penjelasan nya seperti itu). Akhirnya tanpa pikir panjang TS mengiyakan untuk di ganti & diperbaiki. Karena waktu itu gak ada bengkel lain yang buka, TS gak pake nanya berapa biaya perbaikan nya. So begini detail kerusakan & biaya nya.

Bengkel : Bengkel Understel Cak N*r
Alamat: Jl. Raya menganti (Dekat greensmart menganti)
Perbaikan:
- Ganti Karet Balljoint
- Stel Tierod
- Beli 1 set baut velg modif

- Spooring balancing 4 roda
Dc: Total sekitar 600k - 700k
Service experience: Montir cukup masuk akal dalam ksh penjelasan. Analisa kerusakan jg cukup baik (Gak mengada2 bertele2). Trus kalau mau ganti apa2 pasti tanya dulu ke TS. Montir juga kasih bukti part yang rusak & apa yang diganti. Kalau perihal harga total relatif sih *silakan di asumsikan sendiri krn ukuran tiap orang beda2 (Mungkin sedikit lbh mahal krn waktu itu bertepatan H-1 lebaran, gak ada bengkel lain yang buka) emoticon-Mewek


2. FR Bengkel AC Mobil Anu*r*h J*ya (Specialist AC Mobil)

 
Hari sabtu pagi hari TS lagi duduk ganteng di teras rumah, sambil nungguin nasi mateng bt sarapan. Karena bingung nungguin lama akhirnya TS ambil kunci mobil mau manasin mobil biar gak kerasa lapernya. TS stater mobil trus masuk ke dalem mobil tapi kok TS kerasa RPM mobil baik sendiri smp 2500 dan agak beda dari biasa. Setelah itu TS nyalain musik & AC, beberapa lama kok gak kerasa dingin padahal AC keluar angin. TS mulai curiga kalau ada yang gak beres sama AC nya. Akhirnya setelah sarapan TS inisiatif bawa mobil keluar sambil cari bengkel AC terdekat. Setelah muter akhirnya TS nemu sebuah bengkel AC mobil di daerah lakarsantri. karena sepi dan gak antri juga akhirnya TS masuk dan jelasin keluhan AC mobil nya.

Next buka kap mesin dan di cek oleh montir, pertama yang di cek adalah tekanan freon (Infonya tekanan OK dan gak masalah). Trus di cek lagi lebih dalam ternyata kompresor gak UP alias mati, suspect pertama dari electrical / kabel. Di cek di bagian mesin gak maslah, akhirnya montir masuk ke dalam mobil. Ternyata setelah ditelusuri, ketahuan kalau switch otomatis AC (posisi di dalem dashboard penumpang kiri) rusak. Dicoba bypass gak pake switch, kompresor bisa nyala dan AC dingin. Akhirnya TS ditawari untuk ganti switch dan OK.

Bengkel : Bengkel Anu*r*h J*ya (Specialist AC Mobil)

Alamat: Jl. Raya lakarsantri (Dekat traffic light kantor kecamatan menganti, masuk ke arah made. Kanan jalan sebelum koramil)
Perbaikan:
- Cek tekanan freon
- Cek electrical AC
- Ganti Switch Otomatis AC
 
DC: Total biaya sekitar 100k-150k (termasuk part)
Service Experience:  Menurut penilaian nubie sih waktu yang dibutuhkan untuk analisa kerusakan nya cukup cepet untuk kerusakan electrical. Montir jg kooperatif & enak diajak diskusi, bisa njelasin ke TS masalah dmn. Emang bengkel nya gak terlalu besar, tapi stok part nya ada. Dan 1 yang jadi nilai positif menurut TS biaya nya murah, di nota cm di tulis beli part switch gitu aja. emoticon-Shakehand2
 
 
 
 
Okeeeee…
Karena keterbatasan waktu sementara itu dulu share pengalaman TS mengenai bengkel yang udah pernah dikunjungi. Ada beberapa bengkel lg yang bakal TS share di posting an berikutnya. Smoga secuil info diatas dapat berguna bt temen2.


 
Satu lagi yang TS harapkan dari dibuka nya thread ini adalah, respon dari kaskuser sekalian di area surabaya raya untuk aktif share pengalaman di bengkel mobil yang pernah dikunjungi. Bengkel mobil nya bebas bisa bengkel umum, specialist understel, bengkel mesin, bengkel AC, bisa juga service radiator, Toko ban velg, Toko ACCU, bengkel repair body maupun bengkel variasi.



Tujuan utama dari forum ini adalah, berbagi info & pengalaman seputar Bengkel Mobil area surabaya, gresik, sidoarjo, agar kita sebagai pemilik kendaraan roda 4 / mobil dapat lebih mudah dalam memilih bengkel yang sesuai dengan kebutuhan kita. Tentunya kita sebagai pemilik mobil slalu menginginkan service dari bengkel yang berkualitas & bagus, serta menghindar bengkel2 “nakal” yang mematok tariff biaya tinggi tapi kerjaan tidak berkualitas.
 
 
 
 
Mari saling berbagi informasi,

Mari saling berbagi pengalaman,

Dan mari saling mencerdaskan sesama..


emoticon-2 Jempolemoticon-I Love Indonesiaemoticon-Kaskus Banget












0
6.6K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan