Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

berbagi274Avatar border
TS
berbagi274
Mengintip Meriahnya Kirab Budaya Kabupaten Cirebon 2019


Bicara soal budaya, Indonesia adalah tempatnya. Setiap daerah di Indonesia mempunyai khas tersendiri. Kabupaten Cirebon pun kaya akan budaya lokal yang sangat khas. Batik, Sintren, Tarling, dan lain-lain.

Nah hari ini istimewa, GanSis. Pagi tadi saya dan beberapa rekan kerja ikut Kirab Budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Cirebon 2019 yang ke-537. Tepatnya tanggal 2 April 2019 mendatang.

Ini kali pertama saya ikut kirab budaya, pertama kali diajak pak Camat untuk ikut meramaikan. Namun, alih-alih meramaikan saya malah tidak bareng dengan barisan Kecamatan Sumber tempat saya kerja. Saya dan beberapa teman malah berkeliaran melihat budaya lokal Cirebon yang melakukan parade dari KODIM Sumber menuju GOR Ranggajati Sumber - Cirebon.

Setiap kecamatan yang ikut Kirab Budaya menampilkan kearifan lokal daerahnya masing-masing. Saya sempat mengambil foto beberapa kecamatan dan yang menurut saya unik.

Spoiler for Tarian Sintren:


Setahu saya Tari Sintren ini sangat kental akan nuansa mistis. Dalam adegan aslinya sang penari menari dengan kesadaran dikuasi oleh makhluk gaib. Uniknya sang penari bisa ganti baju lengkap dengan baju penari dan kaca mata hitam dalam waktu yang sangat cepat.

Selanjutnya ada kesenian Barong. Ini fotonya, GanSis.
Spoiler for Seni Barong:


Kabupaten Cirebon juga terkenal dengan batik Megamendungnya. Sayangnya saya cuma berhasil menangkap satu foto dari Kecamatan Ciwaringin yang menampilkan batik khas daerahnya.

Sebenarnya yang cukup terkenal itu batik dari daerah Trusmi. Sayang gak sempet terkejar rombongan kecamatannya.

Oh iya for your information, GanSis--eh mungkin sudah tahu ya? Cirebon itu terkenal dengan Kota Wali. Terdapat makam Sunan Gunung Jati yang terletak di Kecamatan Gunungjati. Mungkin ini yang melandasi mereka memakai pakaian khas para Wali.



Masih banyak budaya lokal yang ikut dalam Kirab Budaya tadi pagi. Beberapa foto unik berhasil saya tangkap.









Meskipun seorang pendatang, tapi saya bangga jadi warga Cirebon. Banyak menyimpan budaya yang juga turut memperkaya budaya Indonesia.

Salah satu keunikan Cirebon yaitu meski bagian dari Provinsi Jawa Barat, tapi mempunyai bahasa sendiri. Bahasa Cirebon. Namun, ada juga sebagian wilayahnya yang berbahasa Sunda.

Makanan khasnya pun beragam, terutama makanan pokok. Ada Nasi Lengko, Nasi Jamblang, Empal Gentong, ah banyak dah pokoknya.
Diubah oleh berbagi274 30-03-2019 13:24
bekticahyopurno
Richy211
Richy211 dan bekticahyopurno memberi reputasi
10
3.2K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan