pranataandriAvatar border
TS
pranataandri
CERITA PERJALANAN BACKPACKER DI MALANG FEBRUARI 2018
SELAMAT PAGI!!!



Hai, Udah cukup lama ga produktif sejak terakhir nge-blog. Kali ini Saya mau sharepengalaman traveling ke Malang bareng temen temen Saya Dinna, Samuel, Vendri, dan Novri di Bulan Februari kemarin. Dengan persiapan satu bulan lebih dan berbekal waktu kurang lebih 5 hari dari Jakarta dan harus sampai Jakarta lagi, kami siap mengeksplore malang dengan berbekal sepeda motor. Saya akan menceritakan itinerary perharinya dan tips-tips agar bisa mengeksplor secara maksimal spot –spot tersebut. Dan di akhir artikel Saya akan melampirkan contact person yang bisa dipakai untuk ngebantu temen-temen menuju Malang!


Spoiler for "(Dari kiri ke kanan) Andri, Dinna, Vendri, Novri, Samuel":


Okay, jadi di tulisan ini akan Saya bagi menjadi beberapa chapter seperti biasa

Chapter 1: Itinerary perjalanan

Chapter 2: Cerita dan Tips Selama Perjalanan

Chapter 3: Contact Person

Dokumentasi pada blog ini menggunakan DJI Mavic Pro, Gopro Hero 5, dan LG G4 dari Dinna. Ayoo kita mulai!


Chapter 1: Itinerary Perjalanan


Rabu, 14 Februari 2018: Perjalanan dari Pasar Senen (PSE) menuju Malang (ML)
Kamis, 15 Februari 2018: Sarapan, menuju tempat penyewaan motor, menuju Mata Air Kalireco, menuju Kampung Wisata Jodipan, Check-inHomestay Pasar Tumpang dan  
Jumat,16 Februari 2018: Menuju Bromo (Sunrise); eksplor Bromo, menuju Coban Pelangi, menuju Homestay Chakra Residence Turen
Sabtu, 17 Februari 2018: Checkout homestay, Otw Lumajang, menuju Air terjun Tumpak Sewu, menuju Air Terjun Goa Tetes, Check-in Homestay Malang Selatan, sunset di Pantai Goa Cina
Minggu, 18 Februari 2018: Menuju Pantai Sendiki, menuju Pantai Teluk Asmoro, menuju Coban Nirwana/Coban Gedangan, mengembalikan motor dan pulang Menuju Jakarta

Chapter 2: Cerita dan Tips Selama Perjalanan
Rabu, 14 Februari 2018

Perjalanan kami dimulai dengan menggunakan kereta dari stasiun Pasar Senen menuju stasiun Malang. Perjalanan kurang lebih memakan waktu 14 jam. Baru 2 jam berangkat ada kejadian yang tidak mengenakkan yaitu mati lampu kereta. Kebayang ga? Itu kondisinya langsung panas banget, pengap. Tapi untungnya para awak kabin membantu untuk membuka jendela-jendela gerbong kereta agar para penumpang tidak kepanasan. Akhirnya setelah sampai di Stasiun Malang, kita diberikan kompensasi oleh KAI atas kejadian tersebut.


Spoiler for "Suasana Gerbong KAI saat mati lampu":




Quote:


Kamis, 15 Februari 2018

 

Hari pertama di Malang, Kami bela-belain mengantri panjang untuk mengambil kompensasi 50% dari KAI atas kejadian semalam. Lumayan cooy bisa ngasih DP ke sewa motor yee kan. Haha. Setelah itu kami mampir ke kios kuliner yang terletak persis seberang Stasiun Malang. Kalau temen-temen mampir ke stasiun pasti langsung lihat. Kita Sarapan dulu, lalu menuju tempat penyewaan motor yang terletak tidak jauh dari sentra kuliner tersebut. Kemudian setelah mendapat motor, kami tidak menunggu lama dan langsung cabut menuju Mata Air Kalireco. Kami sudah sangat gerah akan kehidupan! Pengen-cepet-cepet mandii mencoba kesegaran Mata Air Kalireco yang sungguh instagramablesekali!

Sekitar 1 jam perjalanan ke utara Malang untuk menuju Mata Air Kalireco. Setelah sampai kami agak terkejut dengan realita, haha. Kami terlalu termakan Instagram yang menunjukkan keindahan Mata Air Kalireco saat sepi. Setiba disana, kami baru tau kalau Mata Air Kalireco itu sudah cukup famousdikalangan warga dan sering dipakai mandi atau sekedar berenang-berenang, hahaha. Biru di dasar kolam kami pikir adalah biru alami tapi ternyata itu adalah ubin -,-“ Mata air ini memang mata air alami tapi pemandiannya adalah pemandian yang dibuat oleh warga sekitar. Karena ramai oleh warga, kami jadi mengurungkan niat untuk mandi disana, haha.


Spoiler for "Mata Air Kalireco":


Seketika kami langsung menuju kembali ke Malang. Kami menuju salah satu kampung yang terkenal akhir-akhir ini yaitu Kampung Warna-Warni Jodipan. Letak Kampung ini tidak begitu jauh dari stasiun Malang. Setelah membaca berbagai sumber dan bertanya dengan warga sekitar, awalnya kampung ini hanya kampung kumuh yang terletak di bantaran kali, akan tetapi ide mahasiswa-mahasiswa UMM mengubah kampung ini menjadi kampung kreatif yang menarik wisatawan dari berbagai daerah termasuk luar negeri, terbaik kan? Kampung Jodipan terkenal karena atap dan tembok di cat warna-warni sehingga kalau terlihat dari atas (dari jembatan atau aerial view drone) sungguh sangat menarik. Kampung ini berdekatan dengan kampung kreatif lainnya yaitu kampung tridi (3D, banyak lukisan-lukisan 3D disini) dan Kampung Biru Arema (kampung yang dicat biru dari tembok dan atapnya). Sore disana pun hujan karena kami kesana saat musim hujan. Kami menunggu hujan berhenti sambal makan indomie. Setelahnya kami mampir makan malam di Soto Ceker dekat stasiun lalu beranjak menuju ke Pasar Tumpang untuk check-inhomestay.


Spoiler for "Kampung Warna-Warni Jodipan":




Quote:


Jumat,16 Februari 2018

 

Hari kedua eksplor Malang! Tidak tanggung-tanggung hanya 2 jam kami tidur kami langsung dibangunin Mas Kenthung (sopir jeep kami) untuk persiapan sunrisekarena dari pasar Tumpang ke daerah Bromo masih membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Sekitar Jam 1:30 pagi setelah persiapan kami langsung menuju Bromo. Sesampai di pos registrasi kami menuju Pos Bukit Kingkong karena Penanjakan 1 sudah begitu mainstream. Karena datang pagi, Saya dan teman-teman masih kebagian di spot paling depan.


Spoiler for "Gunung Bromo view":


Setelah Sunrise, Kami langsung menuju kaki gunung Bromo untuk mengekplor keindahan alam di sekitar Gunung Bromo. Selama setengah hari kita eksplor Bromo, dari pasir berbisiknya, gunung bromo dan gunung batoknya (biarpun kami ga nanjak karena males rame banget) ke savannah bromo yang bagus banget kalau musim hujan, dan ke bukit teletubbies. Perjalanan hari itu kami akhiri dengan mengunjungi Air Terjun/Coban Pelangi yang terletak di kaki gunung semeru. Setelah sampai homestay, kami beres-beres dan langsung menuju daerah Turen untuk persiapan eksplor hari ketiga.


Spoiler for "Coban Pelangi":




Quote:


Sabtu, 17 Februari 2018

Hari ketiga, kami menuju daerah Lumajang untuk menikmati Air Terjun Tumpak Sewu. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun terbesar di Pulau Jawa yang bisa dibilang gak kalah keren dari Air Terjun Niagara Amerika. Kami mengikuti google mapsuntuk sampai di Pos Panorama Air Terjun. Oia, kami parkir di sisi Malang, bukan di sisi Lumajang. Pejalanan ke pos panorama hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit. Dan view yang diberikan t.e.r.b.a.i.k menurut Saya.


Spoiler for "Pos Parkir Via Malang (Google Maps)":


Untuk menuju kaki air terjun, kami harus melewati medan yang cukup menantang berupa 6 tangga vertikal. 3 Tangga pertama berupa tangga bambu dan 3 tangga terakhir berupa tangga besi yang setiap anak tanggalnya hanya muat 1 kaki. Menurut Saya ini cukup berbahaya apalagi kita tidak menggunakan safety beltsama sekali, haha. Tapi Kami dituntun rasa penasaran yang tinggi untuk mencapai Kaki Air Terjun Tumpak Sewu. Perjalanan turun kebawah menghabiskan waktu 1 sampai 2 jam, loh btw hahaha.


Spoiler for "Tumpak Sewu dari Panorama View":


Setelah puas di Air Terjun Tumpak Sewu dan agak kesal kalau balik melewati jalur yang sama, haha. Akhirnya kami pulang melewati arah Lumajang, yaitu sisi lain dari Air Terjun (seberangnya). Kami melewati banyak air terjun dan termasuk wisata alam Goa Tetes. Perjalanan ke atas pintu masuk membutuhkan waktu 1 sampai 2 jam. Disana kami menyewa ojek agar bisa kembali ke pos Malang.


Spoiler for "Tumpak Sewu dari sisi bawah":


Setelah bersih-bersih tiba-tiba hujan deras melanda. Tapi kami harus tetap berjalan agar sampai Malang Selatan tidak terlalu malam. Setelah sampai di Malang Selatan kami langsung check-indan saat sunset, kami menyempatkan diri sebentar ke Pantai Goa Cina. Karena letaknya yang langsung lepas pantai menurut Saya sih cocok untuk menghabiskan waktu sunset bersama temen-temen. Setelah menunggu matahari tenggelam sepenuhnya, Kami langsung beranjak kembali menuju homestay.


Spoiler for "Pantai Goa Cina":




Quote:


Minggu, 18 Februari 2018

Hari terakhir di Malang kami menghabiskan waktu di daerah Malang Selatan sampai setengah hari. Wisata alam lain yang kami kunjungi yaitu Pantai Sendiki. Biarpun agak jauh sedikit dan jalannya masih dibilang belum begitu baik, tapi waktu Kami kesana, Kami melewati ladang sawah yang masih hijau, bagus banget! Setiba di Pantai Sendiki, kami juga takjub dengan Pantai yang masih asri dan terawat ini. Pasir putih terhampar di bibir pantai yang cukup panjang.


Spoiler for "Sawah sebelum Pantai Sendiki":


Lalu ada Pantai Teluk Asmoro. Sesampai disana kurang lebih jam 10 sudah ramai banget. Banyak bis, mobil pribadi, elf, dan motor. Yaa mungkin karena long weekend.Tapi tempat ini emang cocok untuk santai di pantai bareng keluarga sambil main ombak yang bisa dibilang tidak terlalu besar.


Spoiler for "Pantai Teluk Asmoro":


Wisata alam terakhir Kami yaitu Air terjun Nirwana / Coban Gedangan. Air terjunnya bagus biarpun jalan menuju kesana sulit. Tidak begitu lama dari tempat ini kami langsung menuju Malang Kota lagi untuk persiapan kembali ke Jakarta.


Spoiler for "Pantai Sendiki dari HP Dinna":





Quote:


Chapter 3: Contact Person

Berikut kontak-kontak yang temen-temen bisa pakai untuk membantu temen-temen saat eksplor Malang

Mas Rafi Sewa Motorku Malang 0823-0655-0681

Pak Suprayitno Guide Sempu 0853-3651-1970

Mas Kenthung Jeep Malang 0822-4536-8355

Mas Wus Pantai Sendiki 0812-8189-4139

Homestay Pondok Bamboe Sendang Biru 0812-3484-865


Masih banyak banget wisata alam di Malang yang masih jarang terekspos. Dan Suatu saat kalau ada waktu dan rezeki pasti Saya balik lagi untuk menikmati keindahan alam Malang. Sekian dokumentasi singkat sewaktu Saya ke Malang, sampai jumpa di kesempatan selanjutnya dan jangan berhenti menikmati keindahan alam Indonesia.

 

Apabila ada yang mau ditanyakan, monggo bisa ke :

Whatsapp : 08118-337-337

Line ID : pranataandri

Follow instagram Saya juga yaa buat liat2 hasil dokumentasi Saya selama perjalanan trip kemanapun.

Instagram : pranataandrii

Mampir juga ke youtube ane ya gann hehe




Spoiler for "Never Stop Exploring Indonesia":


Diubah oleh pranataandri 22-04-2018 17:21
tata604
tata604 memberi reputasi
2
15.3K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan