cowoalayAvatar border
TS
cowoalay
Jenis-jenis sol pada sepatu sepak bola


Jika kita berbicara tentang sepatu bola, pasti  akan ada banyak sekali ragam dan inovasinya. Tidak jarang hal tersebut akan membuat kita bingung dalam memilih sepatu yang akan kita gunakan. Ada banyak sekali yang bisa kita bahas mengenai sepatu bola ini, mulai dari kualitas, merek, model/ tipe, warna, bentuk, bahan, kegunaan dan masih banyak lagi. Pada edisi kali ini kami akan membahas secara khusus mengenai jenis-jenis sol pada sepatu bola.Yang kami maksud dengan sepatu bola di sini adalah sepatu yang digunakan untuk menendang bola, yaitu yang bisa digunakan untuk olahraga futsal dan sepakbola. Untuk membedakan jenis sol sepatu ternyata tidak tergantung pada olahraga indoor atau outdoor, tetapi lebih dibedakan berdasarkan kondisi lapangan yang digunakan. Berikut jenis-jenis sol sepatu bola yang di sesuaikan dengan kondisi lapangan.

1.    Soft Ground (SG)Sepatu yang meggunakan Sol SG adalah khusus sepatu sepakbola. Jenis sepatu yang menggunakan sol ini biasa digunakan di lapangan yang  bermedan lunak atau soft, sangat cocok digunakan pada keadaan lapangan setelah hujan atau pada saat pagi hari karena pada waktu ini biasanya masih banyak embun yang menempel sehingga akan membuat lapangan sedikit basah.  Sol SG ini memiliki ciri utama memakai 2 stud belakang (pul) dan 7 stud depan, bahan outsole biasanya dari TPU (plastik) dengan ujung stud berbahan aluminium.

2.    Firm Ground (FG)Sepatu dengan Sol FG ini juga termasuk tipe sepatu sepakbola. Jenis sepatu yang menggunakan sol ini biasa digunakan di lapangan dengan kekerasan sedang. Sol FG ini memiliki ciri utama memakai 4 stud belakang dan 9 stud depan, bahan outsole biasanya dari TPU (plastik).

3.    Hard Ground (HG)Sepatu dengan Sol HG ini juga termasuk tipe sepatu sepakbola. Jenis sepatu yang menggunakan sol ini biasa digunakan di lapangan keras/ kering. Sol HG ini memiliki ciri utama memakai 4 stud belakang dan 11 stud depan, bahan outsole biasanya dari rubber (karet) atau TPU yang soft.

4.    Artificial Ground (AG) / Indoor (IN)Jenis sepatu sol yang ke empat ini sedikit banyak sudah saya ulas pada artikel saya di perbedaan sepatu futsal Sol IC dan Sol TF. Sepatu dengan Sol AG memang di peruntukkan untuk lapangan indoor (FUTSAL). Sol AG sendiri dibedakan lagi menjadi 2 macam jenis sol, yakni Sol IC dan Sol TF.

Source: Bola.net
0
12.1K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan