hasanahchia12Avatar border
TS
hasanahchia12
TARIF ONGKIR POS INDONESIA NAIK DRASTIS


Sejak awal tahun 2019 terdengar isu bahwa tarif ongkir expedisi Pos Indonesia akan mengalami kenaikan drastis. Dan ternyata bukan hanya sekedar isu belaka,Pos Indonesia resmi menaikkan tarif pengiriman barang sebesar 30 persen pada Januari 2019 atau paling lambat yaitu pada awal Februari 2019. Direktur Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Eddy Santosa menyebut kenaikan ini merupakan bentuk penyesuaian karena adanya perubahan biaya logistik dalam beberapa tahun terakhir.



Eddy menjelaskan bahwa kenaikan tarif ini salah satunya disebabkan oleh kenaikan tarif pesawat, namun tidak menjadi faktor utama. "Kalau ngikutin itu saja, bisa menyesuaikannya ke atas langit, kasihan customernya, kasian masyarakatnya." Walau ada kenaikan tarif pesawat beberapa tahun terakhir, PT Pos Indonesia memastikan tidak seluruhnya dibebankan ke konsumen.
(Sumber kenaikan tarif Tempo.co)



Kenaikan harga di Pos Indonesia membuat sejumlah para pembisnis Online Shop dan Customer mengeluh pasalnya harga kenaikan yang cukup drastis. Para pembisnis Online Shop dan Customer lebih banyak mengalihkan kiriman ke expedisi lain yang tarifnya lebih murah dibawah harga Pos Indonesia.



Namun meskipun tarif ongkir Pos Indonesia mengalami kenaikan,masih ada sejumlah masyarakat yang masih memakai jasa Pos untuk mengirimkan barang mereka. Selain jasa pengiriman barang,Pos Indonesia juga menawarkan pelayanan lainnya seperti jasa pembayaran.

Pos Indonesia memang sudah sangat terkenal dan bisa dibilang jasa pengiriman barang pertama di Indonesia,setelah itu baru muncul beberapa expedisi jasa pengiriman barang yang bisa kita lihat sekarang sudah banyak perusahaan yang membuka kantor expedisi barang dengan harga tarif ongkir yang bersaing dan berbagai jenis pelayanan.



Sejarah mencatat keberadaan Pos Indonesia begitu panjang, Kantorpos pertama didirikan di Batavia (sekarang Jakarta) oleh Gubernur Jenderal G.W Baron van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746 dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan bagi mereka yang datang dari dan pergi ke Negeri Belanda. Sejak itulah pelayanan pos telah lahir mengemban peran dan fungsi pelayanan kepada publik.Setelah Kantorpos Batavia didirikan, maka empat tahun kemudian didirikan Kantorpos Semarang untuk mengadakan perhubungan pos yang teratur antara kedua tempat itu dan untuk mempercepat pengirimannya. Rute perjalanan pos kala itu ialah melalui Karawang, Cirebon dan Pekalongan.
(Sumber sejarah posindonesia.co.id)

Ternyata Pos Indonesia sudah lama sekali berdiri,selama puluhan tahun membantu masyarakat Indonesia untuk mengirimkan barang mereka sampai ke plosok negri. Dengan kenaikan tarif yang begitu drastis,kita doakan saja semoga harga bisa kembali normal seperti dulu agar tidak terlalu membebankan masyarakat.

emoticon-Cendol Gan
nanas9705
hahaha020597
hahaha020597 dan nanas9705 memberi reputasi
2
3.9K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan