fajraadhaAvatar border
TS
fajraadha
Bisakah Bulan Menjadi Milik Suatu Negara Atau Perusahaan?


Neil amstrong katanya adalah orang pertama yang berhasil mendarat di bulan. Mendarat dengan pesawat luar angkasa apollo 11 pada bulan juli 1969.



Semenjak keberhasilan neil amstrong menginjakan kaki ke bulan. Banyak negara - negara lain yang berlomba lomba menuju bulan.



Tujuannya beragam, mulai dari alasan ilmu pengetahuan hingga yang terkini adalah untuk menggali sumber daya alam seperti emas, platina, atau logam mulia yang ada disana. Mulai dari negara tiongkok yang memiliki misi menanam sayur kol dan kentang dan sudah berhasil menumbuhkan bibit kapas di bulan. Hingga negara india yang terbaru mengirimkan pesawat luar angkasa menuju titik terjauh bulan.

Tapi apakah bulan dapat diakuisisi suatu negara atau suatu perusahaan?



Menurut ketentuan PBB tidak ada negara yang bisa mengklaim atau menjadikan sesuatu yang berasal dari luar angkasa sebagai hak milik. Misalnya ketika NASA pertama kali mencetuskan progaram apollo dan berkeinginan mendaratkan pesawat luar angkasa ke bulan, PBB membuat dan menerbitkan perjanjian yang mengikat bahwa "luar angkasa, bulan serta planet planet lainya tidak termasuk kepada subyek akuisisi untuk sebuah kedaulatan" kesepakatan ini ditanda tangani pada tahun 1967 oleh negara uni soviet, amerika serikat dan inggris.



Karena kesepakatan dan perjanjian tersebut pengibaran bendera yang dilakukan neil amstrong menjadi tidak berlaku dan diakui oleh PBB.

Dan pada tahun 1979 PBB kembali membuat kesepakatan dengan negara - negara yakni mengatur bahwa benda luar angkasa serta aktivitas di bulan harus dipergunakan dan ditujukan untuk kepentingan bersama dengan tujuan agar menciptakan kedamaian di bumi.



Selain itu PBB juga harus mengetahui apa tujuan, misi serta aktivitas yang akan dilakukan di luar angkasa. Serta jika suatu negara ataupun perusahaan berniat untuk membangun stasiun luar angkasa PBB juga wajib mengetahui titik tempat dibangunnya stasiun luar angkasa tersebut. PBB berpendapat bahwa bulan dan luar angkasa adalah warisan bersama bagi umat manusia. Tapi sayangnya perjanjian tersebut belum ditanda tangani oleh negara besar yang sering melakukan jelajah antariksa seperti china, amerika serikat, inggris dan rusia.



Tapi sayangnya seiring meningkatnya keinginan negara - negara ataupun perusahaan yang hendak mengekplorasi bulan dan antariksa maka mungkin dimasa yang akan datang semua negara berlomba lomba mengklaim dan berlomba untuk mengakuisisi luar angkasa.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Tulisan : opini TS
Gambar : google
Referensi : ini
6
6.6K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan