Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aldysadiAvatar border
TS
aldysadi 
[Sharing] Aldys VS Kulit Kering, Berjerawat dan Sensitif

Quote:


Hello, GanSis....

I am Aldys, and You? emoticon-Kiss (S)


Kulit kering, berjerawat dan sensitif adalah permasalahan kulit yang terkadang dialami oleh Agan dan juga Sista. Apakah GanSis pernah atau sedang mengalaminya? Yuk, kita bahas habis-habisan di sini!.

Quote:


Tipe Kulit Aldys

Tipe kulit Al berminyak dan clog pronealias gampang berkomedo makanya al lebih suka pakai bedak tabur (dalam hal ini bedak bayi).


Insiden Kulit Kering Berjerawat dan Sensitif

• Gara-gara Liburan

2 bulan lalu, al liburan ke 3 kota, yaitu Bandung, Bekasi dan Jakarta. Rutenya, Palembang-Bandung, Bandung-Bekasi, Bekasi-Bandung, Bandung-jakarta, Jakarta-Palembang.

Seperti kalian tau, kota Bandung itu sejuk (baca : dingin), cukup kontras dengan kota Al, Palembang yang cenderung panas.

Kota Bekasi, [I]beuwhh
, jangan ditanya, badan serasa masuk oven saat berada di kota tersebut sedangkan Jakarta, cenderung panas.


• Rhinitis Alergi

Kalau GanSis perhatikan rute liburan Al itu, bolak-balik, bolak-balik. Dari dingin ke panas, panas kedingin, dingin ke panas lagi.

Alhasil, Aldys sering sakit dong! Hahaha. Untungnya, liburan tetep jalan. Jika GanSis pernah membaca thread Al yang berjudul, [Sharing] Ternyata Rhinitis Alergi dan Demam Bikin Mukaku Jerawatan.

Jadi, Aldys memiliki alergi menyebalkan yang bernama Rhinitis Alergi (RA). Alergi ini membuat al rentan sakit dan tertular penyakit.

Perubahan suhu secara mendadak waktu liburan itu membuat RA kambuh.


• Air Tanah Membuat Kulit Al Iritasi

Spoiler for Ilustrasi kulit iritasi:


Selain RA, Kulit al juga mengalami iritasi karena gak cocok sama airnya sewaktu di Bandung.

Airnya bukan dari PAM melainkan air tanah. Sebenarnya, airnya nampak seperti air PAM biasa dari segi warna, bau dan rasa makanya Al gak ngeuhkalau itu air tanah.

Namun, air tersebut meninggalkan noda berupa bercak putih pada benda-benda yang berada di kamar mandi, contoh : ember.


• Dampak pada Kulit

Komposisi dari RA, udara dan iritasi kulit, sukses membuat kulit wajah al yang aslinya berminyak berubah jadi super kering, berjerawat dan sensitif.

Jenis jerawat yang muncul adalah pustula dimana dasar yang merah dan kepala putih berisi nanah.

Kalau lagi parah malah suka gatal-gatal. Gak cuma di wajah, bahu, punggung dan bibir juga.

Yang paling ganggu, bibir jadi kering kerontang dan kasar. Berasa banget kayak kemarau. Tangan jadi geratilan narik-narik kulit matinya karena risih dan bener-bener ganggu penampilan.

Alhasil, bibir berdarah-darah dan pedih, aaahhh keseelll!.
emoticon-Frown


Berbagai Cara yang Al Lakukan untuk Mengatasinya

• Menggunakan Air Galon

Spoiler for Ilustrasi :


Al paling lama liburan di Bandung sehingga cukup lama mengalami masalah kulit karena menggunakan air tanah yang membuat kulit al iritasi.

Demi mengurangi dampaknya, al terpaksa mencuci muka, sikat gigi dan berwudhu menggunakan air galon.

Hasilnya, dry patches(bagian kulit yang kering/bersisik) dan gatal-gatal agak berkurang. Namun, tidak begitu banyak pada bagian bibir.
emoticon-Frown

• Memilih Skincare yang Tepat

Berbekal hasil konsultasi ke dokter kulit dan rajin membaca thread tentang kecantikan, al jadi selektif dalam memilih skincare.

Jangan sampai produk yang digunakan malah memperparah kondisi wajah. Al menghindari produk dengan kandungan eksfoliasi dan produk yang bisa membuat kulit jadi kering.

- Toner

Spoiler for natrep:


Al menggunakan Nature Republic Aloe Vera Gel sebagai toner. Pakenya hanya di malam hari. Al gak bisa komentar apakah dia benar-benar efektif untuk jerawat karena kalau pun iya, kurang nampol menurut Al.

Jadi, Al gak berharap banyak. Akan tetapi, sebagai toner, dia mayan lah bikin kulit gak kusem dan enak dilihat makanya sampai saat ini pun al tetap pakai.

Asal tau aja, awalnya, al menjadikannya sebagai pelembab di siang hari.

Tak pikir, aloe vera kan bagus sebagai pelembab, tapi malah bikin kulit dan bibir jadi makin kering. Padahal, udah berharap banyak sama produknya.
emoticon-Frown

Isinya banyak, sayang banget kalau gak ke pake. Akhirnya, al inisiatif untuk menggunakannya hanya di malam hari.

Beruntung, efek keringnya gak gitu terasa. Namun, gak rekomendasi kalau untuk bibir. Takutnya, bibir malah makin kering.

Hasil googling, al menemukan cukup banyak reviewer yang bernasib sama dengan al saat menggunakan natrep(nature republic).

Biasanya, obat dengan kandungan anti jerawat bikin kulit kering. Mungkin, hal itu juga berlaku pada natrep. Banyak yang bilang karena kandungan alkoholnya.

Menurut al, natrep lebih efektif digunakan sebagai toner daripada sebagai pelembab dan lebih cocok untuk tipe kulit berminyak.

Saran al, jika GanSis mengalami hal yang sama, coba gunakan natrepnya pada malam hari saja.


- Aloe Vera Gel untuk Second Cleansing

Spoiler for natrep :


Lagi-lagi, aloe vera gel dari nature republic!. Al pakai produk ini untuk second cleansing. Caranya, Setelah cuci muka, baurkan cukup banyak gelnya ke wajah.

Pijat wajah perlahan gak lebih dari 1 menit. Lalu, usap dengan kapas dan taraaaa, sisa kotoran dan kulit mati udah nempel ke kapas. Wajah jadi bener-bener bersih dan segar.


- Sabun Pencuci Wajah

Spoiler for Ilustrasi :


Berhubung si natrep punya efek bikin kulit kering, al pilih sabun pencuci wajah yang bukan buat jerawat supaya kulit gak kering.

Mereknya random, yes!. Apa pun yang tersedia di kamar mandi al bisa pakai karena nih muka udah dilatih biar gak manja, kecuali di kondisi tertentu, hehe.


- Obat Anti Jerawat

Spoiler for precious ac :


Al cari obat anti jerawat yang alami karena resiko bikin kering bisa dimininalisir. Al pakai Precious AC Detox Miracle Essence.

Beli karena banyak yang bilang bagus. Dia adalah serum anti jerawat dengan kandungan tea tree oilsehingga baunya mirip minyak kayu putih. Berasa bayi lagi dah, Gaes pakai ini, wkwk.


- Pelembab Wajah

Spoiler for mizon :


Al pakai Mizon Collagen Power Firming Eye Cream. Ini aslinya buat lembabin area mata, tapi bisa juga untuk seluruh wajah. Al pakein juga ke bibir yang kering. Sangat membantu untuk melembabkan.



- Bedak Tabur

Spoiler for bedak salicyl :


Untuk mengatasi rasa gatal di kulit, al pakai bedak tabur yang mengandung Salicyl dari kimia farma. Bedak ini benar-benar bikin nyaman kulit. Begitu dipakai langsung ngefek.


Hasil Perawatan

Hasil dari perawatan intensif tersebut, kulit wajah jadi lebih kalem. Saat masih di Bandung, memang gak 100% balik. Kalau dikasih angka 1-10, nilainya 8.

Waktu liburan di Jakarta (gak ke Bandung lagi karena langsung balik ke Palembang) kulit benar-benar udah normal.

Seperti yang al bilang sebelumnya, aslinya kulit al berminyak. Jarang jerawatan, kecuali lagi dapet (haid).


Quote:




EITTSS...JANGAN LUPA GAES!!!

RATE 5 emoticon-Rate 5 Star
SHARE emoticon-pencet
KOMEN emoticon-nulisah
CENDOL emoticon-Cendol Gan
ADD FRIEND emoticon-Shakehand2



Quote:
swiitdebby
Cahayahalimah
Cahayahalimah dan swiitdebby memberi reputasi
5
11.1K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan