robyut27Avatar border
TS
robyut27
Cara Mengurus STNK Hilang Lebih Mudah Ketimbang Pakai Calo




Halo agan-agan semua, ketemu lagi nih. Semoga thread ini bermanfaat ya bagi pembacanya dan berkah bagi penulisnya ya.. emoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassment 
Thread kali ini bercerita tentang STNK yang hilang dan bagaimana sih cara ngurusnya tanpa Calo..


BEKICOT GAN..


Terkadang mungkin dari kalian banyak yang menggunakan jasa calo dalam pengurusan dokumen penting atau membeli tiket saat hendak bepergian. Wajar saya banyak orang yang memilih jasa calo dari pada mengurus semuanya sendiri, karena dengan menggunakan jasa calo agan tidak perlu ribet.

Namun harus agan ketahui pula, calo bukanlah orang yang beneran ingin membentu menyelesaikan permasalahan agan namun mereka adalah oknum-oknum mencari uang mengambil keuntungan dari masalah yang dihadapi orang lain.
 
Yang jadi permasalahan sekarang adalah penegak hukum yang tidak berusaha menghilangkan oknum-oknum tersebut dan seolah tutup mata dengan kejadian yang ada. Penegak hukum malah membiarkan calo yang beroperasi di dalam markasnya.
 
Tapi hal tersebut tidak perlu agan pikirkan, karena masih ada orang yang jujur dan masih mau berusaha membuat sendiri, terutama para kaum terpelajar dan masyarakat cerdas lainnya yang melek terhadap hukum dan bisa menyiasati para calo, karena jika agan mau memakai calo agan harus siap-siap menerima biaya yang akan melambung tinggi. termasuk dalam cara mengurus STNK hilang.
 
Cara Mengurus STNK Hilang
Banyak diantara kita yang memutuskan menggunakan calo untuk mengurus STNK yang hilang. Padahal mengurus STNK hilang sebenarnya lebih mudah dilakukan sendiri ketimbang menggunakan calo. Sebab dengan menggunakan calo, agan menyuburkan praktek penyuapan. Sehingga sebenarnya agan juga melanggar hukum.
Nah, buat agan yang belum tahu bagaimana cara mengurus STNK hilang. Berikut cara mudahnya: pertama, siaplan Syarat dan dokumen. Lalu ikuti prosedurnya.

Syarat yang harus dilengkapi
·        KTP pemilik kendaraan (asli serta fotocopi)
·        Hasil fotoocopi STNK yang hilang (jika ada)
·        Surat keterangan kehilangan STNK dari kepolisian terdekat
·        BPKB (asli serta fotocopi)

Prosedur yang harus dilewati, meliputi:
·        Cek fisik kendaraan, dan fotocopi hasil cek fisiknya
·        Mengisi formulir pendaftaran
·        Mengurus cek blokir (adalah kegiatan mengurus STNK yang dilang dari Samsat) yang berisi keterangan berupa keabsahan STNK terkait, misalnya tidak sedang diblokir atau dicari polisi, beserta dilampirkannya hasil cek kendaraan.
·        Mengurus proses pembuatan STNK pengganti di loket BNN II
·        Membayar pajak kendaraan tahunan (jika sudah bayar berarti bisa melewati tahap ini)
·        Membayar biaya pembuatan STNK baru
·        Ambil STNK baru dan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD)
Semua hal diatas dilakukan di kantor Samsat, kecuali pembuatan surat keterangan kehilangan STNK yang hilang.
 
Biaya yang perlu agan keluarkan
Setelah semua persyaratan telah selesai dan seluruh prosedur terlewati, langkah selanjutnya adalah mengurus pembayaran biaya pembuatan STNK baru di bagian kasir. Adapun biaya yang perlu agan keluarkan untuk pembuatan STNK baru berdasarkan PP No. 50 Tahun 2010 tentang PNBP pada Polri adalah sebagai berikut:
·        Untuk kendaraan roda 2 dan  3 dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000,-
·        Untuk kendaraan rosa empat dan seterusnya dikenakan biaya sebesar Rp. 80.000,-
 
Sedangkan jika agan mennggunakan jasa calo agan bisa mendapatkan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
Demikian beberapa syarat dan prosedur yang perlu agan ketahui untuk pembuatan STNK pengganti jika STNK agan hilang. Jangan biasakan menggunakan jasa calo karena jika agan menggunakan jasa calo secara tidak langsung agan menyetuhui adanya korupsi yang merajalela. Selain itu ketika agan menggunakan jasa calo agan bisa mengeluarkan biaya berkali-kali lipat yang seharusnya bisa agan gunakan untuk keperluan agan yang lain. Semoga bermanfaat...


Sekian yang dapat ane sampaikan, jika agan suka dengan tulisan ane, jangan lupa :





Polling
0 suara
STNK Hilang?
Diubah oleh robyut27 28-06-2018 10:55
0
27.4K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan