Phil Sokoloff, Pebisnis yang melawan Kentang McDonald
TS
gondolgandul
Phil Sokoloff, Pebisnis yang melawan Kentang McDonald
Quote:
Bagi yang di kota besar pasti sering makan beginian nih. Kok bisa ya kentang goreng gini doang bisa enak dan laku dipasaran? Menurut ane karena teksturnya yang lembut di dalem tapi renyah diluar membuat orang orang hampir diseluruh dunia doyan sama makanan ini. Bahkan sang "founder" McDonald, Roy Kroc, gara gara kentang goreng inilah yang membuat ia berambisi menyebarkan restoran McDonald ke seluruh dunia. Tapi ternyata Kentang yang dulu bukanlah yang sekarang
Quote:
dan tahukah ente bahwa resep ini kemudian berubah gara gara seorang pebisnis kaya...
Spoiler for 1:
Phil Sokolof
Yap! Phil Sokolof namanya. Ia merupakan pebisnis yang bergerak di bidang supplier konstruksi asal Amerika. Meskipun seorang pebisnis Ia tidak merokok dan rajin berolahraga. Namun, di samping gaya hidupnya yang nampak sehat pada tahun 1966 tiba-tiba dirinya mendapat serangan jantung. Tanpa angin dan hujan, pebisnis itu nyaris saja mati akibat gagal jantung. Dari penyakitnya itu kemudian ia mencari apa penyebabnya
Quote:
Phil Sokolof VS McDonald
Dari hasil penelitiannya ia menyalahkan makanan cepat saji atas penyakitnya tersebut. Akibat dari penyakitnya itu Sokolof pada tahun 1985 mendirikan sebuah yayasan bernama National Heart Savers Association. Phil Sokolof kemudian mengabdikan hidupnya untuk berperang melawan kejahatan lemak trans (transfat) dan kolesterol.
Sokolof yakin betul bahwa kentang goreng McD amat berbahaya bagi kesehatan. Sejak awal berdiri kentang goreng yang disajikan oleh McD menggunakan minyak goreng yang terbuat dari campuran lemak hewan atau biasa disebut beef tallow . Minyak ini murah produksi dan dapat disimpan jangka panjang. Menggoreng dengan minyak ini menghasilkan kentang yang crispy di luar dan lembut di dalam. Namun dibalik kelezatanya diyakini ia juga berbahaya bagi kesehatan.
Sokolof tidak main-main melawan McD dan kentangnya. Ia menggelontorkan 3 juta dolar dari kantongnya sendiri untuk beriklan di koran-koran bahkan di billboard jalan. Ia mengkampanyekan menolak Mcd dan restoran cepat saji lainnya yang "meracuni" warga Amerika. Kampanye yang dilakukan di koran membawa dampak besar, 38% orang mengurangi kunjungannya ke restoran cepat saji.
Pada 1987 Sokolof dan lembaganya membuat "National Know Your Cholesterol Month" yang disetujui oleh kongres. Kegoatan tersebut menguji tingkat kolesterol pada 20.000 staf Capitol Hill, 50 senator dan lebih dari 100 anggota kongres. Ia juga mengirimkan 11,000 surat kepada para pengolah makanan agar mereka menghapuskan penggunaan minyak jenuh.
Hingga akhirnya pada 1990, perusahan Mcd akhirnya mengumumkan untuk mengganti beef tallow mereka dengan 100% minyak nabati. Setelah pengumuman tersebut saham McDonald turun 8.3%
Perubahan ini kemudian abnyak membuat banyak pelanggan McD tentu kecewa.
Setelah menang melwan para restoran cepat saji. Popularitas Sokolof menurun. Namun ia tetap melanjutkan perjuangannya melawan lemak jahat. Setelah McD ia kemudian beralih ke susu, Ia mengkampanyekan susu rendah lemak. Sokolof meninggal pada 15 April 2004 pada usia 82 tahun.
Sekian trit dari ane semoga bermanfaat dari ane. Semoga bisa menambah wawasan kalian. Jangan lupa komen, upvote dan share trit ini jika menurut kalian bermanfaat.