iskrimAvatar border
TS
iskrim
Keren, Ilmuwan China Berhasil Menemukan Kertas yang Bisa Ditulis Ulang


[ HT# 410 ]

Kekhawatiran kita tentang semakin langka dan mahalnya harga kertas di masa depan tentu beralasan. Oleh karena itu menghemat penggunaan kertas sejak dini harus dilakukan. Dan kabar baiknya seorang ilmuwan asal China baru-baru ini telah berhasil membuat kertas yang dapat di tulis ulang.

Menulis ulang seperti pada papan whiteboard di lembar kertas saat ini memang tidak mungkin di lakukan, habis kita tulis lalu kita buang atau majalah dan koran tak terpakai kertasnya pun menjadi limbah yang mengandung zat kimia berbahaya serta polusi. Sangat tidak ramah lingkungan dan ancaman hutan gundul di masa depan semakin tidak terelakkan.






Luzhuo Chen dari Fujian Normal University bersama team awalnya mempelajari sifat dan karakter kertas itu sendiri. Kemudian dibagian sisi salah satu permukaan mereka melapisinya dengan pewarna biru yang disebut termokromik, kemudian di panaskan supaya meresap dan memunculkan warna birunya, langkah berikutnya mereka melapisi kertas sisi permukaan satunya dengan toner hitam dimana kerja toner ini akan mengkonversi-photothermal dan bereaksi ketika mendapat panas sinar/ cahaya.

Kemudian hasil dari proses diatas pengguna saat menggunakan pena khusus yang memancarkan panas maka toner hitam tadi akan beraksi menangkap efek panas dan merespon, kemudian menimbulkan efek garis, tulisan, ketika pena mulai menyentuh permukaan kertas tadi.

Hasil pengujian, goresan yang membentuk gambar atau tulisan akan tetap terbaca dan tetap terlihat selama enam bulan pada suhu kamar lebih lama dari pengujian yang pernah ada sebelumnya. Meskipun temuan kertas yang dapat ditulis ulang bukanlah hal baru, tapi temuan sebelumnya banyak memiliki kelemahan, seperti fabrikasi yang rumit, untuk menghapus penulisan masih bergantung pada sinar ultraviolet atau kebutuhan energi yang konstan untuk mempertahankan dokumen. Berbeda dengan Luzhuo Chen dan team, mereka menggunakan bahan baru yang terdiri dari tiga lapisan dasar dalam struktur berlapis seperti sebuah sandwich.



Lalu bagaimana cara menghapus coretan gambar atau tulisan diatas kertas tadi? Ternyata caranya cukup sederhana, caranya adalah cukup dengan mendinginkan kertas pada suhu 14 ºF (-10 ºC) dimana di suhu ini warna biru yang hilang akibat efek panas tadi akan kembali seperti semula, proses inilah yang memberikan efek tulis dan hapus pada permukaan kertas tadi. Menurut Luzhuo Chen proses tulis-hapus ini bisa di lakukan kembali hingga 100 kali tanpa pengaruh apapun, sangat menghemat kertas tentunya!



Oleh ilmuwan Luzhuo Chen berserta teamnya temuan dan penelitian ini baru saja diterbitkan dalam jurnal ACS (Applied Materials and Interfaces), yakni sebuah lembaga forum internasional yang berfokus pada ilmu dan teknik material terapan. Dan kabar terbaik lainnya adalah temuan ini berpotensi dapat di produksi dalam skala besar di masa depan.


GIF








Copyright © 2016 - 2018 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: newatlas | Sotoshop : iskrim

Diubah oleh iskrim 11-12-2018 22:54
10
9.6K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan