dapitloserkidAvatar border
TS
dapitloserkid
hack saldo tokopedia
Hati-hati menggunakan fasilitas Saldo Tokopedia

Saya sudah lama menggunakan jasa app Tokopedia di iOS untuk melakukan jual beli online. Selama ini pembayaran yg saya lakukan biasa pakai kartu Kredit atau transfer bank. Nah, berhubung beberapa hari yg lalu jualan saya laku di toped, maka uang hasil penjualan otomatis masuk ke Saldo Tokopedia.

Saya memang tidak langsung melakukan pencairan/penarikan dana mengingat masih ada beberapa item yg ingin saya beli lewat Tokopedia, krn menggunakan Saldo Tokopedia lebih praktis tinggal klik aja pembelian kita udah langsung terbayar, tanpa harus rempong cari token ato cari kartu kredit..
Singkat cerita, tanggal 03 Juli 2016 kemarin saya buka app Tokopedia di hp saya, saat itu saya lihat app berjalan biasa tidak ada masalah. Yg saya lihat saat itu masih ada Saldo Tokopedia dengan nilai sekitar Rp 700 ribu dan saldo Top Points sekitar Rp 11.250.

Setelah app saya close, ada email dari Tokopedia yg mengkonfirmasi bahwa saya berulang kali gagal login dengan keterangan seperti di foto. Sempet ngerasa aneh karena saya ga merasa gagal login (karena lewat app ga pernah login kan setiap buka app?) dan saya merasa baik2 saja dengan app Tokopedia saat itu, jadi email saya abaikan dan saya anggap false alarm.


Setelah lama ga buka app Tokopedia krn kesibukan menjelang lebaran, kemarin saya buka app Tokopedia krn ada notifikasi bahwa saya perlu melakukan ulasan atas pembelian Char Point Blank (saya bahkan ga tau apa itu 😑) yg telah saya lakukan di Tampan77 shop pada tanggal 03 Juli 2016. Saya tidak pernah merasa melakukan pembelian tsb dan setelah saya lihat, Saldo Tokopedia saya berkurang sebesar sekitar Rp 450ribu dan saldo Top Points saya juga ludes.. Saldo Tokopedia saya masih tersisa sekitar Rp 200 ribu. Saya lihat profil Tampan77 Shop tsb ternyata hanya berjualan 1 item saja yaitu Char Point Blank saja. Saya langsung sadar bahwa saya dikerjain ama hacker 😭


Langsung sisa Saldo Tokopedia saya cairkan, tp password saya ternyata sudah diganti, akhirnya saya melakukan reset password dan saya bisa melakukan pencairan dana (tp belum ada tanda2 dicairkan hingga saat ini mungkin krn bank still closed 😞 )
Saya juga sudah melaporkan ke Customer Service Tokopedia melalui email mengenai kasus ini, hingga saat ini belum ada tanggapan (ok, mungkin masih liburan lebaran juga, dimaklumi 😅)


Setelah saya cek inbox email saya, ternyata di tanggal 03 Juli 2016 tsb ada notif dr Tokopedia mengenai transaksi yg dilakukan oleh hacker tsb, tp sayang saya jarang buka email saat itu 😞
Berharap duit kembali jg pesimis, semoga pelaku hacker diampuni segala dosanya, saya share agar temans pengguna Tokopedia lebih waspada.


*padahal baru kapan hari baca postingan hal macam gini tp versi Traveloka yg pembayarannya menggunakan kartu kredit.
The point is, pembayaran pakai cara manual aja tetep lebih aman drpd cara2 'praktis' tp keamanannya masih diragukan (dalam hal jual beli online yaa)

That's sharing for today, thanks 😊
-and

Nb : semoga pihak tokopedia bisa membantu dan menyelesaikan masalah ini demi keamanan berbelanja kita semua.

Bukti






0
58.5K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan