bangzaldiAvatar border
TS
bangzaldi
Sakit Hati, Rusdi Kirana Batalkan Pesanan Pesawat Boeing

MATA INDONESIA, JAKARTA– “Aku sakit, aku sakit hati..Kau terbangkan ku ke awan..Lalu jatuhkan ke dasar jurang.” Penggalan lagu Yovie and Nuno yang berjudul ‘Sakit Hati’ ini sepertinya cocok dinyanyikan saat Rusdi Kirana, pendiri Lion Air, yang ‘ngambek’ karena dikhianati oleh Boeing Company.


Pria yang juga menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Malaysia tersebut diisukan marah besar. Kemarahan itu lantaran pernyataan Boeing yang merespons hasil laporan awal Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terkait kecelakaan 737 Max 8 yang digunakan dalam penerbangan Lion Air JT-610.


Sumber Reuters mengungkapkan Rusdi marah atas apa yang dia anggap sebagai upaya Boeing untuk mengalihkan perhatian dari perubahan desain dan menyalahkan Lion Air atas kecelakaan penerbangan JT-610. Bahkan amarah tersebut berujung pembatalan pembelian pesawat dari industri pesawat asal Amerika Serikat itu.


“Saya merasa dikhianati.Saya menyiapkan dokumen untuk mengajukan pembatalan. Semuanya masih dalam pertimbangan sekarang,” ujar Rusdi Kirana dikutip Bloomberg, Kamis 6 Desember 2018.


Berdasarkan data Boeing yang dipublikasikan Bloomberg, Lion Air merupakan pembeli terbesar ketiga pesawat 737 Max berjumlah 190 unit dengan total nilai 22 miliar dolar AS.


Asal tahu saja, Lion Air adalah pembeli terbesar Boeing 737 yang diperbarui, di bawah Southwest Airlines dan Flydubai. Sampai saat ini jumlah 737 Max 8 yang sudah dikirim ke Lion adalah 11 unit, termasuk 1 unit yang mengalami kecelakaan pada 29 Oktober 2018.


“Lion Air adalah pelanggan yang berharga dan kami mendukung mereka melalui masa sulit ini,” kata Boeing dalam sebuah pernyataan.


“Hati kami bersama semua orang yang terkena dampak ini, dan keselamatan tetap menjadi prioritas nomor satu kami. Kami mengambil setiap langkah untuk sepenuhnya memahami semua aspek dari kecelakaan ini, dan bekerja sama dengan tim penyelidik dan semua pihak berwenang yang terlibat.”


Jika Lion Air membatalkan ratusan pesanan pesawat itu, seberapa besar dampak yang diterima Boeing? Pembatalan order dari Lion Air mungkin bisa berdampak dari dimensi yang berbeda selain hanya dari sisi jumlah pemesanan pesawat.


Seperti diketahui, Lion Air JT-610 jatuh di perairan Karawang pada 29 Oktober 2018 dan menewaskan 189 penumpang.


Sumber


0
10.3K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan