- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Kendaraan Roda 2
Mitos atau Fakta? Kehabisan Bensin Bikin Rusak Sistem Injeksi Skutik
TS
kangmontir78
Mitos atau Fakta? Kehabisan Bensin Bikin Rusak Sistem Injeksi Skutik
Kerap Susah Dihidupkan Usai Diisi Ulang
Salah satu penyebab skutik mogok yang bikin malu adalah ketika diketahui bahwa bensin di tangki habis. Konyol banget sih, ibaratnya bisa beli motor tapi gak bisa beli bensin π€¦ββ.
Nah, banyak kejadian dan jadi pembicaraan adalah setelah kembali diisi bahan bakar, sepeda motor malah sulit dihidupkan. Ada anggapan motor injeksi yang pernah kehabisan bahan bakar akan mengalami kerusakan pada sistem injeksinya.
Lalu, apakah kondisi itu MITOS atau FAKTA?
βItu tidak benar. Habis bahan bakar lalu mogok, itu memang biasa jadi. Tapi kalau rusak itu anggapan salah,β ucap mekanik AHASS di kawasan Cakung yang sempat Ane tanyain beberapa waktu lalu.
Motor injeksi yang kehabisan bahan bakar, tinggal diisi kembali tangki bahan bakarnya. Langkah selanjutnya adalah memutar kunci berulang kali dari posisi OFF ke ON, lalu nyalakan mesin kembali.
Banyak pemilik sepeda motor yang terburu-buru menyalakan dan tidak memahami langkah ini. Lantas motor dibilang susah dihidupkan.
Menurut om mekanik, langkah memutar kunci ini memberikan kesempatan pompa bahan bakar untuk memompa asupan bahan bakar ke ruang pembakaran. Kalau mendengar bunyi berdengung saat posisi ON, itu tanda pompa bekerja. Coba lakukan beberapa kali.
Namun yang pasti jangan terlalu sering menggunakan motor sampai kehabisan bensin. Kondisi ini akan bisa mengurangi usia perangkat pompa bahan bakar.
Salah satu penyebab skutik mogok yang bikin malu adalah ketika diketahui bahwa bensin di tangki habis. Konyol banget sih, ibaratnya bisa beli motor tapi gak bisa beli bensin π€¦ββ.
Nah, banyak kejadian dan jadi pembicaraan adalah setelah kembali diisi bahan bakar, sepeda motor malah sulit dihidupkan. Ada anggapan motor injeksi yang pernah kehabisan bahan bakar akan mengalami kerusakan pada sistem injeksinya.
Lalu, apakah kondisi itu MITOS atau FAKTA?
βItu tidak benar. Habis bahan bakar lalu mogok, itu memang biasa jadi. Tapi kalau rusak itu anggapan salah,β ucap mekanik AHASS di kawasan Cakung yang sempat Ane tanyain beberapa waktu lalu.
Motor injeksi yang kehabisan bahan bakar, tinggal diisi kembali tangki bahan bakarnya. Langkah selanjutnya adalah memutar kunci berulang kali dari posisi OFF ke ON, lalu nyalakan mesin kembali.
Banyak pemilik sepeda motor yang terburu-buru menyalakan dan tidak memahami langkah ini. Lantas motor dibilang susah dihidupkan.
Menurut om mekanik, langkah memutar kunci ini memberikan kesempatan pompa bahan bakar untuk memompa asupan bahan bakar ke ruang pembakaran. Kalau mendengar bunyi berdengung saat posisi ON, itu tanda pompa bekerja. Coba lakukan beberapa kali.
Namun yang pasti jangan terlalu sering menggunakan motor sampai kehabisan bensin. Kondisi ini akan bisa mengurangi usia perangkat pompa bahan bakar.
0
2.4K
1
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan