widodosetiadi99Avatar border
TS
widodosetiadi99
Presiden Jokowi Tegaskan Komitmen Mendukung UMKM


Presiden Joko Widodo berkomitmen mendukung penuh perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Apalagi dia juga berangkat dari dunia usaha.


"Mayoritas usaha Indonesia adalah UMKM. Jangan meragukan komitmen saya dalam UMKM," kata Jokowi saat memberi sambutan pada penutupan Rapimnas Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Solo, Jawa Tengah, Rabu, 28 November 2018.


Jokowi menjelaskan keluarganya, termasuk anak-anaknya, merupakan pelaku UMKM. Putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka merupakan penguasaha katering. Gibran juga sangat terkenal dengan produk martabak.


Putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, juga aktif berbisnis. Kaesang menjual olahan pisang.


Presiden ke-7 Indonesia itu menegaskan UMKM sangat berkontribusi terhadap lapangan pekerjaan. Ada 62 juta UMKM yang mempekerjakan 116 juta orang.


"Artinya, mayoritas lebih dari 80 persen tenaga kerja Indonesia berada di sektor UMKM," ucap Jokowi.


Jokowi menjelaskan kontribusi UMKM kepada produk domestik bruto (PDB) Indonesia mencapai 60 persen. Pemerintah berkomitmen berpihak kepada UMKM.


"Pemerintah berpihak kepada 62 juta UMKM yang ada," tegas dia.


Jokowi juga telah menurunkan bunga kredit usaha rakyat dari 24 persen menjadi 7 persen. Pajak penghasilan yang sebelumnya 1 persen pun diturunkan menjadi setengah persen.


Sumber : www.idnnews.id/presiden-jokowi-tegaskan-komitmen-mendukung-umkm/
0
952
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan