montirkerenAvatar border
TS
montirkeren
Biar mesin motor berasa lebih halus, coba tips ini gan!
Halo Gan/Sist

emoticon-Nyepiemoticon-Nyepi emoticon-Nyepi



Siapa sih yang gak pengen mesin kendaraannya terasa halus terus, apalagi kalau udah dipakai bertahun-tahun. Biasanya, kualitas mesin akan menurun seiring dengan lamanya waktu penggunaan. Tapi, ada beberapa hal yang tentunya mempengaruhi penurunan kualitas mesin ini. Apalagi untuk mesin motor, mesin motor memerlukan perawatan agar bisa terus terasa halus saat digunakan.






Perawatan yang dilakukan pada mesin motor sebenarnya gak susah, tapi perlu konsisten untuk merawatnya. Kalau hanya sesekali dan gak konsisten, mungkin akan susah juga mempertahankan kualitas mesin agar tetap prima. Tapi, hal-hal apa aja sih yang bisa kita lakukan untuk membuat mesin motor berapa lebih halus?




Pastikan busi gak dalam keadaan kotor/berkarat

Kondisi busi motor yang kotor ataupun berkarat bisa bikin mesin motor agan terasa kasar. Busi atau bagian dalam satu motor yang berfungsi untuk pada mesin pembakaran motor ini yang sering kali dianggap sepele, justru memiliki pengaruh sendiri pada performa mesin motor lho, Gan.






Makanya ketika busi motor agan sudah kotor atau berkarat, biasanya tarikan motor yang digunakan akan terasa kasar tidak sehalusnya sebelumnya. Karena busi yang aus, menghambat proses pembakaran dalam mesin motor. Untuk masalah busi ini, solusinya mudah banget buat diterapin untuk mengatasinya.



Kita bisa mengganti busi ini ketika sudah terlihat aus atau ketika motor terasa kasar. Jangan lupa gunakan busi yang berkualitas agar awet dan berfungsi dengan baik untuk mesin motor agan.




Patikan katup terpasang sempurna

Katup pada motor yang berfungsi buat ngatur masuknya gas baru dan keluarnya gas sisa pembakaran pada mesin motor. Klep ini punya fungsi yang vital untuk performa mesin motor yang agan gunakan, terutama pada mesin yang bisa terasa kasar saat digunakan.






Biasanya hal itu bisa terjadi karena klep tidak terpasang dengan sempurna, sehingga adanya kebocoran atau gangguan dari fungsi klep itu sendiri. Gak cuma itu, klep yang tidak terpasang dengan baik dapat membuat asupan bahan bakar kepada mesin motor menjadi tidak sempurna.



Ketika agan memasang klep tidak pada posisi yang sempurna, biasanya akan terjadi ledakan/nembak pada busi ketika melakukan pembakaran dalam mesin motor.




Rutin ganti oli dan gunakan oli yang sesuai dengan mesin

Rutin ganti oli dan pemilihan oli yang sesuai dengan mesin cukup penting dan bisa jadi penyebab mesin motor agan terasa kasar saat digunakan. Ya, emang sangatlah penting untuk menjaga kinerja mesin motor agan tetap baik. Karena oli yang tidak sesuai tentunya akan menjadikan performa motor agan ga maksimal.






Apalagi jika agan memilih yang tidak sesuai dengan standar pabrikan motor agan, lama-kelamaan mesin motor agan akan jadi cepat rusak dan tidak bertenaga seperti pertama kali agan menggunakannya. Gunakan oli yang sesuai dengan jenis motornya, jangan sampai salah gan.



Kalo ane, karena pake motor matic biasanya ngegunain Eni Oil Eni i-Ride 4T Matic atau dulunya disebut Agip, karena manfaat terasa banget. Motor ane jadi lebih enteng tarikannya ketika digunain, dan ngebuat mesin tetap dingin pas digunakan di segala cuaca.



Lakukan servis berkala

Hal yang satu ini sangat penting untuk dilakukan jika agan ingin menjaga kualitas mesin motor agar tetap halus. Lakukan servis berkala dalam beberapa waktu tertentu. Hal ini dilakukan untuk dapat mendeteksi berbagai gangguan yang terjadi pada mesin motor agan secara dini sebelum terjadi kerusakan yang lebih besar. Gak cuma itu, fungsi dari servis berkala ini adalah pembersihan untuk mesin motor matic agan. Saat agan sedang melakukan servis berkala, ada juga mengecek beberapa komponen pada mesin motor yang harus diganti secara berkala, seperti roller atau ventbelt, busi, oli, dan lain sebagainya.






Tarikan motor matic akan lebih enteng, jika agan rajin untuk melakukan servis berkala. Karena hal ini memastikan semua komponen dalam mesin motor tetap berjalan dengan baik dan dalam keadaan yang tetap prima.




Jadi, mesin motor agan masih halus atau udah terasa kasar dan berat? Kalau mau tetap halus, coba lakukan hal-hal diatas ya, Gan! Atau, agan ada tips lain gak nih? Kalo ada share aja gan di komentar biar yang lain juga tau!



emoticon-Nyepiemoticon-Nyepiemoticon-Nyepi


nanadidi
nanadidi memberi reputasi
5
19.7K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan