Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kev.sieAvatar border
TS
kev.sie
Indonesia Impor Singkong, Mendag: Itu Perdagangan Bebas
Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengomentari soal impor singkong dari Vietnam yang dilakukan oleh pelaku usaha. Enggar mengaku, kegiatan impor tersebut tak memperoleh izin dari Kementerian Perdagangan (Kemendag).

"Singkong jalan sendiri dia, saya tidak memberikan izin, tapi dia impor sendiri," ucap Enggar di Gedung BPK, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat 26 Mei 2017.

Menurutnya, Kemendag tak apat memberikan sanksi atau mencabut izin karena kegiatan impor tersebut dilakukan melalui perdagangan bebas. Impor singkong ini prinsipnya hampir sama sama seperti impor bawang putih.

"Bagaimana sanksi, mereka itu perdagangan bebas, tidak melalui proses," ucap dia.

Enggar menambahkan, singkong belum menjadi komoditas tanam utama bagi petani sehingga kebutuhan impor untuk industri berbahan dasar singkong tak bisa dihentikan. Dia menilai petani hingga kini enggan menanam singkong karena harganya yang cukup rendah

"Untuk memenuhi kebutuhan pada posisi suplai yang kurang, itu yang terjadi. Saya tanya kenapa bisa terjadi impor, saya enggak tahu, mereka menutup kebutuhan dari kebutuhan industri, pabrik itu tidak bisa berhenti, sehingga melakukan impor," tandasnya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Indonesia masih melakukan impor singkong hingga 1.234 ton dari Vietnam. Impor ini dilakukan sepanjang 4 bulan pertama 2017.


Sumur


Perdagangan bebas bray emoticon-Big Grin
0
2.4K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan