pakdheefAvatar border
TS
pakdheef
Kenapa Musti Ke Kota Solo



Kota Solo adalah sebuah nama tempat yang yang berada di Wilayah Jawa Tengah. Solo atau Sala dahulu merupakan nama sebuah kerajaan kecil ada di bilangan Kartasura, yang pada perkembangannya kemudian pindah ke Surakarta dan sampai saat ini lebih dikenal dengan sebutan Kasunanan Surakarta. Kota solo yang mempunyai nama resmi Surakarta merupakan sebuah kota kecil yang cukup di kenal warga di berbagai daerah dengan hasil kerajinan batik dan juga seni budayanya. Belakangan ini kota solo juga cukup banyak dibicarakan di banyak tempat, tidak lain tidak bukan adalah karena sosok serorang Joko Widodo atau yang lebih dikenal Jokowi mantan Walikota Surakarta yang saat ini menjadi orang nomor satu di Negeri ini.
Akhir-akhir ini, Kota Solo banyak dibanjiri wisatawan dari berbagai daerah baik itu domestik maupun mancanegara. Ada beberapa alasan mengapa orang menjadikan Kota Solo sebagai tujuan untuk dikunjungi selain karena Kota Solo merupakan kota budaya dengan beberapa icon serta cagar budaya. Alasan wisatawan mengunjungi Kota Solo antara lain; pertama, wisata belanja, disebut demikian karena serbuan pertama dan yang utama dari beberapa orang yang berkunjung ke Kota Solo adalah untuk belanja yang tidak lain tidak bukan adalah belanja batik. Ketika diamati di beberapa titik seperti Pasar Klewer, Beteng Trade Center, Kampung Batik Laweyan dan beberapa gerai batik di Kota Solo setiap akhir pekan tak pernah sepi dari pengunjung untuk berbelaja baik kain batik maupun pakaian batik jadi. Hal ini yang kemudian menjadikan bisnis batik di Kota Solo tidak pernah mati. Tak cukup berbelanja batik, wisatawan juga bisa membeli berbagai kerajianan tangan lainnya yang bisa dijadikan buah tangan seperti replika wayang, blangkon, lurik, atau sekedar pernak-pernik lainnya.
Kedua, wisata kuliner. Lelah berbelanja batik maka perut saatnya dimanjakan dengan makanan-makanan khas Kota Solo. Memang tidak lengkap juga berkunjung ke Kota Solo tanpa menikmati kulinernya yang beragam. Wisatawan yang datang ke Kota Solo juga pasti akan meluangkan waktu untuk berburu kuliner lezat di kota ini. Memang kuliner tak pernah bisa lepas dari kegiatan wisata, begitupun di Kota Solo ini. Pemerintah pun melihat potensi tersebut dengan menggelar tempat yang juga di khususkan untuk berburu kuliner lezat tanpa berkeliling kota yakni di GALABO (Gladak Langen Boga) yang buka setiap malam hari. Memang tidak semua kuliner ada di GALABO, wisatawan bisa hunting tempat-tempat kuliner yang sudah cukup kondang di Kota Solo seperti tengkleng, selat solo, timlo, gudeg, nasi liwet dan masih banyak lagi pilihan kuliner yang tersebar di Kota Solo. Selain beragam kuliner yang cukup lezat ternyata harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau dan relatif murah bagi kalangan wisatawan yang dari ibu kota misalnya. Ada juga beragam cemilan yag bisa dijadikan buah tangan yang bisa dibawa pulang wisatawan, seperti Srabi Notosuman. Intip goring, aneka kripik, kue kering dan aneka camilan lainnya.
Ketiga, wisata seni budaya. Banyak kelompok masyarakan berupaya untuk menggelar berbagai macam event seni budaya untuk mengangkat nilai-nilai budaya di Kota Solo ini sebagai daya tarik yang tidak bisa dipisahkan dengan identitas Kota Solo yang memang sangat lekat dengan kegiatan seni budaya. Banyak wisatawan yang mengunjungi Kota Solo untuk menghadiri event-event seni budaya yang diadakan di Kota ini. Event seni budaya juga menjadi magnet yang kuat untuk menarik wisatawan datang ke Kota Solo, diantaranya event Grebeg Sudiro, Solo Carnaval, Solo International Performing Art (SIPA), Solo Batik Carnival (SBC), Sendratari Ramayana, pertunjukan Wayang Orang dan masih banyak event lainnya yang masuk dalam kalender event Kota Solo.



Maka dari itu pemerintah bersama segenap pelaku usaha di Kota Solo menggagas sebuah acara yang mampu mengintegrasikan berbagai alasan orang untuk mengunjungi Kota Solo dengan nama Solo Great Sale. Dimana dalam sebulan penuh yaitu pada tanggal 1-28 Februari 2015 akan ada pesta promo dan diskon dari berbagai tempat perdagangan seperti pasar, mall, pertokoan, rumah makan, penginapan dan juga tempat event seni budaya yang menjadi merchant dan telah terdaftar sebagai member Solo Great Sale. Dengan terintegrasinya berbagai macam sektor usaha tersebut pengunjung seperti mendapatkan paket komplit, dengan berwisata ke Kota Solo pengunjung bisa mendapatkan kemudahan dalam melakukan perjalanan, mengunjungi tempat-tempat wisata, berbelanja dengan harga yang kompetitif karena dimanjakan dengan promo diskon termasuk di tempat makan, sampai dengan menikmati kenyamanan tempat penginapan dengan harga yang kompetitif pula.
Diubah oleh pakdheef 27-01-2015 16:03
0
2.2K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan