Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Nyokk Kita Belajar !!




Belajar !! Kata itu mengingatkan kita pada masa-masa sekolah, padahal belajar bukan hanya untuk anak pelajar namun orang tua yang sudah uzur pun harus sering belajar. Tak ada batasan umur dalam belajar, mau engkau kaya, miskin, pejabat, pedagang, pengangguran belajar adalah kewajiban yang tidak tersurat.



Ada sebuah kata yang diajarkan guru saya "Belajar di buku biasa, belajar di kertas biasa, siapa yang melewati suatu jalan lalu di jalan itu dia mengambil ilmu dalam perjalanannya. Karena ilmu bukan hanya di perpustakaan, ilmu bukan hanya dalam kitab suci, ilmu itu ada yang tersurat dan tersirat. Siapa yang mengambil ilmu dari kehidupannya sehari-hari itulah orang-orang yang beruntung hidupnya."

Banyak orang sukses karena bukan karena kepandaiannya, namun karena ia selalu belajar dengan banyak orang di sekitarnya hingga ia menghormati manusia yang ada di sekitarnya. Ia belajar apa yang di inginkan banyak orang, pendapat orang lain ia cerna dengan bijak lebih banyak mencermati di bandingkan bicara yang akan menyinggung perasaan orang lain. Hingga kesuksesan menghampiri karena dukungan orang yang berada di balik layar, terkadang banyak orang melihat hasil !! Namun tak pernah belajar mengenai proses, hingga banyak orang terjatuh karena langkah yang salah, tak mau belajar tapi ingin pintar. Hingga akhirnya ada pinalti ketika ketahuan cara memperoleh hasilnya dari jalan yang salah, untuk itu belajarlah mengenai proses, agar kita bisa menghargai banyak orang bahwa sukses bukanlah hasil namun proses itu adalah jalan untuk sukses.



Belajar dan mengajar memang dua kata yang mirip namun berlawanan, bila mengajar hendaklah dengan kata-kata lembut namun tajam seperti Buya Hamka. Buya berkata " Jangan takut jatuh, kerana yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Yang takut gagal, kerana yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, kerana dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua."



Banyak kata-kata tajam Buya Hamka yang diungkapkan dengan lembut namun tajam. Untuk itu belajarlah dengan giat, cermati kehidupan apa yang harus di perbaiki, melangkahlah dengan rasa optimis walau kita tahu ujungnya sukses pada manusia itu adalah lubang kubur. Untuk itu jalan dan berilmulah secara hati-hati, jangan sampai salah melangkah karena sukses terbesar manusia adalah sesudah mati. Hasil dari belajar di bumi yang singkat ini sebenarnya untuk memperoleh hidup yang kekal di akhirat nanti dalam keadaan tenang dan gembira.



Jadi siapa yang berilmu lalu merasa congkak dengan ilmunya, hingga merasa bahwa dirinya layak disebut ahli maka berhati-hatilah terjerumus dalam kesesatan semu yang membuat pikiran terganggu, karena ilmu bisa memberikan jalan yang terang bisa juga menjadi jalan yang menipu. Untuk itu diperlukan belajar untuk mencermati sebuah ilmu, tanpa adanya ilmu manusia akan buta namun terkadang dengan merasa berilmu ia akan menjadi sombong dan terkadang merasa paling benar, paling suci, paling hebat hingga tak jarang banyak orang yang lupa diri dan terjerumus dalam kebodohan karena salah dalam mempelajari ilmu.

Sekali lagi nyokk kita belajar dan terus belajar serupuutt ahh

emoticon-coffee

Opini c4punk

Gambar : Google

referensi





Diubah oleh c4punk1950... 20-11-2018 16:31
1
1.3K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan