ogutmakangorengAvatar border
TS
ogutmakangoreng
Mengenal Lebih Dalam Trading Index
Persentase trader di Trading Index bisa dibilang kecil diberbagai tempat, khususnya di Indonesia sendiri seolah-olah udah dapat doktrin kalau Trading Index itu suatu pola trading yang berat atau bahkan sangat berat dan mungkin banyak yang berpendapat kalau Trading Index itu hanya bisa dilakukan oleh orang-orang "Tertentu" saja.

Hmmm..... bener nggak kira-kira ?

Menurut saya sendiri minimnya pengetahuan tentang apa dan bagaimana Trading Index itu merupakan faktor kecil dari sekian banyak faktor yang membuat trader tidak menyentuh Trading Index. Ada pepatah bilang "Tak kenal maka tak sayang", lha kalo belum tau Trading Index itu apa gimana bisa ngerangkul Trading Index. Jadi nda ada salahnya khan kalo saya ngebahas pengenalan Trading Index lebih dalam, dan mungkin kita bisa saling berdiskusi mengenai mekanisme dan seberapa besar profit yang bakal kita dapet di Trading Index.


Trading Index


Sedikit flashback, Trading Index itu salah satu jenis perdagangan futures yang terdiri dari gabungan saham beberapa perusahaan pilihan di suatu negara. Trading Index yang biasanya juga disebut dengan "Stock Index" itu berfungsi sebagai indikator dari keseluruhan pergerakan harga saham yang diwakili-nya dan bahkan bisa menjadi suatu indikator bagi forex dan gold.

Gak jauh berbeda dengan jenis perdagangan futures lainnya. Karena tidak memiliki asset dalam melakukan transaksi, maka nilai kontrak merupakan acuan utamanya. Besar kecilnya nilai kontrak dalam perdagangan index ditentukan berdasarkan satuan unit yang biasa dikenal lot. dan setiap Negara mempunyai aturan dan tata caranya tersendiri dalam mengatur dan memperdagangkan pasar index.

Trus jenis-jenis Trading Index itu apa aja sih ? dan sesi-nya kapan aja ?

Keterangan : Semakin banyak perusahaan yang tergabung di dalam satu Index, semakin pelan pergerakannya. Dan semakin sedikit perusahaan yang tergabung di dalam satu Index maka pergerakan-nya semakin liar. Okey, pasti ada yang bertanya-tanya "kenapa ?"

Jadi gini, pergerakan di dalam Trading Index ini yang mempengaruhi adalah perusahaan yang tergabung didalam-nya. Katakanlah Index A yang mempunyai 20 perusahaan di dalam-nya, dan katakanlah 1 perusahaan-nya di dalam itu bangkrut. Maka Index A hanya tinggal 19 perusahaan, dan nilai 20 ke 19 itu bisa dibilang sangat besar value-nya. Karena ltulah Trading Index yang perusahaan-nya sedikit di dalamnya itu lebih liar pergerakannya.

Okey, saya compare dengan yang lainnya, katakanlah Index B yang mempunyai 200 perusahaan di dalamnya dan katakanlah ada 2 perusahaan yang bangkrut. Maka Index B tinggal 198 perusahaan, sudah jelas nilainya beda dengan yang Index A. Maka dari situ lah kenapa Trading Index yang perusahaan-nya banyak di dalamnya itu pergerakannya lebih tenang

Trading Index US :

DJIA (Dow Jones Industrial Average), di dalam Dow Jones ini ada 30 perusahaan dan setiap pergerakannya 1 pips. Jadi kalau ingin bermain-main dengan trend layaknya roller coaster bisa mencoba disini emoticon-Big Grin. Sesi open market-nya sendiri (00.00 - 24.00) waktu meta.

Nasdaq 100 Composite, di dalam Nasdaq ini sendiri ada 100 perusahaan dan setiap pergerakannya 5 pips (sekali gerak 5 pips emoticon-Belo ). Jadi kalo mau dapet cuan gede disini tempat-nya. Sesi open market-nya sendiri (00.00 - 24.00) waktu meta.

S&P 500 (Standard & Poor's 500), di dalam S&P ini ada 500 perusahaan dan setiap pergerakannya 25 pips (sekali gerak 25 pips emoticon-Belo). jadi kalo mau dapet cuan gede disini tempat-nya. Sesi open market-nya sendiri (00.00 - 23.00) waktu meta.

Trading Index US ini sendiri bisa dibilang enak, kenapa ? karena ketiga-tiganya saling berhubungan. Jadi kalau naik ya naik semuanya (3-3 nya) dan begitu pula sebaliknya, kalau turun ya turun semua. Di sisi lain, Trading Index US juga berpengaruh ke Trading Index Asia (lebih spesifiknya berpengaruh ke HANGSENG). Akan tetapi dalam keadaan market normal (tanpa ada isu-isu dari China)

Trading Index Asia :

NIKKEI 225 (Jepang-Tokyo), di dalam NIKKEI ini ada 225 perusahaan dan setiap pergerakannya 1 pips. Jadi kalo mau cari yang aman-aman, selow-selow kayak GBPJPY bisa coba di NIKKEI. Sesi trading-nya sendiri dibagi jadi 2 sesi. Sesi Pertama (01.45-08.15) dan Sesi Kedua (09.15-21.00) waktu meta.

Hangseng (Hongkong), di dalam Hangseng ada 48 perusahaan dan setiap pergerakannya 1 pips. Hangseng ini sedikit-nya hampir sama dengan DJIA (Pergerakan-nya liar), jadi kalo mau bermain-main trend layaknya roller coaster bisa mencoba disini emoticon-Big Grin.

Dan Hangseng ini ada korelasi-nya dengan Trading Index US, jadi Index US bisa dijadikan salah satu patokan trend (akan tetapi dalam keadaan market normal [tanpa ada isu-isu dari China]). Sesi trading-nya sendiri dibagi jadi 2 sesi. Sesi Pertama (03.15-06.00) dan (07.30-10.15) waktu meta.

Kospi (The Korea Composite Stock Price Index), di dalam Kospi ada 100 perusahaan dan setiap pergerakannya 5 pips (sekali gerak 5 pips emoticon-Belo). Jadi kalo mau dapet cuan gede disini tempat-nya. Sesi open market-nya sendiri (02.00-08.45) waktu meta.

Sampe disini dulu hari ini, lanjut besok lagi.

Komeng sangat dianjurkan disini emoticon-Big Grin, terlebih lagi ijo-ijo emoticon-Kiss (S)
Polling
0 suara
Kamu Biasa Trading Pair Apa ?
Diubah oleh ogutmakangoreng 13-11-2014 06:44
dcmatrix21
dcmatrix21 memberi reputasi
1
9.2K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan