charles203Avatar border
TS
charles203
batu akik dijaman 2018 masih laku dipasaran?
Dulu mahal diburu, kini 3 jenis akik ini diobral pun tak laris

Salah satu pedagang mengaku sampai kesulitan untuk mendapatkan satu pembeli dalam satu hari.

Tahun 2015 merupakan tahun kejayaan batu akik. Di paruh pertama tahun ini, penjualan batu akik sangat laris. Bahkan, muncul pula banyak orang yang tiba-tiba menjajaki bisnis batu akik, hanya karena peminatnya sangat tinggi. 

Namun, menginjak paruh kedua tahun ini, penjualan batu akik semakin menurun. Terhitung sejak setelah Idul Fitri, penjualan batu akik mulai menurun. Sampai Idul Adha, penjualannya semakin menurun dan hingga kini menukik tajam menjadi sepi. 

Salah satu pedagang, M Dwi (29), mengaku sampai kesulitan untuk mendapatkan satu pembeli dalam satu hari. Sangat jauh berbeda dengan musim booming akik yang mana pendapatannya per hari hingga Rp 1,5 juta. Tidak cuma menurun peminatnya, harganya pun ikut menurun. Bahkan, tidak cuma batunya, emban atau logam pengikatnya juga anjlok harganya. "Perkodi dulu rata-rata Rp 450.000, sekarang hanya Rp 70.000 bahkan sampai Rp 20.000 per kodinya," tuturnya kepada brilio.net, Kamis (24/12).

Penentuan harga untuk batu akik cukup variatif. Banyak faktor-faktor tertentu yang bisa membuat harga batu akik menjadi tinggi, seperti mitos, sejarah bahkan karena endorsmen figur publik. "Untuk menentukan harga, penjual bisa menentukan dan ada proses tawar menawar. Prinsipnya, menghindari kerugian."

Nah, apa saja batu akik yang pernah booming dengan harga tinggi yang kini menurun peminatnya. Ini dia brilio.netsajikan dikumpulkan dari berbagai sumber, Jumat (25/12).

1. Batu Bacan

Batu Bacan merupakan batu paling banyak diminati saat booming. Batu ini melonjak pamornya ketika mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan batu jenis ini kepada Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Di masa booming, harga Bacan sangat fantastis mencapai Rp 5 juta-Rp 7 juta. Kini rata-rata harganya hanya ratusan ribu sampai Rp 1 jutaan saja.

asli dari Aceh ini juga sempat geger ketika ada penemuan batu jenis ini seberat 2 ton oleh penduduk. Popularitasnya menjadi melonjak pasca kejadian itu. Dinamakan Bio Solar karena batu ini merupakan jenis batuan alam yang memiliki ciri khas hijau kecoklatan layaknya solar atau jenis bahan bakar mesin. Harga paling fantastis dari batu ini dipasarkan sekitar Rp 3 jutaan saat booming, namun kini harganya jauh turun menjadi ratusan ribu saja.

3. Batu Kalimaya atau Black Opal


Black Opal ini di Indonesia banyak terdapat di daerah Banten. Konon, batu jenis ini menyimpan kekuatan alam yang berdampak positif bagi pemakainya. Jenis Black Opal merupakan Batu Kalimaya yang termahal, harganya pernah menembus angka puluhan juta rupiah. Sekarang, harganya sudah jauh menurun di angka ratusan ribu sampai jutaan saja.

Apakah kalian masih koleksi batu akik??? tunjukin batu akik kalian:butuhpacar:kangen
7
3.4K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan