kaksus10Avatar border
TS
kaksus10
Perubahan Ini Terjadi Gara-gara Munculnya Generasi Millenial
emoticon-Hai emoticon-Hai emoticon-Hai

Halo Gan Sist yang ngakunya anak millenial.. hehehehe..

Nah, ngomong-ngomong soal milenial, berasa ngga sih belakangan ini trend belanja di masyarakat global kini berubah?

Yes, tentunya perubahan tersebut dikarenakan hadirnya generasi millenial, seperti Gan Sist ini. Generasi yang melek internet.

Jadi, karena adanya internet inilah, perilaku belanjapun berubah.


So, di mana sih letak perubahan perilaku belanja tersebut?

Apakah perubahan perilaku belanja tersebut hanya terjadi pada generasi millenial saja?

Well, langsung aja yuk cekidot ulasannya.

Sebagai generasi dengan populasi terbesar di dunia saat ini, gaya hidup generasi millennial tentu mempengaruhi banyak hal. Mulai dari tren gaya hidup, gaya berbusana, tren kecantikan, budaya baru dalam pekerjaan, sampai perubahan perilaku berbelanja. Perubahan perilaku berbelanja yang dilakukan generasi millennial antara lain sebagai berikut :

1. Pengaruh dari influencer

Kalau 10 sampai 20 tahun yang lalu, gaya berpakaian selebriti memang menjadi panutan alias trend setter, tapi beda dengan zaman sekarang. Trend setter dalam berbusana kini justru bergeser kepada influencer, baik itu vlogger, selebgram amupun blogger. 

Spoiler for banyak selebgram sekarang Gan:

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang; misalnya pakaian, generasi millenial umumnya mencari ulasan mengenai pakaian tersebut dari para content creator yang mereka idolakan. Nah, maka daripada itu, kini banyak brand besar lebih sering mengiklankan produknya melalui sosial media dengan menggunakan influencer yang lagi happening.

2. Menyukai Brand yang peduli dengan issue tertentu

Generasi millennial bisa dibilang sebagai generasi yang paling kritis. Generasi ini akan melakukan research terlebih dahulu sebelum membeli sebuah barang. Generasi ini juga ngga segan-segan untuk menuliskan review mengenai barang tersebut melalui sosial media mereka.

Spoiler for halal jadi issue yang penting:

Issue-issue yang ada dibelakang produk atau barang tersebut juga menjadi bahan yang akan dibahas dalam review mereka. Issue yang terlihat “cantik” seperti ramah lingkungan, no animal testing, gender hingga child labour sering menjadi bahan pertimbangan mereka dalam memutuskan membeli sebuah produk atau barang.

3. Faktor harga menjadi penentu

Hadirnya internet membawa perubahan dalam trend jual beli barang. Kalau dulu orang berbelanja di mall atau supermarket, kini generasi millenial memilih untuk berbelanja secara online di e commerce. 

Berbelanja online menawarkan banyak kemudahan bagi penjual dan pembeli. Selain dapat berbelanja kapan saja dan dari mana saja, pembeli juga dapat dengn mudah membandingkan harga antara toko satu dan toko lain. Oleh karena itu generasi millennial jadi semakin sensitif dengan adanya perbedaan harga, walaupun perbedaannya hanya sedikit, loh Gan Sist.

4. Berbelanja barang pre loved

Barang pre loved alias barang bekas ternyata menjadi barang yang cukup menarik di kalangan millennial. Pre loved yang dijualbelikan juga beragam, mulai dari pakaian, buku, furniture, kamera, gadget, bahkan makeup loh.

Selain harganya yang lebih terjangkau, barang-barang pre loved umumnya unik dan langka, susah ditemukan di toko-toko konvensional. Ada juga yang beralasan karena mengurangi sampah serta issue ramah lingkungan. Makanya generasi ini mau membeli barang pre loved. 

Spoiler for barang preloved:

5. Lebih memilih brand dengan loyalti program

Pernah merhatiin ngga Gan Sist, belakangan banyak banget merchant yang nawarin kartu keanggotaan?

Yep, mulai dari department store, kedai minuman, hingga e commerce pun ngeluarin kartu membership alias keanggotaan. 

Jadi, ini menjadi pertimbangan generasi millenial untuk berbelanja. Karena dengan membership generasi milenial sebagai customer mendapatkan keuntungan lebih. Misalnya point yang didapat setiap kali berbelanja bisa digunakan sebagai potongan harga untuk pembelanjaan berikutnya.


Itu dia Gan Sist perubahan perilaku belaja yang terjadi karena hadirnya generasi millenial. 

Nah, kalau menurut Gan Sist, perubahan perilaku belanja yang mana nih yang Gan Sist lakukan juga?



sumber tulisan : hasil pengamatan

sumber gambar : google


1
11.2K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan