wahyuargianAvatar border
TS
wahyuargian
[COC Travellers] Tips & Cerita Pendakian Menghapus Luka di Gunung Gede #AslinyaLo


Quote:


Spoiler for Dokumentasi:




Dan berikut tips buat agan-agan yang mau melakukan pendakian:

1. Persiapkan Fisik dan Mental

Kenapa ane sebut ada mentalnya gan? Karena percuma kalau fisik agan kuat tapi mental agan lemah. Mental disini yang ane maksut adalah persoalan tentang mindset agan ketika mendaki, karena agan akan menjadi sesuai dengan apa yang akan agan pikirkan semisalnya agan berpikiran bahwa agan gaakan kuat dan mau udahan aja ketika mendaki yaudah nanti agan bakalan berat buat melanjutkan perjalanan kedepannya serta yang dapat memotivasi kita itu bukan orang lain tapi semua berawal dari diri kita dan niat kita sendiri gan. Barulah dengan adanya dorongan dari orang lain kita jadi semakin kuat dan mantab. Lebih baik latihan fisik dimulai dari sebulan sebelum pendakian karena dikhawatirkan nanti kalau seminggu/2 minggu sebelum naik terjadi keseleo atau kaki masih pada kaget pegel pegel emoticon-Ngakak (S)



2. Peralatan yang akan digunakan

Jika agan agan gapunya peralatan sama sekali dan hanya punya cukup uang untuk beli produk yang abal abal dengan merk gajelas. Lebih baik agan minjem ketemen atau sewaan aja gan karena harga menentukan kualitas dan kenyamanan agan sendiri ketika mendaki nanti. Mulai dari tenda yang harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mendaki, lalu sepatu gunung seharusnya menggunakan yang High sampai mata kaki karena meminimalisir keseleo nantinya, Jaket harus polar serta windproof dan waterproof jangan sesekali pakai jaket/sweeter yang biasa biasa aja kalo gamau menggigil diatas sana, bawalah thermal blanket buat jaga-jaga, jangan lupa jas hujan/ponco biarpun cuaca cerah tapi kita gabisa memprediksi untuk kedepannya nanti akan hujan atau tidak, Kompas dan peta gunung yang akan didaki pun juga perlu, serta yang terakhir adalah P3K, Flysheet, Kompor, Nesting, Gas, headlamp, Baju ganti, weebing, tali paracord dan Pisau vitorinox. Karena lebih baik mempersiapkan segala suatu situasi sebelum itu semua terjadi walaupun presentase kejadiannya kecil.



3. Manajement Perjalanan

Banyak orang yang menyepelekan ini. Manajement perjalanan itu penting agar pendakian pun terarah dan tertata tidak sembarang mulai dari Estiminasi sampai ditempat ngecamp jam berapa, Estiminasi berapa lama makan, Estiminasi berapa lama turun, dan manajement air pun perlu agar tidak kehabisan air di tengah tengah jalur pendakian. Selalu siapkan atau atur estiminasi yang paling lama namun cukup orang tertentu aja yang tau agar kita juga tidak terlalu lama bermalas malasan ketika istirahat dijalur



4. Uang dan Logistik

Sebenernya ini masuknya ke manajement perjalan lagi, bawalah uang yang berlebih dari badget yang diberitaukan untuk jaga jaga jika ada keperluan tak terduga. Serta bawalah logistik sesuai dengan kebutuhan lebih baik berlebihan dari pada kekurangan mulai dari air dan makanan serta cemilan ringan namun yang berserat agar mudah kenyang. Kalo berlebihan nanti bisa diberikan ke pendaki yang kekurangan logistik itung itung beramal. Jangan lupa untuk bawa sayur sayuran, tempe, susu dan buah buahan.



5. Orientasi Medan

Mengetahui medan gunung yang akan kita daki itu perlu jadi persiapan untuk fisik, peralatan dan logistik nya pun semakin mantab dan sesuai dengan gunung yang akan didaki serta dijelajahi nantinya. Bagaimana caranya orientasi medan? Bisa dengan cara membaca artikel tentang pendakian orang lain dan menanyakan ke orang yang sudah pernah ke gunung tersebut. Dan tanyakan lah apakah mungkin untuk mendaki malam hari atau tidak.



6. Pakaian

Gunakanlah pakaian yang punya bahan mudah kering ketika basah dan celana yang longgar tidak ngepres, melar bukan celana jeans. Jangan lupa bawa kaos kaki cadangan serta plastik untuk baju basah dan masukanlah baju kering kedalam plastik agar lebih besar kemungkinan untuk tidak basah. Bawa juga celana untuk tidur dimalam hari nantinya.

Diubah oleh wahyuargian 15-04-2020 17:02
gargantuar89
andikhayudha
swiitdebby
swiitdebby dan 6 lainnya memberi reputasi
7
7.1K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan