kangmontir78Avatar border
TS
kangmontir78
Hati-hati Ngoplos BBM Pake Aditif Gan, Banyak Ruginya Ketimbang Manfaat
Indikasi Kandungan Aditif yang Bikin Bahaya Ternyata Gan


Harga Pertamax naik jadi Rp 10.400 emang bikin kocek makin boncos Gan. Klo Agan naik motor sih gak begitu berasa, nah buat yang naik mobil pribadi pasti ngitung-ngitung lagi nih.



Beberapa temen emang langsung nurunin spek bensin yang dipake jadi Pertalite. Pastinya banyak yang berubah terutama performa, karena oktannya lebih rendah (Pertamax 92, Pertalite 90).

Ada juga yang gak keilangan akal dengan mengonsumsi aditif biar oktannya tetep sama dengan Pertamax. Emang sih aditif punya fungsi untuk meningkatkan kadar oktan di bahan bakar, baik yang model cairan ataupun logam.

Cairan


Terus terang masalah ini juga bikin gw penasaran, kenapa gak boleh ya? Ane sempet ngobrol-ngobrol ama beberapa mekanik, dan kesimpulannya sih gak ada rekomendasi dari mereka.

Aditif model cair emang paling kecil efeknya buat mesin. Beberapa mekanik yang Ane ajak ngobrol jawabannya hampir sama, efeknya akan terasa dalam jangka waktu yang lama.



Timbal yang ada di senyawa itu akan mengendap di beberapa saluran bahan bakar. Paling ribet kalo hal itu terjadi di injector rail atau di nozzle injektor-nya. Apalagi jenis senyawa aditif yang dipakai gak sesuai sama aditif bensin yang digunakan.

Logam


Kalo jenis yang satu ini malah lebih serem Gan efeknya. Penggunaan aditif jenis Metilsoklopendtadienil Manganese Tricarboni (MMT) dalam waktu lama dengan komposisi yang tidak tepat bisa mengganggu sistem pengapian, juga mengganggu sensor udara dan konverter.

Parahnya lagi bisa menimbulkan timbunan di dinding silinder dan mengikis ring piston. Alhasil baik ruang bakar maupun silinder mesin bisa tergores dan terjadi kebocoran kompresi.



Jadi gimana Gan? Kalo ane sih mikir lagi yah. Ada solusi yang mendingan sih, walaupun gak direkomendasi juga baik sama mekanik ataupun pabrikan. Yaitu ngoplos jenis bensin yang sama dengan oktan yang lebih tinggi.

Ada kemungkinan penggunaan aditif yang sama sehingga tidak begitu merusak. Jika iya pun masih dalam taraf yang tidak berbahaya Gan. Cuma ribet aja sih...
4
34.6K
129
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan