Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mazernakAvatar border
TS
mazernak
5 Tim/Atlet eSports yang Membanggakan Indonesia di Kancah Internasional Tahun 2018




Perkembangan industri eSport dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia semakin naik daun. Industri ini awalnya berkembang pada tahun 1972 untuk kompetisi Spacewar. Sejak saat itu, beberapa kompetisi untuk gametertentu bermunculan. Mulai tahun 1990an, sejak internet berkembang, mulailah kompetisi online dan muncul organisasi yang mengadakan kompetisi tersebut. Kompetisi terbesar pertama pada industri eSports adalah Nintendo World Championship yang digelar di Amerika Serikat kala itu. Indonesia sendiri mulai serius pada industri eSports sejak tahun 2000an hingga akhirnya dibentuklah Indonesia e-Sports Association (IeSPA) untuk membina dan memajukan olahraga digital di dalam negeri. Banyaknya atlet eSports Indonesia membuktikan pasar yang besar di dalam negeri. Banyak orang berkata jumlah yang banyak tidak selamanya berbanding lurus dengan prestasi. Oleh karena itu bagaimana prestasi tim atau atlet eSports yang mewakili Indonesia di kancah internasional tahun 2018 ini?


:tepuktangan:tepuktangan:tepuktangan


EVOS Esports - DOTA 2




Dibentuk  21 Agustus 2016, Tim EVOS Esports  DOTA 2telah mendapakan total hadiah 28,199 USD atau sekitar 429 juta rupiah. Tim yang kini beranggotakan ilLogic (Bruce Ervandi), Facehungger (Usep Satiawan), Aville (Adit Rosenda), Vlaicu (Indra Utama), dan Whitemon (Matther Filemon) memiliki prestasi yang ditorehkan terakhir adalah Juara 1 ProDotA Cup Southeast Asia #13. Walau sudah juara 1 dalam kompitisi minor, prestasi terbaik yang sudah dicapai pada tahun ini adalah Peringkat 4 MPGL Asian Championship hingga dapat membawa pulang hadiah sebesar 10,000 USD atau sekitar 150 juta rupiah.


Aerowolf.ADS - PUBG


Roaster tim Aerowolf.ADS terdiri dari Awkarinn/RDK (Ridho Dwiki Sena), NcSlasher (Sheldon Andersen), ndrev1ce (Andreas Dharmawan), dan superNayr (Ryan Prakasha). Tim Indonesia ini berhasil mendapatkan Peringkat 5 Hong Kong PUBG World Invitationalpada 25-26 Agustus 2018. Hadiah yang didapatkan sebesar 3000 USD atau sekitar 45 juta rupiah. Sebelum mengikuti kompetisi tersebut, Aerowold.ADS telah menjadi Juara CPL Championship PUBG di Singapura pada bulan Juni 2018.


PRFS VNG Emporium - Point Blank



Beranggotakan 6 orang yaitu PRFSwiskaVNG (Wiska), PRFStRustVNG (Ilham) , PRFSmoncesVNG (Marvel), PRFSOscarVNG (Oscar), PRFSdeclintVNG (Hery), dan PRFSmirrorVNG (Dika), tim ini berhasil mendapatkan Peringkat 4 Point Blank World Championship 2018 di Brazil pada tanggal 19-21 Mei 2018. PRVS VNG Emporium dapat mewakili Indonesia setelah sebelumnya menjuarai PBGC 2018.


Hendry Handisurya a.k.a jothree - Hearthstone




Atlet eSports veteran yang sudah berkiprah sejak tahun 2005 ini pernah menjuarai beberapa game seperti Warcraft III, DOTA, dan StarCraft II ini pada kompetisi internasional terakhirnya mendapatkan Medali Perakmewakili Indonesia pada game  Hearthstone di Asian Games 2018 lalu. Karena hanya eksibisi, perolehan medali yang ia dapatkan tidak mempengaruhi klasemen dari Asian Games 2018. Setelah mengalahkan Vietnam dan Thailand, kesempatan mendapatkan emas harus terhenti setelah kalah 1-3 dari Hongkong.


Ridel Yesaya Sumarandak a.k.a BenZer Ridel - Clash Royale




Atlet muda berusia 16 tahun asal SMAN 3 Tondano ini  mendapatkan Medali Emaspada game  Clash Royale di Asian Games 2018 beberapa waktu lalu. Medali ini adalah medali pertama dan emas pertama yang ditorehkan Indonesia di cabang eSports pada kompetisi Asian Games. China , Hongkong, dan Vietnam bertekuk lutut dihadapannya. Sangat disayangkan medali yang ditorehkan tidak mempengaruhi klasemen Indonesia saat itu.


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


KESIMPULAN


Dari banyaknya prestasi dan jenis game  yang dipertandingkan, kelima tim/atlet asal Indonesia tersebutlah yang mendapatkan peringkat tertinggi selama tahun 2018 sesuai dengan jenis game  yang dipertandingkan. Selain kelima yang sudah disebutkan diatas, masih ada BnTeT (Hansel Ferdinand) yang merupakan atlet CS:GO bersama timnya TyLoo telah mendapatkan juara di berbagai kompetisi internasional sepanjang tahun 2018. Mengapa BnTeT tidak dimasukkan pada TOP 5 kali ini? Hal ini dikarenakan tim yang diwakili berasal dari Cina sedangkan thread ini menunjukan atlet atau tim yang mewakili Indonesia. Dari nama-nama yang sudah disebutkan, mana yang menjadi favorit kamu? Apakah ada tim lain yang kamu jagokan?


:terimakasih:terimakasih:terimakasih


Jangan Lupa


emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

dan

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast




Spoiler for Sumber Gambar:


Diubah oleh mazernak 10-10-2018 02:44
1
10.1K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan