pelatkuning007Avatar border
TS
pelatkuning007
Beli Mercy Bekas Blue Bird, Wajib Smart Gan
Beli Mercy Bekas Blue Bird, Wajib Smart Gan



Mercedes-Benz boleh ada korelasinya sama impian punya mobil mewah. Merek premium ini memang sudah tersohor lah kalau urusan yang mahal-mahal. Tapi, sekarang mulai banyak sedan-sedan Mercy dijual, dipajang di pinggir jalan, menjamur di beberapa pool taksi Blue Bird.

Sedan-sedan ini, adalah mobil eks taksi Silver Bird yang sudah purna bakti, sehingga dilego ke konsumen umum. Jadi, siapa saja yang mimpi mau punya Mercy, bisa beli. Dan harganya, lumayan menggiurkan, Gan. Mercy gituh... emoticon-Sundul

Jadi, tahu ini Blue Bird punya stok Mercedes-Benz E200 Kompresor, edisi tahun 2009 dan 2010. Mercy bekas ini dijual dengan harga kompetitif, antara Rp 160 juta-Rp 175 jutaan. Setara sama harga Avanza seken dong Gan. Menarik!

Soalnya, meskipun ini taksi, tapi tetap saja, yang namanya Mercy, bakal mampu mewakili cita rasa kemewahan ala Jerman. Siapa sih, yang enggak tahu kenyamanan mobil-mobil merek Eropa. Memang beda kelas gan, sama Jepang atau Korea, serius..
Tapi, masalahnya, namanya mobil bekas taksi, identik sama julukan, "Mobil Capek". Karena sebelum di jual, setiap mobil ini harus melewati masa baki, kerja keras, menempuh jarak tembus 300.000 km.

Kalau soal originalitas, enggak perlu diragukan. Karena sebelum di jual, semua komponen original bawaan Mercedes-Benz dibalikin lagi gan. Nubi, sempat enggak percaya, tapi setelah lihat langsung, memang benar, lengkap segala perintilan aksesori yang ada di dalam kabin atau di bodi. emoticon-Traveller



Satu lagi masalahnya, namanya buat taksi, Mercy ini dipaksa oleh perusahaan untuk menenggak bensin termurah, Premium. Padahal, kalau bicara spesifikasi, mobil ini minimal banget minum Pertamax (oktan 92).

Nah, buat agan-agan yang tertarik mau punya Mercy dengan harga miring, alternatif ini bisa jadi pilihan. Tapi, wajib dengan catatan gan, seperti yang dibeberkan Autobild Indonesia, berikut ini:

Indikator peringatan

Nyalakan mesin dan lihatlah apa ada indikator peringatan menyala. Bila muncul tanda indikator peringatan, maka ada bagian yang perlu diperikska. Begitu juga bila ada fitur tak berfungsi, lampu peringatan akan menyala.

Kaki-kaki

Peredam kejut (shock breaker) milik C-Class tergolong cukup mahal. Oleh karena itu periksa dengan seksama apakah ada bunyi tak wajar dari bagian kaki-kaki. Satu set lengkap suspensi depan belakang bisa menghabisakan dana hampir Rp 20 juta. Lumayan dong gan, lumayan bikin manyun gan...emoticon-Wagelaseh

Mesin

Umumnya Mercy Taksi menggunakan bahan bakar oktan 88 (Premium) yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin. Ini menyebabkan ruang bakar lebih cepat kotor dan rusak. Selain itu, cylinder head di mesin ini tidak dilengkapi cylinder liner. Perbaikan ini membutuhkan biaya besar.


(ada juga driver blue bird yang kece Gan... Dewi Pusa namanya, Googling deh)

Interior

Interior Mercedes-Benz berkualitas cukup baik, tapi daya tahan tergantung dari cara pemakaian. Ada baiknya perhatikan dengan teliti kondisi interior terutama panel dasbor, jok serta plafon.

Jarak jelajah

Jarak tempuh mobil bekas taksi pastinya sudah cukup tinggi. Dari beberapa mobil bekas taksi odometer menunjukan angka sekitar 300.000 km.

Biaya Servis

Namanya mobil Eropa, gan. Agan juga wajib sadar, biaya perawatannya bakal di atas rata-rata harga mobil umum buatan Jepang. Meskipun harga Mercy ini setara dengan Avanza seken, tapi buat perawatan dan harga suku cadang, lumayan kayak bumi dan langit lah gan. Jadi, harus siap Mental, hahaha... emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Salam Cendol,
emoticon-Toast


7
46.5K
169
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan