freakout04Avatar border
TS
freakout04
12 Khasiat dan Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan
12 Khasiat dan Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Manfaat buah nanas untuk kesehatan tentunya sangat banyak sekali karena dalam buah ini terdapat berbagai kandungan gizi per 100 gram nya. Nanas merupakan salah satu buah favorit masyarakat yang mudah didapatkan. Namun sayangnya tidak banyak masyarakat yang menanam pohon nanas, meskipun demikian untungnya buah ini dapat kita temukan dengan mudah di supermarket maupun di pasar. Tahukah anda, sebenarnya nanas mempunyai banyak sekali khasiat dan manfaat untuk kesehatan kita apabila dikonsumsi secara rutin. Salah satu manfaat yang akan anda dapatkan yakni mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Pasalnya dalam buah yang mempunyai perpaduan rasa manis dan asam ini terkandung serat yang dapat melancarkan pencernaan. Nah sebelum kita membahas lebih lanjut tentang manfaat buah nanas untuk kesehatan kita, ada baiknya anda mengetahui terlebih dulu seputar buah nanas dibawah ini.

Manfaat Buah Nanas

Nanas adalah sejenis tumbuhan tropis yang mempunyai nama latin Ananas Comusus. Sebelum tumbuh di Indonesia dan juga negara lainnya, dulu buah ini dipercaya berasal dari Brazil, Bolivia, dan juga Paraguay. Nanas mempunyai daging buah berwarna kuning dan pada umumnya orang mengkonsumsi buah nanas dengan berbagai cara, selain dimakan langsung buah ini juga sangat nikmat ketika dijadikan jus, adapula yang membuatnya menjadi manisan.

Bicara soal manfaat buah nanas tentu banyak orang akan setuju kalau buah ini mempunyai banyak sekali manfaat. Bagi seorang wanita yang sedang menjalankan program diet sehat, buah nanas merupakan salah satu yang tidak boleh anda lewatkan untuk dikonsumsi. Karena dalam buah ini terkandung serat yang baik untuk diet. Selain itu juga dilengkapi oleh vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, dan masih banyak lagi.

Kandungan Gizi Buah Nanas per 100 gram
Energi : 52 kal
Protein : 0,4 g
Lemak : 0,2 g
Fosfor : 11 mg
Zat Besi : 0,3 mg
Vitamin A : 130 IU Serat : 0,4 g
Kalsium : 16 mg
Vitamin C : 24 mg
Karbohidrat : 13,7 g
Vitamin B1 : 0,08 mg
Air : 85,3 g

Manfaat buah nanas untuk kesehatan
1. Mengatasi peradangan kulit
Bagi anda yang mempunyai kulit mengelupas serta bersisik, anda dapat memanfaatkan buah nanas untuk mengobatinya. Caranya cukup mudah, yakni dengan memarut nanas yang sudah matang kemudian balurkan pada kulit tersebut. Lakukan cara ini pada malam hari ketika anda hendak tidur dan biarkan parutan nanas tersebut pada kulit anda sampai pagi.

2. Melunakan makanan dalam lambung
Dalam buah nanas terdapat kandungan enzim bromelain yang mempunyai manfaat untuk melunakkan makanan didalam lambung kita. Selain itu enzim tersebut juga bermanfaat sebagai antiradang dan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

3. Mengatasi ketombe
Selain bermanfaat untuk kesehatan dalam tubuh kita ternyata nanas juga dapat menjaga kesehatan rambut kita yakni untuk menghilangkan ketombe. Cara memanfaatkannya yakni cukup memarut 1/4 nanas yang sudah matang kemudian diperas dan disaring. Setelah itu tambahkan air perasan jeruk nipis secukupnya kedalam air nanas tersebut, aduk hingga rata kemudian balurkan pada kulit kepala anda. Lakukan cara ini pada malam hari ketika anda hendak tidur dan biarkan sampai pagi hari.

4. Meningkatkan gula darah
Buah nanas yang sudah matang mempunyai kadar gula yang bisa dibilang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar gula. Jadi buah ini cukup baik untuk anda yang menderita kadar gula rendah. Namun bagi anda yang menderita kadar gula tinggi sebaiknya membatasi konsumsi buah yang satu ini, karena nanas merupkan buah dengan indeks glikemik tinggi, yang dapat meningkatkan gula darah drastis setelah dikonsumsi.

5. Mencegah kanker dan radikal bebas
Jika dikonsumsi secara rutin buah ini dapat mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk kanker. Pasalnya dalam nanas terdapat kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi. Sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda.

6. Menguatkan tulang
Untuk mendapatkan tulang yang kuat dan lebih padat maka anda membutuhkan kandungan yang bernama "mangan", dan kandungan tersebut terdapat pada buah nanas, sehingga apabila anda mengkonsumsinya secara rutin maka buah ini akan memberikan 73% kebutuhan "mangan" untuk tulang anda setiap harinya.

7. Mencegah batuk, flu, dan demam
Bagi anda yang mudah terserang penyakit seperti batuk, flu, dan demam maka anda perlu mengkonsumsi buah nanas ini. Pasalnya nanas mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga mampu membantu memerangi virus penyebab flu. Selain itu kandungan "bromelain" dalam nanas juga dapat membantu melancarkan dahak sehingga dapat mempercepat kesembuhan batuk anda.

8. Menyehatkan gusi
Jika anda mengkonsumsi nanas secara rutin maka anda akan merasakan manfaat yang satu ini. Selain dapat mencegah berbagai penyakit karena virus, vitamin C yang terkandung dalam nanas juga dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi anda.

9. Melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit
Tentu saja ini merupakan salah satu manfaat buah nanas yang akan anda dapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin. Kandungan serat dalam nanas akan melancarkan proses buang air besar dan dapat mengatasi sembelit. Selain itu kandungan "bromelain" dalam nanas juga dapat melancarkan pencernaan serta buang air kecil.

10. Sebagai detox alami
Enzim bromelain yang terkandung dalam nanas mempunyai banyak sekali manfaat, salah satunya yakni mampu membersihkan tubuh dan dapat menyeimbangkan kadar keasaman yang ada dalam darah kita.

11. Melancarkan sistem metabolisme tubuh
Kandungan asam "aspartic acid" dalam buah nanas mempunyai fungsi sebagai asam amino, dimana kandungan tersebut dapat melancarkan sistem metabolisme tubuh kita. Selain itu kandungan tersebut juga dapat membuang racun yang berbahaya bagi sistem syarat pusat manusia, racun tersebut yakni asam ammonia.k yang cukup berbahaya bagi sistem syaraf pusat manusia.

12. Mengobati radang tenggorokan
Ternyata nanas dapat menjadi obat alami saat anda menderita radang tenggorokan. Caranya cukup mudah, anda tinggal mengkonsumsi jus buah nanas sebanyak 3 kali dalam sehari dan lihat hasilnya.
Khasiat dan Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan
http://www.tips-sehatku.tk/2018/01/1...nas-untuk.html
Perhatian !
Banyak orang mengatakan bahwa seorang wanita yang sedang mengandung tidak boleh mengkonsumsi nanas karena akan mengakibatkan keguguran. Terkait hal tersebut perlu saya luruskan bahwa informasi tersebut kurang tepat. Jadi gini, dalam buah nanas terdapat berbagai kandungan yang justru baik untuk perkembangan janin, beberapa kandungan tersebut yakni seperti vitamin A, vitamin C, kalsium (Ca), fosfor (P), magnesium (Mg), zat besi (Fe), natrium (Na), kalium (K), gula dektrosa, sukrosa dan serat. Yang tidak boleh dikonsumsi yakni buah nanas yang masih muda dan sangat asam, serta dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Jadi bagi anda yang sedang mengandung dan ingin mengkonsumsi nanas sebaiknya pilih yang sudah matang, dan untuk menghilangkan getahnya rendamlah terlebih dulu dalam air garam.

Nah itulah sedikit informasi mengenai manfaat buah nanas untuk kesehatan kita apabila dikonsumsi secara rutin. Namun perhatikan juga bahwa buah ini mengandung kadar gula tinggi, meskipun jenis gula tersebut fruktosa dan baik untuk dikonsumsi, namun nanas termasuk buah buahan dengan indeks glikemik tinggi, yang dapat meningkatkan gula darah drastis setelah dikonsumsi. Demikian ulasan kita pada kesempatan kali ini, saya harap informasi mengenai manfaat buah nanas ini dapat menambah wawasan anda.
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 0 suara
seorang wanita yang sedang mengandung tidak boleh mengkonsumsi nanas?
benar
0%
salah
0%
nona212
tien212700
tien212700 dan nona212 memberi reputasi
2
22.7K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan