codename.isalAvatar border
TS
codename.isal
5 Kesalahan Besar yang Dilakukan SEGA (Fail Banget Gan!)


Ada yang masih ingat dengan SEGA? Entah kalian gamer atau bukan, yang pasti kalian kenal dong atau minimal pernah dengar nama yang satu ini. Apalagi buat kalian yang anak-anak 80-90an... emoticon-Big Grin

Industri konsol video game saat ini dipegang oleh Sony dengan seri PlayStation, Microsoft dengan seri Xbox, atau belakangan Nintendo dengan Switch. Tapi di masa lalu ada satu pemain besar yang sekarang seolah hampir "terlupakan."



Sega merupakan kompetitor utama dalam industri konsol video game, setidaknya sampai era awal tahun 90an. Rasanya saat itu tidak ada perusahaan game di muka bumi yang lebih keren daripada Sega. Bersama maskotnya yang populer, si landak biru berkecepatan super, Sonic, ditambah beberapa konsol buatan mereka yang mendunia, Sega mampu merepotkan pesaing utamanya pada masa itu, Nintendo.

Beberapa konsol Sega rilisan tahun 80an sampai pertengahan tahun 90an dapat mengungguli kompetitornya. Namun sayang, sejak kemunculan Sony (dengan PlayStation) sebagai pesaing baru, dominasi Sega kian runtuh. Beberapa konsol yang dirlis Sega selanjutnya justru mengalami kegagalan.

Sampai pada puncaknya saat Sega mengalami kesulitan finansial yang timbul akibat kegagalan konsol Dreamcast buatan mereka (tahun 1998-2001) yang menyebabkan internal Sega merombak struktur perusahaan pada tahun 2001.

Sejak saat itu Sega berhenti membuat konsol video game dan beralih fokus menjadi perusahaan pengembang permainan. Satu-satunya konsol yang Sega produksi sejak kegagalan Dreamcast adalah konsol mainan edukasi untuk anak-anak, Advanced Pico Beena pada tahun 2005.

Sungguh ironis... Pemain besar yang dulu menguasai pasar, sekarang malah "tertendang" dari pasar. Lalu kira-kira apa penyebabnya? Bagaimana mungkin sebuah perusahaan kawakan yang begitu kuat dalam industri yang mereka kuasai bisa runtuh? Mari kita sama-sama bahas 5 kesalahan besar yang dilakukan Sega.
emoticon-cystg



Meremehkan kerja sama yang nantinya malah melahirkan PlayStation dan Nintendo 64





Quote:




Memaksa Sega Saturn rilis di Amerika




Quote:




Tidak ada DVD player di Dreamcast




Quote:




Tidak ada banyak game yang tersedia di Dreamcast




Quote:




Manajemen perusahaan yang tidak kompak




Quote:



*Kantor pusat Sega di Tokyo, Jepang

Kini Sega berubah menjadi developer dan publisher video game. Beberapa seri game Sega yang terkenal diantaranya Sonic the Hedgehog, Total War, Yakuza dan beberapa game lainnya. Yah... Saat ini Sega tak mau berlarut-larut menatap kegagalan dan berusaha untuk tetap bertahan dalam industri video game.

Walaupun sekarang Sega sudah bukan lagi produsen konsol game seperti dulu, tapi Sega beserta konsol-konsol buatan mereka di zamannya akan tetap terukir dalam sejarah industri video game dan akan tetap selalu kita kenang. emoticon-Smilie

OK, demikian thread ane kali ini (maaf kalo kepanjangan), semoga thread ini bisa menambah wawasan kalian tentang Sega. Terima kasih sudah mampir, dan sampai jumpa di thread ane selanjutnya...
emoticon-Hai



Referensi:
Wikipedia . SVG

Diubah oleh codename.isal 26-09-2018 00:04
sat_nugroz
Vagabond008
Vagabond008 dan sat_nugroz memberi reputasi
8
34.9K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan