Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nugrahadiptaAvatar border
TS
nugrahadipta
Wow, Moeldoko sebut Indonesia Impor Beras Gara-Gara Pembangunan Infrastruktur
Wow, Moeldoko sebut Indonesia Impor Beras Gara-Gara Pembangunan Infrastruktur

KRICOM - Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko menilai, ada dua hal yang membuat Indonesia masih butuh impor beras. Salah satunya soal adanya pembangunan-pembangunan seperti jalan tol hingga industri.


"Data terakhir 24% (penyusutannya). Jadi memang secara ilmiah penyusutan (karena) pembangunan jalan tol, kawasan industri yang dibuka, kawasan perumahan, itu mengurangi tanah-tanah kita, sehingga secara logika kebutuhan beras nasional tidak bisa diproduksi sepenuhnya oleh kita," ujar Moeldoko di, Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Menurut Moeldoko, untuk mengatasi masalah penyusutan lahan tersebut, Kementerian Agraria dan Tata Ruang sedang mencari dan membuka lahan-lahan baru di luar Jawa.

Selain itu solusi untuk mengatasi masalah penyusutan lahan adalah intensifikasi pertanian, yaitu meningkatkan hasil pertanian lewat optimalisasi lahan pertanian yang sudah ada.

Upaya intensifikasi tersebut telah berjalan melalui Kementerian Pertanian. Faktor kedua yang membuat Indonesia masih butuh impor beras adalah anomali cuaca dan serangan hama.

"Sekali lagi bahwa faktor cuaca, faktor hama, faktor yang lain-lain sangat mempengaruhi produktivitas sehingga kita masih membutuhkan impor," kata Moeldoko.

Mengacu pada dua faktor itu pemerintah akan mengecek stok beras di lapangan. Jika memang stok mepet di bawah 2 juta ton, sementara kebutuhan beras nasional 2,4 juta ton/bulan, maka kebijakan impor harus diambil.

SUMBER

Gimana gan?? bisa diterima ga nih alasannya??

emoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wow
Diubah oleh nugrahadipta 20-09-2018 10:55
-1
1.8K
28
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan