moviegangstaAvatar border
TS
moviegangsta
Ternyata 'The Nun' Tidak Seseram Itu, Kenapa Ya? [BANYAK SPOILER]

Quote:





Sebulan terakhir ini masyarakat kembali ngomongin Valak, tokoh antagonis dalam The Conjuring Universe, yang kembali lagi ke bioskop lewat film terbaru dari dunia buatan James Wan ini. Valak dibuatkan spin-off dalam film berjudul 'The Nun'. Lo masih inget gak sama Valak?

Iblis dari neraka ini sempat gentayangan di media sosial setelah perilisan 'The Conjuring 2' tahun 2016 lalu. Valak pun jadi tolok ukur karakter setan dan iblis dalam film horor, mengikuti sukses dari The Conjuring Universe. Sosoknya pertama kali muncul dalam penglihatan Lorraine Warren ketika menangai salah satu kasus kerasukan. Kemudian sosok ini dilukis ke atas kanvas oleh Ed Warren yang kemudian dipajang di ruang belajar dalam rumah keluarga tersebut. Kemunculan kedua Valak sangat dramatis dan traumatis: menjelma sebagai bayangan raksasa yang berjalan pelan-pelan ke arah lukisan potret dirinya, kemudian muncul menjadi sosok yang nyata, mengejutkan Lorraine sampai ke ubun-ubun.

Siapa Valak? Dari mana asalnya? Bagaimana ceritanya sampai dia bisa ada di dunia manusia dan bergentayangan mencari mangsa?



Nah itulah yang berusaha dijelaskan dalam 'The Nun'. Kita diajak untuk menyelami detail tentang iblis yang menjelma jadi sosok biarawati di sebuah gereja di pedalaman Rumania ini. Dalam The Conjuring Universe, secara kronologis 'The Nun' merupakan film ketiga setelah 'Annabelle Creation' dan 'Annabelle'. Barulah berlanjut ke 'The Conjuring' dan 'The Conjuring 2'. Dalam film 'Annabelle Creation', sosok Valak sempat muncul dalam sebuah foto yang ditunjukkan Suster Charlotte kepada Sam Mullins (pembuat boneka Annabelle). Suster Charlotte menyebutkan bahwa foto itu diambil di Rumania. Namun ketika Sam Mullins bertanya siapa sosok yang ada di dalam kegelapan (Valak) Suster Charlotte mengaku tidak mengenalnya.

Kita punya tiga pahlawan di 'The Nun'. Mereka adalah Suster Irene, Pastor Burke, dan Frenchie.

SPOILER ALERT!


Cerita berawal dari Vatikan, ketika Pastor Burke mendapat perintah untuk menyelidiki sebuah kejadian misterius di gereja di pedalaman Rumania. Tidak pernah ada yang tahu bahwa gereja tersebut menyimpan horor luar biasa. Frenchie, seorang anak desa yang bekerja sehari-hari mengantarkan bahan makanan ke gereja, menemukan biarawati tewas tergantung dari jendela kastil. Biarawati tersebut dicurigai bunuh diri. Namun alasannya tidak ada yang tahu. Itulah kenapa Pastor Burke kemudian diperintahkan untuk mencari jawaban dari peristiwa tersebut. Sebelum terbang ke Rumania, Pastor Burke diminta menemui Suster Irene. Irene adalah seorang biarawati yang belum mengucapkan sumpahnya. Sama seperti Lorraine Warren dalam 'The Conjuring', dia adalah perempuan dengan indera keenam yang kerap mendapatkan penglihatan-penglihatan terkait hal-hal supranatural. Ditemani oleh Frenchie, ketiganya berangkat ke kastil misterius tersebut. Satu per satu misteri terjadi dan terungkap.

Sejak ditayangkan, 'The Nun' menerima berbagai respons dari penonton. Ada yang memberikan komentar positif, ada juga yang memberikan komentar negatif. Ada yang mengklaim bahwa film ini adalah film terseram, film yang paling menakutkan, film yang paling bikin merinding. Pokoknya tingkat keseramannya melampaui film-film lain dalam The Conjuring Universe. 



Sebagai pecinta film horor (yang nonton filmnya juga sangat dipilih-pilih), komentar-komentar ini bikin gue jadi punya ekspektasi tinggi soal film 'The Nun'. Masa sih, ada film horor hantu Hollywood yang punya tingkat keseraman setinggi itu? Demi membuktikannya gue pun akhirnya nonton 'The Nun' di hari pertama penayangannya di Indonesia. Duduk di kursi bioskop dengan ekspektasi yang sangat tinggi.



Adegan-adegan awal film ini memang kelam banget. Kita dipaksa untuk masuk ke sebuah dunia yang gelap. Di mana iblis dari neraka ini bisa muncul dari mana saja. Horornya langsung terasa dari atmosfer lorong-lorong gelap kastil gereja. Apalagi ketika pintu bertuliskan "God Ends Here" itu muncul. Wah kacau sih. Langsung teriak kenceng banget gue! Tapi abis itu, enggak terlalu banyak adegan yang bikin gue menjerit. Harus gue akui, pesona kengerian Valak di film ini agak berkurang. Selesai nonton gue pun bertanya-tanya sendiri. Kenapa ya, kok rasanya 'The Nun' agak kurang seram kalau dibandingkan dengan 'The Conjuring 2' dan 'Annabelle Creation'?

Mungkin ini beberapa alasannya....


Quote:


'The Nun' masih tayang di bioskop. Gue sudah nonton dua kali.


Diubah oleh moviegangsta 12-09-2018 04:43
6
22.9K
137
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan