akunresellerAvatar border
TS
akunreseller
Pengalaman Nyesek Belanja iMac Rp.6juta di Bukalapak
Ijin share gan. Kalo salah kamar, jangan kasih bata dulu gans, kasih hidayah aja emoticon-Smilie

Jadi gini gan, ane ngebet pengen beli iMac. Namanya juga pertama ya gan, jadi ane kebawa ego + emosi. 

Singkat crita, ane beli lah iMac di BL, pikir ane transaksi pasti aman karena pake rekber. Eh gak taunya.... Nyesyek gan.

Perlu digaris bawahi, kejadian ini ane akui terjadi karena ane terlalu berani ambil resiko + tledor alias gak teliti. 

Kronologinya begini gan.
Code:
Cerita awal ada di bagian spoiler gan. Baca dulu!


Update terbaru 20 Juni 2018

Hari ini, Rabu 20 Juni 2018 pukul 15:06 WIB selama 4 menit 1 detik, ada telpon dari pihak yang mengaku dari tim Bukalapak. Nomer yang dipake: (021) 30030350.

Inti dari telpon tersebut:

  1. Kasus saya ini dianggap case close. Hal ini berdasarkan pesan saya di fitur diskusi komplain. Ini ss-nya: https://image.ibb.co/bAXwfJ/Screen_S...0_22_34_PM.png
  2. Pihak BL meminta agar thread ini di-take down karena kasus dinyatakan case close.
  3. Menurut pihak BL, untuk barang rawan seperti produk saya ini "sebenarnya bisa" diatasi dengan membuat video unboxing saat item datang dan video berisi kondisi item sebelum di-retur (apabila item di-retur).
  4. Video yang disebutkan pada point 3 di atas (selanjutnya) dikirim ke pihak BL.

Sehubungan dengan request dan pernyataan BL tersebut, saya memiliki beberapa pernyataan juga:

  1. Saya tidak bersedia melakukan take down case ini di kaskus.
  2. Pernyataan dari pihak BL secara tidak langsung sedang menunjukkan "bug" BL (nanti akan saya deskripsikan di bagian bawah).
  3. Tips dan saran soal item saya terasa sangat "unfaedah" karena disampaikan pasca kasus ini terjadi (ss akan saya sertakan sebagai penguat).

Nah, pas ditelpon pihak BL, saya sedang tidur siang. So, jawabannya pun ala kadarnya karena baru ngumpulin nyawa. Nah, sekarang saya jelaskan point-point dari tiap pernyataan saya.

Pernyataan 1: tidak bersedia take down thread.

Kenapa saya gak mau? Saya rasa case ini merupakan salah satu contoh "bug" nonteknis dari situs BL dan perlu didokumentasikan. Saya harap dengan tetap mempublish kasus ini, pihak BL sendiri aware bahwa transaksi yang ada di dalam marketplace-nya ini terkadang kompleks (dari berat, jenis, dan resiko itemnya).

Oleh sebab itu, diperlukan penanganan tertentu apabila item beresiko (seperti item pesanan saya) ini muncul. Misalnya, link notifikasi kalo item pesanan beresiko dan dianjurkan untuk membaca panduan atau tips aman belanja produk beresiko.

Pernyataan 2: 3 "bug" yang ada di situs BL (berdasarkan pernyataan tim BL via telpon).

Pihak BL menyatakan kasus saya ini case close dengan dasar pernyataan di fitur diskusi komplain:

Ss bisa dilihat di sini: https://image.ibb.co/iyMNLJ/Screen_S...0_28_38_PM.png

Oke saya akui, itu chat dari saya sendiri dan diputuskan dalam keadaan sadar. Namun, saat itu posisi saya terjepit. Kronologinya seperti ini:

Pukul 08.31 WIBSaya mengirim email ke pihak BL yang berisi permintaan "alternatif solusi" mengingat kebingungan saya untuk retur produk.

Ss email di sini https://image.ibb.co/jfNnLJ/Screen_S...0_31_50_PM.png dan https://image.ibb.co/nc4dSy/Screen_S...0_32_00_PM.png

Pukul 10.03 WIB Saya pun sudah menegaskan bahwa saya ingin retur item saja.

Ss diskusi komplain via whatsapp: https://preview.ibb.co/nC3iud/Screen...0_35_58_PM.png

Pukul 10.40 WIB Saya mengirim teks yang menyatakan bahwa saya keep saja produknya karena bingung, terdesak, dan sedang terburu-buru mau pulang kampung.

Ss pernyataan saya untuk keep item: https://preview.ibb.co/dhWTAJ/Screen...0_42_47_PM.png

Fitur komplain hanya memberi waktu bagi saya untuk meretur item hingga tanggal 12 Juni 2018. Sedangkan, tgl 11 Juni 2018 sore saya harus pulang kampung. Pada pukul 08.31 WIB (melalui fitur BukaBantuan) dan email [email]vvip.customer@SENSOR[/email] saya sudah berinisiatif mengirim email "permintaan bantuan alternatif solusi".

Ss komplain melalui BukaBantuan: https://image.ibb.co/jfNnLJ/Screen_S...0_31_50_PM.png dan https://image.ibb.co/he46VJ/Screen_S...0_32_00_PM.png

Ss komplain melalui email vvip: https://preview.ibb.co/d7ZqqJ/Screen...0_46_43_PM.png

Perlu digarisbawahi lagi, pukul 08.31 WIB saya mengirim email permintaan "alternatif solusi" untuk retur mengingat kondisi item pesanan saya. Dan, pihak BL baru membalas pukul 13.46 WIB (fitur BukaBantuan dan email vvip BL).

Ss respon komplain Buka Bantuan: https://image.ibb.co/cDevPd/Screen_S...0_51_57_PM.png
Ss respon komplain melalui vvip BL: https://image.ibb.co/cDevPd/Screen_S...0_51_57_PM.png (sama saja)

Ketika respon itu masuk email, saya posisi sudah di stasiun dan ribet ngurus keluarga otw ke stasiun. So, tidak saya respon email dari BL.

Coba perhatikan "rentang waktu" antara email permintaan bantuan dari saya dan balasan dari BL, hampir 5 jam lebih. Selain itu, respon dari pihak BL pun tidak menjawab substansi pertanyaan saya, sebagai bukti saya ss ulang email permintaan bantuan saya (perhatikan yg saya garis bawahi):

Ss permintaan bantuan ke BL (underline): https://preview.ibb.co/bBLGxy/Screen...0_55_32_PM.png

Dan tiba-tiba saja, tanpa konfirmasi soal keputusan saya, pihak BL memutuskan dana diteruskan ke pihak Seller.

Wtf!!!!!

Berdasar case pertama ini, saya simpulkan ada "bug" pada manajemen solving problem BL, yaitu:
1. Respon "manusia" sangat lamban. Yang ada cuma respon "mesin".
2. Respon "problem" seringkali langsung "decision making", tidak menjawab substansi pertanyaan yang diajukan.


Lanjut ke "bug" ketiga yaitu fitur diskusi komplain yang terbatas.

CS BL yang menelpon saya mengatakan kalo "retur" khusus item pesanan beresiko (seperti milik saya ini) bisa dilakukan dengan 2 tahap atau langkah.

Langkah pertama, bikin video unboxing ketika produk baru sampai. Langkah kedua, bila ada retur maka buyer sebaiknya bikin video berisi kondisi item pesanan dan packing-nya. Dengan cara ini, sengketa antara seller dan buyer akan lebih mudah untuk diselesaikan.

Berdasar pernyataan tersebut, BL secara langsung sedang menampilkan "bug-nya" yang lain lagi. Penjelasan lebih jelas ada di halaman ini (penjelasan dari pihak BL): https://www.SENSOR/bantuan/sebagai-p...n-retur-barang

Selama saya pakai fitur tsbt, tidak ada menu atau pilihan upload video. Yg ada cuma file berformat jpg, png, dan semacamnya. Lalu, saya kirim ke mana file video tersebut? Mau via BukaBantuan dan email vvip BL? Cek lagi deh "bug" poin 1 dan 2.

Lalu, kenapa pernyataan soal "langkah aman transaksi produk resiko" tidak di-share ke saya melalui email respon BukaBantuan atau vvip BL? Kok baru sekarang? Apabila ada "alternatif solusi" itu, pasti saya pilih retur saja. Tidak seperti saat ini.

Ss permintaan alternatif solusi: https://preview.ibb.co/bBLGxy/Screen...0_55_32_PM.png

Pernyataan 3: pernyataan bukalapak soal "alternatif solusi" bersifat unfaedah

Bagaimana enggak unfaedah, saya minta "alternatif solusi" yang ada malah decision making.

Setelah di SP via kaskus, baru deh "alternatif solusi" disampaikan. Lalu sekarang, pihak BL minta thread di-take down. Ya, jelas cuma saya jawab:

ya ya ya ya yaa saja dong...

Terakhir, saya berharap ada win-win solution untuk masalah saya ini. Apabila pihak BL melakukan panggilan telpon ke nomor saya dengan substansi pembicaraan hanya berisi argumen + permintaan take down thread, maka jawaban saya akan tetap:

Ya ya. Oke, sudah cukup. Ya ya ya. Oke, baik. Sudah tidak ada dan bla bla bla blaa....

Lalu, akan saya tambahkan progres thread ini lagi. Lumayan, buat nglemesin jari-jemari. Itung-itung sebagai bug documentation BL.

Spoiler for Cerita awal case saya ada di sini gan. Jangan lempar bata sebelum baca bagian ini:


So, saran ane:
Jangan berani coba-coba transaksi produk elektro bekas di Bukalapak yang harganya di atas 2juta plus beratnya mencapai 5kg lebih. Ane udah nyesel banget ini. Percuma ada rekber kalo case khusus kek begini gak ada solusi yang win-win solution.

Ane akui, ane emang terlalu terbawa emosi dan gegabah waktu transaksi. Lebih aman emang cod aja. Tapi apa daya, nasi udah jadi bubur gan. Sekarang tinggal kecewanya aja. Besok-besok gak akan deh ane belanja online untuk barang beginian via marketplace meski udah ada rekber.

Progress solusi:
1. Permintaan ane via email: solve problem gak cuma retur barang seperti biasa (misal. Item dicek oleh tim BL di Jogja sebelum ane retur ke seller)
2. Atau, minus lcd ini dibenerin oleh seller atau pihak BL (kalo yang ini kayaknya gak mungkin banget gan)
3. Barang ane retur dan dana kembali ke ane (utuh)

Apabila pihak BL ingin menghubungi saya, silakan tracking log dan histori pesanan dengan nomer transaksi: 180917823504. Di sana, sudah ada kontak person saya (email dan nomor ponsel) 
Diubah oleh akunreseller 20-06-2018 16:07
0
3.8K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan